Pembahasan Lengkap Tentang Gratitude & Apology

Rate this post

Di dalam bahasa Inggris, ada beberapa ekspresi untuk mengungkapkan perasaan seseorang. Dua diantaranya adalah ekspresi terima kasih (expressing gratitude) dan permintaan maaf (apology). Penggunaan keduanya sangat umum digunakan dalam bahasa sehari-hari. Bahkan saat kita bergaul dengan banyak orang, kedua ekspresi ini wajib untuk diketahui. Untuk itu, kita akan mengenal kedua ekspresi umum yang mudah diaplikasikan dalam keseharian.

Walaupun terlihat mudah, seringkali kita sulit mengucapkan dua ekspresi ini secara langsung. Padahal ada 3 ekspresi yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yakni gratitude (terima kasih), apology (meminta maaf), dan helping (memohon bantuan). Sayangnya, kita selalu lupa melakukan hal tersebut. Biar tidak mengulangi hal yang sama, mari kita pelajari kedua ekspresi tersebut.

Gratitude

Gratitude atau thanking biasa digunakan untuk mengekspresikan rasa terima kasih kepada orang lain. Biasanya ekspresi gratitude diucapkan setelah seseorang memberikan pertolongan atau bantuan kepada kita. Ada beberapa kata yang bisa digunakan untuk memberikan respon terima kasih kepada orang lain, seperti:

  • Thanks

Kata ini biasanya diucapkan di suasana yang tidak formal. Jadi, jika bertemu dengan teman yang sudah dekat dan ingin mengucapkan terima kasih maka dapat menggunakan kata ini.

  • Thank you

Selanjutnya yaitu “thank you” yang merupakan kata-kata formal standar. Kata ini dapat diucapkan kepada rekan kerja, teman yang tidak terlalu dekat maupun orang yang baru dikenal.

  • Thank you very much

Artinya adalah terima kasih banyak. Kata ini akan memberikan kesan bahwa kita benar-benar berterima kasih dari lubuk hati terdalam.

  • Thank you so much

Artinya mirip dengan “thank you very much”. Namun, kata “so” di sini dapat memberikan kesan less formal atau tidak terlalu formal.

  • Thank for helping me
READ  Apa Itu Present Tense dan Contoh-Contohnya

Selain ucapan terima kasih biasa, bisa ditambahkan juga kata-kata “helping me” sebagai bentuk ungkapan senang karena ditolong oleh seseorang.

Rumus :

  • I’m grateful for …

Rumus :

  • I appreciate …

Rumus :

Seringkali kita salah menggunakan kata Thanks untuk merespon kebaikan seseorang. Thanks tidak boleh diikuti oleh noun, entah itu you ataupun God. Kecuali noun yang mengarah pada kata sapaan, seperti nama seseorang, man, bro, dan lainnya. Ingat, jangan sampai salah lagi mengucapkannya kepada orang lain.

Kekeliruan kecil ini masih sering dijumpai dalam percakapan sehari-hari. Tak jarang dianggap sebagai slang word (kata gaul). Dalam grammar bahasa Inggris, ini bukanlah kata slang, tetapi kesalahan dalam berbahasa. Siapa yang sering menyangka hal demikian juga? Atau malah sering melakukan kesalahan tersebut saat berbicara dengan orang terdekat atau orang-orang yang dikenal atau tidak?

Untuk  merespon ucapan terima kasih di atas, ada beberapa kalimat yang bisa ditiru, yakni:

  • You are welcome (Sama-sama)
  • No problem (Tidak masalah)
  • That’s all right (Dengan senang hati)
  • My pleasure
  • Don’t mention it (Sudah, itu bukan apa-apa)

Sampai sini, sudah jelas yah bagaimana mengucapkan serta membalas ekspresi terima kasih (gratitude). Sekarang akan kita aplikasikan dalam bentuk contoh dialog yang mudah untuk dipahami.

Contoh Dialog

Dinar  :  Hi Zack, how are you? (Hai Zack, apa kabar?)

Zack    :  Hi Dinar, i’m not feeling well now. Thanks for asking me. (Hai dinar, aku sedang tak enak badan sekarang. Terima kasih sudah bertanya)

Dinar  :  What happen Zack? Are you sick? (Apa yang terjadi Zack? Kamu sakit?)

Zack    :  Well, i’m getting dizzy. My doctor told me to take a rest. (Aku sedang pusing. Dokter menganjurkan aku untuk beristirahat)

READ  Grammar : Penggunaan Have, Has dan Had

Dinar  :  So, you have to follow his advice. (Kamu harus patuhi sarannya)

Zack    :  Yeah, i think so. (Iya, aku pikir juga begitu)

Dinar  :  I will tell Mr. Bram about your condition. He will give you the permission. (Aku akan memberitahu Pak Bram terkait kondisimu. Dia akan memberimu izin)

Zack    :  I’m grateful for your attention, Dinar! (Aku berterima kasih atas perhatianmu, Dinar!)

Dinar  :  No problem, Zack. (Tidak masalah, Zack)

Apology

Setelah membahas gratitude atau thanking (terima kasih), sekarang akan dibahas ekspresi apologize (permintaan maaf). Ungkapan minta maaf sering diucapkan saat seseorang telah melakukan sebuah kesalahan kepada orang lain. Orang tua kita pasti sering mengajarkan dan menyuruh meminta maaf tatkala kita salah berucap maupun berbuat. Ekspresi termudah untuk mengucapkan maaf adalah sorry. Selain sorry, sebenarnya ada beberapa kata yang bisa dikatakan, seperti:

  • I’m very/extremely/terribly sorry (Saya sangat/amat meminta maaf/menyesal)
  • I’m sorry for… (Saya minta maaf karena …)

Rumus :

  • I am sorry that … (Saya minta maaf karena…)

Rumus :

  • I apologize for… (Saya minta maaf buat…)

Rumus :

  • Forgive me… (Maafkan saya untuk…)

Rumus :

  • Pardon me (Maafkan saya)
  • Sorry for my mistakes (Maaf atas kesalahan yang saya perbuat)

Dari beberapa ungkapan di atas, pilih salah satu yang sesuai kondisi. Permintaan maaf juga dapat diucapkan ketika mendengarkan berita duka atau buruk. Misalnya, I’m so sorry to hear that (Saya ikut bersedih mendengarnya). Biasanya ekspresi ini diucapkan saat ada seseorang yang mengatakan kabar duka, entah itu kematian atau kecelakaan.

Bagaimana cara merespon ungkapan di atas? Ada beberapa kalimat yang dapat digunakan untuk merespon ucapan minta maaf, yaitu:

  • It doesn’t matter (Bukan masalah)
  • Never mind (Jangan dipikirkan)
  • Forget it (Lupakan saja)
  • It’s okay / It’s fine / It’s alright (Tidak apa-apa)
  • Don’t apologize (Tak perlu minta maaf)
  • Don’t worry about it (Sudah, tak perlu khawatir)
  • I quite understand (Saya paham alasanmu melakukannya)
READ  Penggunaan Do, Does dan Did dalam Bahasa Inggris

Mudah bukan mengingat ekspresi minta maaf dan cara meresponnya. Sekarang, kita coba untuk mengaplikasikan ekspresi tersebut dalam dialog yang umum terjadi sehari-hari. Dan bagaimana pula cara yang tepat untuk meresponnya, ketika ada seseorang yang mengucapkan ekspresi tersebut ke kita.

Contoh Dialog

Jonathan   :     I’m sorry for coming late to your birthday party. (Maaf saya datang terlambat ke pesta ulang tahunmu)

Ririn             :     Where have you been? (Kemana saja kamu?)

Jonathan   :     My mother called me last night. She was sick, so i have to go home soon. (Ibuku menelpon kemarin malam. Dia sakit, jadi saya harus segera pulang)

Ririn             :     I’m so sorry to hear that. Is she okay now? (Saya turut bersedih. Apakah dia sudah membaik sekarang?)

Jonathan   :     Yeah, she is getting better now. Once again, I’m extremely sorry to come late. (Dia sudah mulai membaik sekarang. Sekali lagi, saya benar-benar minta maaf telah datang telat)

Ririn             :     I quite understand. (Saya mengerti alasanmu)

Mulai sekarang, latihlah untuk mengucapkan kalimat permintaan maaf kepada orang lain. Bila merasa telah berbuat salah, segeralah meminta maaf. Jangan menunggu atau menunda-nunda memohon maaf pada orang lain. Salah satu dari beberapa ekspresi di atas dapat dipilih untuk mengungkapkan perasaan bersalah. Ucapkan secara langsung untuk tahu respon dari orang bersangkutan.