Olahraga Futsal dengan Peminat Terbanyak

Diposting pada
Rate this post

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang paling dibutuhkan oleh seluruh orang. Dari usia berapapun, olahraga memberikan manfaat yang sangat baik bagi kelangsungan hidup manusia. Bahkan, sejak dini olahraga sangat perlu dikenalkan untuk menunjang fisik seorang anak. Di usia muda pun, seperti mahasiswa, sangat diperlukan olahraga untuk menjaga stamina tubuh. Begitu pula, di usia dewasa dan lanjut usia, sangat perlu melakukan olahraga, bahakan dianjurkan rutin untuk mencegah terserang penyakit da menjaga stamina tubuh. Jadi, olahrgaga sangat dibutuhkan oleh siapapun tanpa memandang gender dan usia.

Olahraga yang paling diminati oleh masyarakat Indnesia kali ini adalah futsal. Bahkan, setiap turnamen antar sekolah hingga nasional, olahraga futsal pasti ada di dlam kategori perlombaan. Bahkan, untuk peserta dari olahraga ini tidak memandang gender. Futsal wanita pun juga diminati banyak kalangan. Tak lupa, olahraga ini juga bisa mengajak penonton untuk merasakan emosi pemain selagi berlangsungnya permainan, tak jarang penonting juga memiliki caranya sendiri untuk mendukung pemain-pemain andalan. Maka dari itu, belakangan ini olahraga ini sangat diminati banyak orang.

Apa itu Futsal?

Futsal merupakan olahraga sejenis sepak bola, namun dengan skala kecil. Futsal dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Teknik dari olahraga ini sangat menarik perhatian berbagai negara, sehingga olahraga ini terus dikembangkan seiring berjalannya waktu.

Pemain dari futsal ini tak sebanyak pemain sepak bola, yaitu 5 orang saja dengan jumlah pemain cadangan maksimal seanyak 7 orang. Olahraga ini juga biasa dilakukan di lapangan ukuran panjang 25–43 m x lebar 15–25 m. Tak jarang pula, perusahaan swasta maupun dari pemerintah menyediakan fasilitas lapangan futsal di beberapa sudut kota maupun di taman. Normalnya, permainan futsal ini berlangsung selama 2×20 menit dengan 1 kali istrahat selama 10 menit.

READ  Olahraga Kardio untuk Ibu Hamil

 

Baca Juga >>> Pengertian Olahraga Futsal dan Manfaatnya

 

Untuk segi Teknik permainan ini secara umum tidak jauh berbeda dengan sepak bola. Minimal harus menguasai beberapa Teknik agar bola bisa masuk ke gol lawan. Inilah beberapa Teknik dasar yang perlu dikuasai oleh pemain futsal :

  • Menendang Keras ( Shooting )
  • Passing / Pengumpan
  • Dribling / Menggiring

Dribling meliputi beberapa Teknik, yaitu :

  1. Dribbling menggunakan kaki bagian luar
  2. Dribbling menggunakan bagian punggung kaki
  3. Dribbling menggunakan kaki bagian dalam
  • Kecepatan

Pemain futsal dianjurkan memiliki kecepatan yang tinggi demi mengerjar bola untuk menggiring hingga merebut bola.

  • Fisik

Kekuatan fisik seseorang pemain sudah seharusnya kuat dan konsisten dalam suatu permainan. Oleh karena itu, sebelum dimulainya permainan perlu mempersiapkan fisik dan mental yang kuat.

Tidak hanya speak bola. Indonesia juga mendukung atlet-atlet futsal dengan mengadakan Liga Futsal Indonesia. Kompetisi ini sudah diselenggarakan sejak lama, pada musim 2006-2007 sudah terselenggara sebayak 12 kali kompetisi hingga saat ini. Dari kompetisi ini pula, melahirkan pemain-pemain professional dari penjuru Indonesia.

 

Baca Juga >>> Pengertian Olahraga Futsal dan Manfaatnya