Pengertian Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Pengertian Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
5 (100%) 1 vote

Kecepatan Fisika

Rumus kecepatan Fisika bisa dikembangkan menjadi gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dan gerak lurus beraturan (GLB)

  1. Gerak lurus beraturan (GLB)

Menurut seputarilmu.com Gerak lurus beraturan (GLB) adalah suatu benda yang bergerak dengan kecepatan yang selalu tetap dan tidak berubah – ubah.

Ciri – ciri gerak lurus beraturan (GLB) sebagai berikut ini :

  1. Terdapat lintasan yang berupa garis lurus
  2. Kecepatannya selalu tetap dan tidak berubah – ubah atau bisa dibilang konstan
  3. Ketika mempunyai kecepatan yang selalu konstan maka dari gerak lurus beraturan tersendiri maka percepatannya 0

Gerak lurus beraturan (GLB) mempunyai beberapa rumus yaitu :

  • Kecepatan

Hal ini terlihat bahwa kecepatan berbanding lurus dengan jarak namun berbanding terbalik dengan waktu

  • Jarak

Hal ini terlihat bahwa jarak berbanding lurus dengan kecepatan dan juga waktu.

  • Waktu

Hal ini terlihat bahwa waktu berbanding lurus dengan jarak dan berbanding terbalik dengan kecepatan

melihat penjelasan diatas yang dimana v tersendiri menyimbolkan bahwa kecepatan yang satuan standar internasional (SI) yaitu m / s (meter per sekon). Untuk s tersendiri menyimbolkan bahwa jarak dengan satuan standar internasional (SI) yaitu meter. Sedangkan t adalah simbol dari waktu yang satuannya dari standar internasional (SI) adalah sekon.

  1. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Pengertian dari gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah ketika suatu benda melalui lintasannya yang lurus dan kecepatannya yang selalu berubah – ubah disetiap waktunya. Rumus – rumus gerak lurus berubah beraturan sebagai berikut :

READ  Kumpulan Rumus Kecepatan yang Perlu Dipelajari

Penjelasan dari rumus diatas adalah Vt disimbolkan sebagai kecepatan pada saat t dengan satuan standar internasional (SI) adalah m / s. Untuk V tersendiri melambangkan bahwa kecepatan mula – mula dari suatu benda tersebut dengan satuan standar internasional (SI) adalah m / s.

Sedangkan pada a itu menyimbolkan bahwa percepatan dengan satuan standar internasional (SI) adalah m / s2. Contoh dari gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah ketika ada seseorang yang berada di pegunungan dengan jalan yang naik secara curam dan posisinya ada seseorang yang sedang mengendari sepeda motor maka lama kelamaan kecepatannya akan semakin turun dikarenakan dari suatu kondisi lingkungan.

Contoh yang dari gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah ketika ada seseorang yang sedang mengendarai mobil kemudian dalam keadaan tiba – tiba terdapat rambu lalu lintas berwarna merah dan kemudian seseorang tersebut berhenti seketika maka bisa dikatakan bahwa keadaan tersebut termasuk gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dikarenakan terdapat perubahan kecepatan tiba – tiba.

Tags: