Pengertian Fotosintesis: Klorofil Dan Fotosintesis

Diposting pada
Pengertian Fotosintesis: Klorofil Dan Fotosintesis
5 (100%) 1 vote

Apa itu klorofil dan apa itu fotosintesis?

Sebagian besar dari kita sudah tahu jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini tetapi untuk anak-anak, ini bisa agak berair.

Untuk membantu anak-anak mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang peran klorofil dalam fotosintesis tanaman, teruslah membaca.

Apa itu Fotosintesis?

Tumbuhan, seperti manusia, membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dan tumbuh. Namun, makanan nabati tidak terlihat seperti makanan kita.

Grow adalah konsumen terbesar energi matahari, menggunakan kekuatan matahari untuk mencampur makanan kaya energi. Proses dimana tanaman membuat makanan mereka sendiri dikenal sebagai fotosintesis.

Fotosintesis pada tanaman adalah proses yang sangat berguna di mana tanaman hijau mengambil karbon dioksida (racun) dari udara dan menghasilkan oksigen yang kaya. Tumbuhan hijau adalah satu-satunya makhluk hidup di bumi yang dapat mengubah sinar matahari menjadi makanan.

Hampir semua makhluk hidup bergantung pada proses fotosintesis seumur hidup. Tanpa tanaman, kita tidak akan memiliki oksigen dan hewan-hewan itu tidak akan makan apa-apa, begitu pula kita.

Apa itu Klorofil? Peran klorofil dalam fotosintesis adalah penting. Klorofil, yang hidup di kloroplas tumbuhan, adalah pigmen hijau yang dibutuhkan tanaman untuk mengubah karbon dioksida dan air, menggunakan sinar matahari, menjadi oksigen dan glukosa.

Selama fotosintesis, klorofil menangkap sinar matahari dan menghasilkan karbohidrat atau energi yang manis, memungkinkan tanaman untuk tumbuh.

Memahami Klorofil dan Fotosintesis

Mengajar anak-anak tentang proses fotosintesis dan pentingnya klorofil adalah bagian penting dari sebagian besar kurikulum sains sekunder dan menengah. Meskipun prosesnya agak rumit secara keseluruhan, ini dapat disederhanakan sehingga anak-anak yang lebih kecil dapat memahami konsep tersebut.

READ  Hukum Newton 1 2 3, Bunyi, Rumus, dan Contohnya

Fotosintesis pada tanaman dapat dibandingkan dengan sistem pencernaan karena mereka memecah unsur-unsur penting untuk menghasilkan energi yang digunakan untuk makanan dan pertumbuhan. Sebagian energi ini dikonsumsi segera, dan sebagian disimpan untuk digunakan nanti.

Banyak anak kecil mungkin memiliki kesalahpahaman bahwa tanaman mengambil makanan dari lingkungan mereka; oleh karena itu, mengajari mereka proses fotosintesis penting bagi mereka untuk memahami fakta bahwa tanaman benar-benar mengumpulkan bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat makanan mereka sendiri.

Fotosintesis untuk Kegiatan

Kegiatan diluar ruangan adalah cara yang bagus untuk mengajar anak-anak bagaimana fotosintesis bekerja. Tunjukkan bagaimana matahari diperlukan untuk fotosintesis dengan menempatkan satu kacang di lokasi yang cerah dan satu di lokasi yang gelap. Kedua tanaman perlu disiram secara teratur.

Ketika siswa mengamati dan membandingkan kedua tanaman dari waktu ke waktu, mereka akan melihat pentingnya sinar matahari.

Kacang di bawah matahari akan tumbuh dan tumbuh sebagai kacang dalam gelap menjadi sangat menyakitkan dan berwarna coklat. Kegiatan ini akan menunjukkan bahwa tanaman tidak dapat membuat makanan sendiri tanpa sinar matahari.

Memiliki gambar anak-anak dari kedua tanaman selama beberapa minggu dan membuat catatan tentang pengamatan mereka.

Baca Juga >>> Definisi Fotosintesis