Pengertian Bulan Ramadhan

Pengertian Bulan Ramadhan
5 (100%) 2 votes

Pengertian Ramadhan

Ramadan adalah bulan paling sakral dalam budaya Islam. Orang Islam menjalankan ibadah dalam bulan Ramadhan, seperti yang allah perintahkandalam Juz pertama dari Al-Quran kepada Nabi Muhammad pada tahun 610. Selama Ramadhan, umat Islam berpuasa, menjauhkan diri dari kesenangan dan berdoa untuk menjadi lebih dekat dengan Tuhan. Ini juga merupakan waktu bagi keluarga untuk berkumpul dan merayakan.

Ramadhan dalam Kalender Islam

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, yang merupakan kalender Hijriyah berdasarkan siklus bulan. Peringatan dimulai pagi hari setelah bulan sabit terlihat, menandai awal bulan baru. Secara tradisional, orang mencari bulan sabit sedikit menggunakan mata telanjang, yang telah menyebabkan deklarasi masa awal yang berbeda untuk Ramadhan, karena cuaca atau geografi.

Untuk memiliki waktu mulai yang lebih konsisten bagi umat Islam di seluruh dunia, saat ini perhitungan astronomi yang sekarang digunakan. Menggunakan sains untuk menandai awal bulan dan di banyak bagian dunia, Ramadhan masih belum dimulai sampai para pemimpin agama atau Majelis Ulama Indonesia (MUI) jika di Indonesia mengumumkan bahwa mereka secara pribadi telah melihat bulan sabit.

Berpuasa Dalam Bulan ramadhan

Selama Ramadhan, pada siang hari umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam. Berpuasa tidak hanya tentang berpantang makanan dan minuman, selain harus menahan diri dari makan dan minum juga menahan diri dalam kegiatan bergosip, berkelahi dan berbohong dan hal hal buruk yang membawa kita kedlam hal yang dosa.

READ  7 Tips Menghilangkan Kesedihan dalam Islam
Tags: