Mengatasi Asam Lambung dengan Bahan – Bahan Alami

Rate this post

Asam Lambung memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh kita, karena asama lambung membantu mencerna makanan, penyerapan nutrisi dan juga dapat membunuh bakteri yang ada dalam makanan. Asam lambung sendiri merupakan senyawa yang memang diproduksi secara alami di dalam organ lambung. Sekresi yang terjadi karena asam lambung sendiri apabila berlebihan dapat menimbulkan sejumlah masalah seperti rasa mual, mulas, nyeri dan perih.

Ketika Asam Lambung menyerang tidak perlu panik. Berikut ada beberapa bahan – bahan alami yang mudah didapat yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat Asam Lambung:

  1. Kunyit

Kunyit mengandung kaya akan senyawa antiradang dan antoksidan. Kunyit mengandung bahan aktif yaitu kurkumin. Kurkumin merupakan antioksidan polifenol yang memiliki kemampuan untuk menjadi antivirus, antibakteri serta antikanker yang cukup kuat. Asam lambung dapat diobati dengan antioksidan dan antiradang. Karena Kunyit dan ekstra kurkumin yang memiliki sifat tersebut maka dapat diredakan.

  1. Lemon

Asam lambung dapat diredakan dengan menggunakan jeruk lemon. Meskipun jeruk lemon memiliki rasa asam, justru rasa asam tersebutlah yang dapat menetralkan asam lambung. Ketika asam lambung sedang tinggi, perut akan menjadi sakit dan akhirnya akan menyebabkan mual dan nyeri. Sehingga hal tersebut dapat dinetralisir dengan mengonsumsi jeruk lemon secara teratur.

  1. Jahe

Jahe memiliki senyawa yang bersifat antiinflamasi yang mana bermanfaat dalam meredakan peradangan yang terjadi di lambung, mengatasi mual dan mulas, mengobati masalah pencernaan. Sehingga ketika asam lambung kita sedang tinggi maka kita dapat memanfaatkan jahe untuk meredakannya.

  1. Putih Telur

Pada saat asam lambung kita sedang meningkat, maka kita dapat mengonsumsi putih telur, karena putih telut mengandung protein yang tinggi. Mengonsumsi protein yang tinggi tersebut dapat menyeimbangkan kadar asam lambung kita sehingga dapat mengurasi rasa nyeri dan perih pada perut kita. Pada saat mengonsumsinya pastikan hanya putihnya telur saja, karena kuning telur mengandung banyak lemak yang mana ketika asam lambung kita sedang naik dapat memicu terjadinya refluks yang akan membuat perut kita semakin sakit.

  1. Pisang

Pisang tidak terlalu mengadung asam yang tinggi sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh seseorang yang menderita asam lambung. Dalam buah pisang juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat menyeimbangkan kadar asam lambung kita serta dapat melindungi lapisan dinding lambung kita akibat dari asam lambung yang tinggi.

  1. Madu

Madu memiliki kandungan yang baik salah satunya adalah alkali. Madu sendiri merupakan salah satu yang yang dapat melakukan reaksi alkali. Dimana pada umunya reaksi tersebut dapat digunakan untuk menetralisir asam lambung kita dengan cara membentuk garam. Selain reaksi alkali yang mampu mengontrol kadar asam yang ada dalam lambung, madu juga dapat menyebuhkan infeksi yang terjadi di lambung dan di usus 12 jari.

READ  Definisi dan Tujuan Pendidikan Jasmani Menurut Beberapa Ahli

Tags: