Pengertian Kebijakan Fiskal Contoh dan Tujuannya

Pengertian Kebijakan Fiskal Contoh dan Tujuannya
5 (100%) 3 votes

Pengertian Kebijakan Fisikal

Sebelum mengetahui beberapa contoh kebijakan fiskal, alangkah lebih baik bahwa kita mengetahui kebijakan fiskal terlebih dahulu. Kebijakan fiskal sendiri memiliki peran yang cukup penting dalam perekonomian Indonesia, karena dengan melakukan sebuah kebijakan, sebuah sistem dalam pemerintahan akan lebih terarah dan lebih produktif.

Kebijakan Fiskal bisa juga disebut dengan kebijakan moneter. Karena sama-sama mengatur jumlah uang negara yang beredar. Yang membedakannya adalah kebijakan fiskal lebih menekan pada pengaturan pendapatan dan belanja pemerintah. Sehingga kalau bisa ditarik kesimpulan, kebijakan fiskal adalah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.

Dengan melihat definisinya, Kebijakan Fiskal adalah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dengan meningkatkan atau mengurangi pendapatan belanja negara sebagai bentuk pencapaian tujuan yang diharapkan. Maksud dari mengurangi pendapatan disini adalah dengan mengurangi jumlah pengangguran atau pun menciptakan pertumbuhan ekonomi sebagai target.

kebijakan-fiskal

Berikut merupakan contoh dari kebijakan fiskal, yaitu :

  1. Mewajibkan Kepemilikan NPWP (nomor pokok wajib pajak)

Dengan mewajibkan masyarakat untuk memiliki NPWP ini, maka pendapatan anggaran dapat dipenuhi dengan baik karena adanya pemasukan dari masyarakat sehingga terdapat timbal balik antar hak dan kewajiban sebagai masyarakat Indonesia.

  1. Menaikkan Jumlah Pajak dan Jenis Pajak

Dengan adanya kenaikan jumlah pajak dan jenis pajak, tentunya terdapat perbedaan misalkan antara kepemilikan motor dan mobil, dari segi fisiknya saja sudah berbeda maka dengan melakukan pembayaran sesuai jenis pajak merupakan suatu solusi yang tepat.

READ  Kartu ATM  dan Kartu Kredit
  1. Melakukan Pinjaman Negara

Melakukan pinjaman negara bisa dilakukan dengan mengeluarkan obligasi pemerintah. Obligasi pemerintah adalah surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia dalam rangka mendapatkan pendanaan. Penerbit obligasi ini akan membayar kembali seluruh utang yang dikeluarkan pada saat jatuh tempo.

  1. Mengelola anggaran

Mengelola anggaran ini dilakukan untuk mengurangi pembelanjaan negara adan atau menaikkan pajak perekonomian menjadi lebih stabil.

Secara tidak sadar, sebenarnya Indonesia sendiri sudah melakukannya dengan bertahap, mungkin salah satu cara itu membuat masyarakat tertekan atau sengsara, namun pada hakikatnya kebijakan fiskal sendiri dibuat juga untuk kepentingan bersama yaitu memajukan perekonomian supaya menjadi lebih baik, berikut contoh kebijakan fiskallainnnya :

  • Pengurangan subsidi BBM,

Mungkin ini adalah salah satu masalah yang paling membuat masyarakat tertekan, pasalnya disinilah masyarakat mendapatkan keterbatasan bahan bakarnya. Hal ini dilakukan untuk menghemat anggaran, kemudian dari penghematan tersebut dapat digunakan untuk pembiayaan infrastruktur dan pemerataan harga BBM dari Sabang-Merauke.

  • Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono(2004-2010), telah melakukan kebijakannya yaitu :
  • Kebijakan belanja khusunya gaji bagi PNS, TNI, Polri, dan pensiunan.
  • Kebijakan belanja khususnya terkait subsidi BBM, dan non BBM.
  • Penetapan prioritas alokasi anggaran
  • Kebijakan alternatif dengan komposisi sumber-sumber pembiayaan defisit.

Pada tahun 2006 terjadi perlemahan ekonomi, dan inilah usaha yang dilakukannya :

  • Adanya pemberian Bantuan Langsung Tunai(BLT)
  • Adanya pemberian Bantuan Operasional Sekolah(BOS)
  • Adanya pemberian bantuan untuk pengobatam gratis bagi masyarakat miskin.

Itulah beberapa contoh kebijakan fiskal yang telah pemerintah lakukan untuk memajukan perbaikan ekonomi supaya lebih baik lagi. Selanjutnya, apa saja sih tujuan dari kebijakan fiskal ini. Penjabaran mengenai tujuan tersebut akan saya ulas dibawah ini :

Tujuan kebijakan fiskal adalah :

  • Mempertahankan stabilitas harga
  • Mencegah dan mengurangi tingkat pengangguran
  • Menciptakan lapangan kerja
  • Mendorong lajunya investasi
  • Memacu pertumbuhan ekonomi
READ  Kebijakan Makroprudensial dan Mikroprudensial

Setelah kalian semua mengetahui apa itu kebijakan fiskal, tujuan dan contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat, silahkan share keteman-teman Anda. Terimakasih telat mengunjungi artikel ini.

Tags: