Momen Indah Hari Lebaran

Diposting pada
Momen Indah Hari Lebaran
5 (100%) 2 votes

Hari lebaran

Identik dengan hal-hal yang menyenangkan dan bisa berkumpul bersama keluarga. Tidak hanya di hari raya lebaran, nuansa hangat sudah terasa sejak dimulai bulan ramadhan. Berbagai kegiatan dan sajian akan meramaikan bulan puasa yang dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan lainnya ketika hari lebaran tiba.

Silaturrahmi dan berbagai sajian panganan khas lebaran akan kita temui di hari raya lebaran. Tradisi itu sudah kental dan menjadi turun temurun pada masyarakat kita saat ini. Bahkan setiap wilayah di Indonesia punya agenda dan tradisi unik tersendiri untuk merayakan lebaran.

Tradisi Menyambut Hari Lebaran

Lebaran adalah momen yang membuat banyak orang ingin pulang ke kampung halamannya dan menikmati waktu bersama keluarga. Ada beragam tradisi yang masih terus dilakukan masyarakat Indonesia ketika lebaran tiba.

Berikut  beberapa tradisi lebaran yang terus berlangsung hingga sekarang.

  1. Mudik

Bangsa Indonesia dikenal dengan darah perantaunya yang kuat. Banyak sekali orang yang rela meninggalkan kampung halamannya untuk mencari rezeki di kampung orang. Karena itulah, lebaran menjadi momen yang berharga bagi para perantau untuk pulang.

Sepertinya Indonesia sudah menjadi negara dengan masyarakat yang paling banyak melakukan mudik menjelang lebaran. Mudik menjadi sesuatu hal yang menakjubkan. Ada puluhan juta orang akan pulang dan menyeberang pulau demi untuk sampai di kampung halamannya.

  1. Halal Bi Halal

Seiring perkembangan zaman, gadget atau smartphone menjadi salah satu alat yang digunakan untuk mengucapkan ucapan selamat lebaran kepada sanak saudara dan teman-teman. Meski demikian, sebagian orang menganggap halal bi halal tetaplah wajib dan selalu menyenangkan untuk dilakukan.

READ  8 Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa

Tradisi halal bi halal sudah dilakukan sejak lama. Orang-orang akan saling mengunjungi dan merayakan lebaran bersama keluarga besar, kerabat, tetangga, dan teman-teman. Momen ini juga menjadi waktu yang tepat untuk saling bermaaf-maafan.

  1. Takbir Keliling

Hari lebaran selalu disambut dengan kumandang takbir baik di mesjid maupun takbir mengelilingi kampung sebagai tanda kemenangan setelah melaksanakan puasa ramadhan selama satu bulan penuh.

Kita akan melihat kebersamaan masyarakat yang tetap terjaga dengan baik, beramai-ramai turun ke jalan, baik menggunakan motor ataupun berjalan kaki. Takbir keliling ini juga menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu selama masa lebaran.

  1. Ketupat

Ketupat dan lebaran adalah dua hal yang tak terpisahkan. Tanpa ketupat, lebaran akan terasa kurang lengkap. Ketupat biasanya disajikan bersama opor, rendang, semur dan kerupuk udang. Ini juga merupakan panganan wajib di hari lebaran. Ketupat adalah sajian yang istimewa. Semua annggota keluarga berkumpul dan menyantapnya dengan bahagia.

  1. THR

Tunjangan Hari Raya adalah sejumlah uang yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawannya ketika hari raya lebaran tiba. Namun bukan hanya perusahaan saja yang memberikan THR kepada karyawannya, masyarakat juga senang memberikan THR kepada kepada anak-anak yang bersilaturrahmi ke rumahnya di hari raya lebaran. Sejumlah uang yang diberikan tersebut masih dalam kondisi baru.

Di hari lebaran, semua orang akan merasakan kemenangan dan kebahagiaan. Di atas adalah beberapa tradisi yang sudah pasti dilakukan oleh masyarakat ketika lebaran tiba. Yuk, sambut lebaran dengan gembira dan nikmati berbagai tradisi yang membuatnya istimewa.