Pengertian: Gelombang Elektromagnetik, Sifat, Spektrum, dan Manfaatnya

Diposting pada
Rate this post

Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang memancar dan tidak membutuhkan media rambat yang mengandung muatan energi listrik dan magnet. Gelombang elektromagnetik berbeda dengan gelombang pada umumnya yang membutuhkan media rambat karena gelombang elektromagnetik tidak memerlukan media rambat sama halnya seperti radiasi. Oleh sebab itulah, gelombang elektromagnetik sering disebut dengan radiasi elektromagnetik.

Sifat Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik memiliki bentuk yang hampir sama dengan bentuk gelombang transversal pada umumnya, hanya saja gelombang elektromagnetik mengandung muatan listrik dan magnetik. Gelombang magnetik juga didefinisikan sebagai medan listrik [E] yang selalu tegak lurus terhadap medan magnet [B] yang keduanya menuju ke arah gelombang seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Sumber: Douglas C. Giancoli

Jadi, dari pengertian dan gambar di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa sifat gelombang elektromagnetik, yaitu sebagai berikut.

  • Tidak membutuhkan media rambat.

  • Termasuk gelombang transversal.

  • Memiliki sifat yang sama seperti gelombang transversal.

  • Membawa energi, namun tidak membawa massa.

  • Energi yang dibawa setara dengan besar frekuensi gelombang.

  • Medan listrik selalu tegak lurus terhadap medan magnet.

  • Memiliki momentum.

  • Terbagi dalam beberapa jenis, bergantung pada frekuensi atau panjang gelombang.

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik termasuk cahaya, mikro gelombang, gelombang radio, sinar X, sinar gamma, dan lain sebagainya. Berbagai gelombang elektromagnetik tersebut hanya berbeda pada panjang dan frekuensi gelombang.

READ  Hukum Kekekalan Energi, Pengertian, Rumus, dan Penerapannya

Anda dapat melihat tabel di bawah ini untuk mengetahui gambaran mengenai jenis-jenis spektrum gelombang elektromagnetik yang biasanya berkaitan dengan berbagai interval frekuensi dan panjang gelombang. Interval sering tidak terdefinisikan dengan benar, malah terkadang tumpang tindih. Sebagai contoh, gelombang elektromagnetik yang kira-kira 0,1 nm sering disebut dengan sinar X, namun jika gelombang ini berasal dari radioaktivitas nuklir, maka disebut dengan sinar gamma.

Sumber: studiobelajar .com

Mata manusia peka terhadap radiasi atau gelombang elektromagnetik dari kira-kira 400 sampai 700 nm, yaitu suatu jangka yang disebut dengan cahaya tampak. Gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang cahaya sedikit lebih pendek dari gelombang cahaya tampak, disebut dengan sinar ultraviolet, yang umumnya berasal dari cahaya matahari.  Sedangkan gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang sedikit lebih panjang dari gelombang cahaya tampak disebut dengan gelombang inframerah.

Manfaat Gelombang Elektromagnetik

Perilaku gelombang sangat bergantung pada ukuran relatif panjang gelombang, maka perbedaan panjang gelombang menyebabkan perbedaan perilaku pada tiap jenis gelombang. Oleh karena itu, gelombang elektromagnetik memiliki pemanfaatan yang berbeda-beda bergantung pada jenis gelombangnya.

Berikut beberapa manfaat dari berbagai jenis gelombang.

  • Sinar X, memiliki panjang gelombang sangat pendek dan frekuensi yang tinggi. Sinar X digunakan oleh dokter untuk melihat organ dalam tubuh untuk mendiagnosa pasien. Jadi, dokter dapat melihat organ dalam tubuh pasien tanpa harus melakukan pembedahan. Sinar X juga digunakan di bandara untuk mengecek isi tas/koper penumpang tanpa harus membukanya.
  • Sinar inframerah, dapat dideteksi di atas spektrum cahaya merah. Sinar inframerah digunakan pada konsol game dan berbagai jensi remote tanpa memerlukan media kabel.
  • Gelombang radio, memiliki rentang yang cukup besar untuk mentransmisikan sinyal untuk jarak yang sangat jauh yang biasanya dipakai pada stasiun TV, dan radio untuk mentransmisikan sinyal komunikasi.
READ  Cermin Cembung, Pengertian, Sinar Istimewa, Sifat Bayangan, dan Rumusnya