Mengenal Lebih Jauh Tentang Gelombang Elektomagnetik

Mengenal Lebih Jauh Tentang Gelombang Elektomagnetik
5 (100%) 2 votes

Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang memancar tanpa media rambat yang membawa muatan energi listrik dan magnet(elektromagnetik). Tidak seperti gelombang pada umumnya yang membutuhkan media rambat, gelombang elektromagnetik tidak memerlukan media rambat(sama seperti radiasi).

Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa parameter yang bisa diukur, yaitu panjang gelombang, frekuensi, amplitudo, dan kecepatan. Panjang gelombang adalah jarak antar dua puncak. Frekuensi adalah jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Frekuensi tergantung dari kecepatan merambatnya gelombang.

Jadi, semakin panjang gelombang maka akan semakin rendah frekuensinya, sedangkan semakin pendek gelombangnya maka akan semakin tinggi frekuensinya. Bisa dibilang frekuensi dan panjang gelombang berbanding terbalik. Amplitudo adalah simpangan terjauh dari gelombang dan kecepatan adalah besaran vektor yang menunjukkan seberapa cepat benda berpindah.

Berikut adalah beberapa sifat dari gelombang elektromagnetik sendiri adalah :

  1. Tidak membawa massa, namun membawa energi
  2. Dapat mengalami proses pemantulan, Pembiasan, Polarisasi, Interferensi, dan Difraksi(Lenturan)
  3. Energi yang dibawa sebanding dengan besar frekuensi gelombang
  4. Termasuk dalam gelombang transversal dan memiliki sifat yang sama seperti gelombang transversal
  5. Arah medan listrik dan magnet besarnya berbanding lurus satu dengan yang lain
  6. Dibagi menjadi beberapa jenis tergantung frekuensinya atau panjang gelombangnya

Terdapat macam-macam gelombang elektromagnetik, yaitu  :

  1. Gelombang radio, memiliki frekuensi yang rendah dan panjang gelombang yang panjang.  Biasa dipakai oleh stasiun TV, Radio dan lainnya untuk sebagai penghantar sinyal komunikasi. Dan juga dapat ditansmisikan sinyal untuk jarak yang sangat jauh yang tidak bisa dicapai inframerah.
  2. Gelombang Mikro, yaitu gelombang dengan frekuensi yang paling tinggi, maka panjang gelombangnya pendek. Gelombang mikro ini memiliki frekuensi diatas 3Ghz, jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda itu. dapat digunakan sebagai microwave, oven dan pesawat RADAR.
  3. Sinar Inframerah, memiliki panjang gelombang 10-4 cm sampai 10-1 cm. Juga memiliki besar frekuensi 1011Hz -1014Hz. Sinar ini tidak dapat dilihat namun dapat dideteksi menggunakan spektrum cahaya merah yang biasa dipakai untuk memindahkan satu bentuk energi yang tidak terlalu besar. Biasanya digunakan untuk penggunaan nirkabel seperti remote.
  4. Cahaya Tampak, bagaimana cara kerja mata kita sehingga kita dapat melihat benda-benda yang memiliki warna adalah salah satu penyebab adanya cahaya tampak. Gelombang elektromagnetikjenis ini dapat dilihat oleh mata manusia, dan karenanya lah kita dapat melihat benda-benda yang memiliki warna tersebut.
  5. Sinar Ultraviolet, memiliki panjang gelomban 10-8m sampai 10-7m dan memiliki frekuensi sebesar 1015Hz-1016Hz. Gelombang ini digunakan sebagai pembunuh mikroorganisme, membantu pertumbuhan tubuh manusia yang dapat kita peroleh langsung dari sinar matahari.
  6. Sinar X, memiliki frekuensi tinggi dan panjang gelombang yang sangat pendek. Sehingga dapat dengan mudah menembus bahan yang tak tertembus oleh gelombang lainnya. Digunakan dokter untuk melihat organ dalam tubuh yang tidak terjamah, seperti scan tulang dan juga dapat digunakan bandara untuk penerbangan, sebagai wujud pengecekkan isi tas/koper.
READ  Cermin Cembung, Pengertian, Sinar Istimewa, Sifat Bayangan, dan Rumusnya

Nah, cukup sekian pembahasan materi mengenai gelombang elektromagnetiknya, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan pelajaran. Silahkan share atau berbagi pada lainnya.

Tags: