Olahraga Kardio untuk Ibu Hamil

Diposting pada
Olahraga Kardio untuk Ibu Hamil
5 (100%) 1 vote

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan beberapa orang untuk menjaga kekebalan tubuh. bahkan, olahraga tidak mengenal usia untuk dilakukan. Bahkan, ibu hamil bisa melakukan olahraga sesuai izin dokter. Olahraga yang bisa dinikmati oleh ibu menyusui adalah olahraga kardio ini. selain memberikan manfaat pada eningkatan kinerja jantung, olahraga ini tidak terlalu berisiko ada bayi maupun ibu hamil/

Ibu hamil boleh olahraga?

Ibu hamil sudah sepatutnya menjaga asupan nutrisi yang dikonsumsi serta bagaimana menjaga kondisi tubuh selama sebelum melahirkan. Hal ini sangat dibutuhkan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat proses melahirkan. Oleh karena itu, ibu hamil perlu melakukan aktivitas tanpa mengganggu kondisi bayi di kandungan dan ibu itu sendiri. Salah satunya adalah olahraga kardio ini. anda bisa melakukan olahraga ini selama 30 menit per hari dengan intsitas ringan. Hal ini sudah dijelaskan oleh American College of Obstetrics and Gynecolog, bahwa ibu hamil tetap membutuhkan olahraga, namun dengan intesitas ringan.

Namun, perlu diperhatikan ibu hamil harus mengetahui kondisi tubuhnya saat itu. tetap menjaga pola makan, minum dan istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi lebih stabil.

 

MANFAAT KARDIO SEBELUM KEHAMILAN

  • Memperlambat dan menstabilkan berat kehamilan
  • Tingkatkan mood Anda
  • Bakar kelebihan kalori dari selera apa pun yang Anda berikan
  • Mengurangi sakit punggung dan pinggul
  • Meningkatkan respons aliran darah
  • Tingkatkan pengiriman oksigen ke jaringan
  • Menenangkan sistem saraf simpatik (membantu mengurangi tingkat stres)
READ  Manajer, Pengertian, Tugas, Fungsi, dan Tingkatannya

 

JENIS KARDIO SEBELUM KEHAMILAN

  • Berjalan
  • Pelatihan kebugaran Treadmill
  • Berenang
  • Elips
  • Mesin dayung
  • Motornya condong
  • Aerobik berdampak rendah hingga sedang – dapat melakukannya di rumah dengan peralatan minimal
  • Berlari (hamil hingga 20 minggu)

 

Bagaimana saya bisa berlari selama 20 minggu? Berlari adalah aktivitas berdampak tinggi. Ini membutuhkan sejumlah besar kekuatan – kekuatan inti, kekuatan pinggul, kekuatan ekstremitas bawah, gerakan kaki kanan yang tepat.

Ini adalah penyangga satu kaki terus menerus dan semakin cepat Anda bergerak, semakin banyak koordinasi yang dibutuhkan. Pola yang diperlukan untuk berlari terganggu selama kehamilan karena tekanan yang meningkat pada dasar panggul Anda.

Selain itu, selama kehamilan, tubuh Anda menghasilkan hormon yang disebut relaxin yang menyebabkan ligamen Anda rileks sehingga panggul Anda bisa terbuka selama persalinan.

Namun, ini memberi Anda peningkatan risiko cedera dan ketidaknyamanan selama kehamilan, menyebabkan kami mengalami masalah seperti prolaps organ panggul, inkontinensia urin, nyeri simpfisis genital, nyeri punggung, nyeri pinggul, dan diastasis persegi panjang.

Jika Anda merasa kesulitan untuk memperlambat dan mengurangi, kami telah membuat Walking Blog untuk memberi tahu Anda lebih banyak. Berjalan adalah alternatif yang bagus untuk kardio, terutama selama kehamilan dan setelah melahirkan karena itu adalah efek samping yang lebih rendah dari berjalan.

Olahraga kardio jenis apa yang cocok dengan ibu hamil?

Ada beberapa olahraga yag tidak diperbolehkan untuk dilakukan ibu hamil. Namun, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan olahraga untuk mempersiapkan proses melahirkan nantinya. Inilah bebersapa jenis olahraga kardio yang cocok dengan ibu hamil :

  1. Jalan santai

Anda bisa mencoba aktivitas ini di pagi hari, sekaligus oksigen pada pagi hari, masih belum terkena polusi sehingga oksigen yang masuk ke dalam tubuh memberikan sirkulasi darah yang lancr. Apalagi, manfaat dari jalan itu sendiri meningkatkan kinerja jantung oada tubuh.

  1. Sepeda statis

Olahraga ini mampu Anda lakukan di saat waktu luang dinrumah. Selain itu, sepeda statis juga membantu Anda untuk membantu kinerja jantung seerta menghindari dari resiko terjatuh.

READ  Pemanasan Global: Ancaman Untuk Manusia

Anda bisa lakukan ini sembari melihat vdeo seputar kehamilan atau asupan yang harus dikonsumsi selama prosesi kehamilan.

  1. Aerobic ringan

Anda bisa melakukan aerobic ringan untuk memberikan manfaat bagi denyut jantung anda. Selain itu, aerobic mampu meningkatkan endorphin agar ibu hamil merasa lebih bahagi dan mengurangi rasa sakit. Hal in sangat diperlukan bagi ibu hamil, dikarenakan kondisi mental ataupun mood tubuh seorang ibu hamil sangat dipengaruhi produksi hormon.

Olahraga tetaplah sangat penting. Namun, perlu diperhatikan dan tetap konsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Namun, olahraga kardio merupakan salah satu olahraga yang bisa dicoba untuk ibu hamil. Serta tetap menjaga asupan nutrisi pada makanan ataupun minuman yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan bayi maupun ibu hamil.