Mengetahui Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka Bersumber dari Koran atau Majalah yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Diposting pada
Rate this post

Apa itu Daftar Pustaka?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa, daftar pustaka sendiri memliki arti yaitu sebagai sumber data atau sumber rujukan untuk penulisan karya tulis ilmiah. Biasanya terdapat pada bagian belakang karya tulis ilmiah. Banyak diantara anak SMA maupun Mahasiswa yang masih belum tahu penulisan daftar pustaka yang baik dan benar, berikut ulasannya.

Bila kalian belum tahu sama sekali daftar pustaka, cobalah ambil salah satu buku pelajaranmu, dan lihatlah pada bagian belakang lembar buku tersebut. Biasanya daftar pustaka terdapat pada buku-buku pelajaran atau buku yang memuat tentang ilmu ilmiah. Disitu juga terdapat berbagai sumber yang bisa kalian kunjungi untuk mencari referensi.

Nah, daftar pustaka sendiri ini amatlah penting keberadaannya, pasalnya jika di suatu buku tidak terdapat daftar pustakanya, atau ketika kita sedang melakukan penelitian tetapi tidak ada daftar pustaka, maka sudah dapat dipastikan bahwa tulisan yang terdapat dibuku itu tidak bisa dipercaya seutuhnya karena tidak terdapat bukti hasil rujukan penelitian tersebut.

Sebelum saya memberikan cara penulisan daftar pustaka yang bersumber dari koran atau majalah, akan saya jabarkan beberapa fungsi dari daftar pustaka itu sendiri. Yang pertama adalah menjadikan sebuah karya tulis menjadi valid sebab disusun berdasarkan referensi yang sudah ada dan sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Yang kedua adalah menghindari dari tuduhan plagiat pada suau karya tulis. Yang ketiga dapat mempertanggung jawabkan ilmiah dan sebagai bentuk apresiasi penulis atas gagasan iden dan gagasan orang lain dalam tulisannya. Dan yang keempat, sebagai syarat utama penyusunan karya tulis ilmiah.

READ  Penulisan Daftar Pustaka Dari Jurnal

Inilah penulisan daftar pustaka yang bersumber dari koran atau majalah:

  1. Nama Artikel

Nama wajib ditulis secara terbalik, dimulai dari nama belakang yang kemudian menjadi nama depan dalam daftar pustaka. Setelah nama belakang dibalik, kemudian beri tanda koma(,) kemudian beri nama depannya. Untuk penulisan nama berjumlah lebih dari dua kata, maka urutannya dimulai dari nama belakang kemudian diteruskan dengan nama pertama dan keduanya.

  1. Judul Artikel

Untuk judul artikel sendiri, judul menggunakan huruf cetak normal dan menggunakan huruf kapital pada setiap kata, kecuali pada kata konjungsi atau penghubung. Relatif sama dengan penulisan judul pada umumnya.

  1. Nama koran atau majalah

Selanjutnya tulis nama majalah dengan huruf cetak miring atau italic dan diakhiri dengan tanda koma.

  1. Tanggal

Tulislah tanggal, bulan, dan tahun dari majalah tersebut diterbitkan

  1. Nomor halaman

Yang membedakan daftar pustaka yang berdumber dari buku atau yang lain adalah, daftar pustaka yang berdumber dari koran atau majalah tidak menggunakan lokasi penerbit dan penerbit.

Contoh Daftar Pustaka :

  • Anwar, M. Thoha. “Hindari ‘Perang Ayat’ dalam pemilu.” Pikiran Rakyat, 23 April.
  • Atmojo, Kemal. “Ya Sutralah, Panasonik Nih.”. Gamma, Februari 1999, hlm. 22.
  • Kurnia, Kafi. “Rumus Sukses”. Gatra, 27 November 1999, hlm. 36.
  • Massardi, Yudhistira ANM. “Meskipun, Tetapi”. Gatra, 26 Februari 2000, hlm. 33.

Itulah beberapa cara penulisan daftar pustaka yang bersumber dari koran atau majalah. Terlihat simple dan mudah bukan? Mari kita amati daftar pustaka yang sedang kalian pegang, termasuk apakah daftar pustaka itu?