Opini, Pengertian, Ciri, Unsur, dan Jenisnya

Opini, Pengertian, Ciri, Unsur, dan Jenisnya
5 (100%) 2 votes

Pengertian Opini

Secara umum, opini adalah pendapat, tanggapan, pandangan, atau hasil pikiran seseorang dalam menyikapi suatu hal yang bersifat tidak objektif dan belum pasti kebenarannya. Sebagian orang mengatakan bahwa opini adalah pendapat atau tanggapan seseorang yang belum diakui kebenarannya. Jadi, opini bersifat subjektif dan setiap orang bisa memiliki pendapat yang berbeda-beda terhadap suatu objek atau peristiwa.

Opini adalah pandangan atau pendapat pribadi seseorang untuk menjelaskan suatu peristiwa atau hal tertentu yang belum terjadi atau sudah terjadi yang dapat disampaikan dengan berbagai cara, diantaranya secara aktif, pasif, melalui verbal, bahasa konotatif, gestur, ataupun cara berpakaian.

Ciri-ciri Opini

Ada 3 ciri dari opini, yaitu opini bersifat subjektif, isi opini menjelaskan tentang hal tertentu, dan belum dapat dipastikan kebenarannya.

  • Bersifat Subjektif

Opini adalah pemahaman dan penilaian seseorang  tentang sesuatu hal yang muncul berdasarkan pengetahuan, pengalaman, ataupun keinginannya dan setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang suatu kejadian yang sama.

  • Menjelaskan Tentang Hal Tertentu

Opini menjelaskan tentang sesuatu hal dengan memperhatikan gejala-gejala kemudian memberikan prediksi, harapan, dan saranya terhadap hal tersebut.

  • Belum Dipastikan Kebenarannya

Isi opini masih diragukan kebenarannya sehingga perlu diuji dan dibuktikan terlebih dahulu. Oleh karena itu, opini biasanya menggunakan kata mungkin, menurut saya, dan lain sebagainya.

Unsur-unsur Opini

Terdapat beberapa unsur yang mendasari suatu opini, diantaranya nilai kepercayaan, sikap, dan persepsi.

  • Nilai Kepercayaan

Seseorang mengungkapkan opininya terhadap hal tertentu karena didasari oleh adanya kepercayaan yang dipengaruhi oleh agama, politik, budaya, dan lain-lain.

  • Sikap

Sikap seseorang dalam menyikapi suatu hal akan melahirkan suatu opini, baik sikap membenarkan ataupun menyanggah suatu informasi yang dilihat atau didengarnya melalui suatu media.

  • Persepsi

Opini dapat terbentuk karena adanya persepsi yang merupakan pemberian makna terhadap suatu peristiwa. Ketika seseorang mendapatkan suatu informasi, maka ia akan menilai penyebab dan kemungkinan yang dapat terjadi, yang pada akhirnya menghasilkan sebauh opini.

READ  Macam-macam Majas dan Contohnya

Jenis-jenis Opini

Ada 4 jenis opini, yaitu opini pribadi, opini kelompok, opini publik, dan opini umum.

  • Opini Pribadi

Opini pribadi adalah pendapat atau pandangan seseorang terhadap suatu hal tertentu dan tidak dipengaruhi oleh pendapat orang lain dan tidak diungkapkan secara publik.

  • Opini Kelompok

Opini kelompok adalah pendapat atau pandangan sekelompok orang tentang suatu hal yang menyangkut dengan kepentingan orang banyak yang terdiri dari mayoritas dan minoritas dan ditandai dengan kuantitas (jumlah) pro dan kontra terhadap suatu peristiwa.

  • Opini Publik

Opini publik adalah pendapat atau pandangan seseorang setelah adanya perbincangan dengan orang lain atau dari suatu diskusi dalam menyikapi suatu hal dan menghasilkan kesimpulan yang kemudian menjadi opini bersama.

  • Opini Umum

Opini umum adalah pandangan atau pendapat yang berlaku secara umum atau yang dipahami secara bersama-sama oleh masyarakat atau sederhananya masyarakat memiliki pandangan yang sama terhadap suatu hal sehingga tidak menimbulkan pro dan kontra.