Pengertian: Definisi Ekonomi Secara Umum, Lengkap

Diposting pada
Rate this post

Pengertian Dasar Ekonomi

Ekonomi adalah subjek kompleks yang dipenuhi dengan labirin istilah dan detail yang membingungkan yang mungkin sulit dijelaskan. Bahkan para ekonom pun kesulitan mendefinisikan dengan tepat apa arti ekonomi. Namun, tidak ada keraguan bahwa ekonomi dan hal-hal yang kita pelajari melalui ekonomi mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Singkatnya, ekonomi adalah studi tentang bagaimana orang dan kelompok orang menggunakan sumber dayanya. Uang tentu saja merupakan salah satu sumber daya itu, tetapi hal-hal lain juga dapat berperan dalam ekonomi. Dalam upaya untuk menjelaskan semua ini, mari kita lihat dasar-dasar ekonomi dan mengapa Anda dapat mempertimbangkan mempelajari bidang yang kompleks ini.

Bidang Ekonomi

Ekonomi dibagi menjadi dua kategori umum: ekonomi mikro dan ekonomi makro. Satu melihat pasar individu sementara yang lain melihat seluruh ekonomi.

Dari sana, kita dapat mempersempit ekonomi menjadi sejumlah bidang studi. Ini termasuk ekonometrik, pembangunan ekonomi, ekonomi pertanian, ekonomi perkotaan, dan banyak lagi.

Jika Anda memiliki minat pada bagaimana dunia bekerja dan bagaimana pandangan pasar keuangan atau industri mempengaruhi perekonomian, Anda dapat mempertimbangkan mempelajari ekonomi. Ini adalah bidang yang menarik dan memiliki potensi karir di sejumlah disiplin ilmu, dari keuangan hingga penjualan hingga pemerintah.

Dua Konsep Esensial Ekonomi

Banyak hal yang kita pelajari dalam bidang ekonomi berkaitan dengan uang dan pasar. Apa yang orang rela bayar untuk sesuatu? Apakah satu industri bekerja lebih baik dari yang lain? Apa masa depan ekonomi negara atau dunia? Ini adalah pertanyaan penting yang diperiksa oleh para ekonom dan dilengkapi dengan beberapa istilah dasar.

READ  Pengertian Pasar

Penawaran dan Permintaan adalah salah satu hal pertama yang kita pelajari dalam ekonomi. Pasokan berbicara dengan jumlah sesuatu yang tersedia untuk dijual sementara permintaan mengacu pada kesediaan untuk membelinya. Jika penawaran lebih tinggi dari permintaan, pasar terlempar dari keseimbangan dan biaya biasanya berkurang. Hal sebaliknya berlaku jika permintaan lebih besar dari pasokan yang tersedia karena komoditas itu lebih diinginkan dan lebih sulit diperoleh.

Elastisitas adalah konsep kunci lain dalam ekonomi. Pada dasarnya, di sini kita berbicara tentang seberapa besar harga sesuatu dapat berfluktuasi sebelum berdampak negatif pada penjualan. Ikatan elastisitas menjadi permintaan dan beberapa produk dan layanan lebih elastis daripada yang lain.

Memahami Pasar Keuangan

Seperti yang Anda harapkan, banyak faktor yang berperan dalam ekonomi berkaitan dengan pasar keuangan. Ini juga masalah rumit dengan banyak subtopik yang bisa Anda selami.

Pertama dan terpenting, penting untuk memahami bagaimana harga ditetapkan dalam ekonomi pasar. Inti dari ini adalah informasi dan apa yang dikenal sebagai kontrak kontinjensi. Pada dasarnya, jenis pengaturan ini menempatkan ketentuan pada harga yang dibayar berdasarkan faktor eksternal: jika X terjadi, maka saya akan membayar sebanyak ini.

Satu pertanyaan yang dimiliki banyak investor adalah, “Apa yang terjadi dengan uang saya ketika harga saham turun?” Jawabannya tidak mudah, dan sebelum Anda terjun ke pasar saham, penting bagi Anda untuk mengetahui cara kerjanya.

Untuk lebih rumit, situasi ekonomi seperti resesi dapat membuang banyak hal. Misalnya, hanya karena suatu ekonomi mengalami resesi, tidak berarti bahwa harga akan jatuh. Sebenarnya, itu kebalikan dari hal-hal seperti perumahan. Cukup sering, harga naik karena pasokan turun dan permintaan naik. Kenaikan harga ini dikenal sebagai inflasi.

READ  Kebijakan Fiskal : Pengertian, Unsur, Macam dan Contohnya Lengkap

Suku bunga dan nilai tukar juga menyebabkan fluktuasi di pasar. Anda akan sering mendengar para ekonom mengungkapkan keprihatinan mereka. Ketika suku bunga turun, orang cenderung membeli dan meminjam lebih banyak. Namun, ini dapat menyebabkan suku bunga naik pada akhirnya.

Nilai tukar mengacu pada bagaimana perbandingan mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain. Ini adalah komponen kunci dalam ekonomi global.

Istilah lain yang akan Anda dengar sehubungan dengan pasar adalah biaya peluang, ukuran biaya, dan monopoli. Masing-masing adalah elemen kunci dalam memahami perkiraan ekonomi secara keseluruhan.

Mengukur Pertumbuhan dan Penurunan Ekonomi

Baik dalam skala nasional maupun global, mengukur kesehatan ekonomi bukanlah hal yang mudah. Secara nasional, kami menggunakan istilah seperti PDB, yang merupakan singkatan dari Produk Domestik Bruto. Ini mengacu pada nilai pasar barang dan jasa suatu negara. PDB setiap negara dianalisis oleh entitas seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional atau IMF.

Ada juga banyak diskusi hari ini tentang globalisasi. Kekhawatiran terhadap negara-negara seperti pekerjaan alih daya A.S. banyak mengkhawatirkan tingkat pengangguran yang lebih tinggi dan ekonomi yang menurun. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa kemajuan dalam teknologi melakukan pekerjaan yang sama besarnya dengan globalisasi.

Sesekali, Anda akan mendengar pejabat pemerintah membahas stimulus fiskal. Ini adalah salah satu teori untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di masa yang lebih sulit. Tetapi sekali lagi, ini benar-benar tidak semudah menciptakan pekerjaan yang akan mengarah pada lebih banyak pengeluaran konsumen.

Seperti halnya semua hal di bidang ekonomi, tidak ada yang sederhana. Itulah mengapa topik ini sangat menarik dan membuat para ekonom terjaga hingga larut malam. Memprediksi kekayaan suatu bangsa atau dunia tidak lebih mudah daripada memprediksi keuntungan Anda sendiri 10 atau 15 tahun ke depan. Ada terlalu banyak variabel yang berperan, itulah sebabnya ekonomi adalah bidang studi yang tak ada habisnya.

READ  Kartu ATMĀ  dan Kartu Kredit