Mengetahui Lebih Dalam Mengenai Kalimat Efektif, Ciri-Ciri, dan Syaratnya

Rate this post

Sebelum kita mengenal apa itu kalimat efektif dan kalimat tidak efektif. Alangkah baiknya kita mengetahui dahulu apa itu kalimat. Pengertian kalimat menurut KBBI adalah kalimat/ka·li·mat/ n 1 kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan; 2 perkataan; 3 Ling satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa.

Sedangkan menurut Wikipedia, pengertian kalimat adalah satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap. Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik dengan cara lisan maupun tulisan.

Sebelum ke kalimat efektif, pengertian efektif menurut KBBI adalah efektif/efek·tif/ /éféktif/ a 1 ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); 2 manjur atau mujarab (tentang obat); 3 dapat membawa hasil; berhasil guna (tentang usaha, tindakan); mangkus; 4 mulai berlaku (tentang undang-undang, peraturan);

Sehinga kalimat efektif adalah kalimat yang disusun berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku, seperti unsur-unsur penting yang harus dimiliki setiap kalimat (subjek dan predikat); memperhatikan ejaan yang disempurnakan;serta cara memilih kata (diksi) yang tepat dalam kalimat. kalimat yang memenuhi kaidah-kaidah tersebut jelas akan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar. (Wikipedia)

Nah, saat ini Anda sudah mengetahui pengertian dari kalimat efektif itu sendiri. Di dalam Bahasa Indonesia penggunaan kalimat efektif adalah salah satu dari pelajaran pokok. Yang berfungsi untuk membantu pembaca memahami makna dari bacaan tersebut tanpa berbelit-belit. Maka dari itu kalimat efektif sangat penting digunakan dalam karya tulis ilmiah maupun tulisan dalam pelajaran.

Bayangkan jika kalimat efektif sendiri tidak digunakan dengan baik, bisa saja terjadi pemborosan kata, apabila Anda ingin membuat suatu iklan pada koran atau media manapun, iklan tersebut akan mematok budgetsesuai jumlah kata yang dipakainya, semakin sedikit kata yang dipakai maka akan semakin sedikit biaya yang dikeluarkannya.

READ  Mengetahui Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka Bersumber dari Koran atau Majalah yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Berikut adalah ciri-ciri dari kalimat efektif, adalah :

  1. Kalimat ini memakai diksi atau pemilihan kata yang tepat, tidak bertele-tele dan tepat pada sasaran.
  2. Mempunyai unsur pokok yang harus di muat dalam kalimat, minimal harus ada subjek dan predikat.
  3. Pembuatan kalimat ini harus taat dan sesuai dengan kaidah penulisan kalimat yang tercantum dalam EYD yang berlaku.
  4. Terdapat penekanan ide pokok kalimat.
  5. Kalimat ini lebih mengacu kepada penghematan penggunaan kata, namun masih komunikatif.
  6. Kalimat ini juga memiliki variasi struktur kalimat.
  7. Memiliki kesetaraan antara struktur bahasa dalam kalimat dan jalan pikiran yang logis dan sistematis dari penulis.
  8. Merupakan sebuah komunikasi yang berharkat, logis dan jelas.
  9. Tetap menggunakan kata-kata yang baik dan tidak rancu, sehingga tidak menyebabkan kesenjangan.

Adapun Syarat-syarat kalimat efektif adalah sebagai berikut :

  1. Kesatuan

Maksud dari kesatuan disini adalah, terdapatnya subjek dan predikat yang jelas. Dimana, tidak mengawali suatu kalimat dengan penggunaan kata (di, ke dll) karena itu akan menimbulkan kesenjangan, sesuai dengan kaidah penulisan kalimat yang benar, suatu kalimat yang baik pasti diawali dengan subjeknya terlebih dulu pada SPOK.

  1. Kehematan

Maksud dari kehematan sendiri adalah, tidak menyebabkan makna ganda atau menggunakan kalimat berjamak. Tidak melebih-lebihkan penggunaan kalimat. Dimana itu akan menimbulkan penafsiran ganda dan merupakan pemborosan kata sehingga kalimat menjadi tidak efektif. Contohnya :

Terimakasih kepada bapak-bapak dan ibu-ibu yang sudah hadir (salah)

Terimakasih kepada bapak dan ibu yang sudah hadir (benar)

  1. Keparalelan

Apabila suatu kalimat sudah menggunakan satu verba, maka penulisan kata kedua dan ketiga menerapkan atau mengikuti verba yang pertama. Contohnya :

READ  Penulisan Daftar Pustaka Dari Jurnal

Siswa itu sedang membaca, menulis dan pelajari buku-buku palajaran(salah)

Siswa itu sedang membaca, menulis dan mempelajari buku-buku pelajaran(benar).

  1. Kelogisan

Kelogisan disini adalah sikap penerima yang mendasari dalam penggunaan kalimat  yang disebutkan. Misalnya, waktu dan tempat kami persilahkan (salah) karena tidak ada subjeknya. Harusnya, kepada bapak dosen kami persilahkan(benar)

  1. Kepaduan

Kepaduan disini adalah terdapatnya kata-kata yang kurang tepat atau salah menaruh subjek pada kalimat tersebut. Misalnya, bola dimainkan oleh Adi(salah). Yang benar adalah Adi sedang bermain bola.

  1. Ketetapan

Maksud disini adalah kesesuaian dalam penggunaan kalimat,sehingga terlihat harmonis dan pembaca langsung dapat menangkap apa maksud dari penulis.

Sekian dari pembahasan materi kalimat efektif kali ini, semoga bermanfaat.

Tags: