Pengertian Olahraga Bola Volly dan Manfaatnya

Diposting pada
Rate this post

Olahraga meliputi banyak hal. Di Indonesia sangatlah banyak dkembangkan olahraga bola besar seperti sepak bola, basket, dan volley. Volley berasal dari Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat, yang telah dikenalkan sejak tahun 1895.

Volley sudah popular di berbagai daerah, bahkan tiap sekolah masih menawarkan pelajaran tambahan di pelajaran olahraga tentang olahraga bola besar ini. Volley merupakan salah satu olahraga yang kurang disorot di Indonesia.

Meski begitu, Volley di Indonesia menghasilkan pemain-pemain professional yang mampu membuat kagum masyarakat Indonesia. Tidak jarang juga beberpa daerah menaungi bakat untuk olahraga ini, mulai dari kancah daerah hingga nasional.

Apa itu Volley?

Volley merupakan salah satu olahraga bola besar di Indonesia. Olahraga ini melibatkan 6 pemain, dengan 4 pemain tambahan yang duduk di bangku cadangan dalam 1 regu dan melawan dengan jumlah pemain yang sama, dengan mempertahankan posisi bola agar tidak jatuh di posisi awal, dengan net di bagian tengah lapangan, dengan beberapa Teknik yang ada, seperti servis, passing, blocking, dll.

Olahraga ini memiliki tekik dasar yang bisa dilakukan oleh semua orang dengan intesitas latihan yang konsisten. Olahraga ini memberikan manfaat yang sangat banyak bagi siapapun yang bermain di dalamnya. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan daro olahraga volley :

  1. Menguatkan tulang

Olahraga volley sudah pasti memberikan banyak manfaat bagi tubuh. salah satunya meningkatkan kuaitas tulang. Hal ni dikarenakan permainan ini mengandalkan lompatan yang tinggi, sehingga mampu memberikan tumpuan lebih pada kaki. Sehingga, mampu memberikan kondisi tubuh yang lebih prima dengan kualitas tulang yang baik.

  1. Mampu menurunkan berat badan

Sudah sepatutnya olahraga mampu membantu untuk menurunkan berat pada tubuh. olahraga ini bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan gerakan tubuh yang diberikan mampu memberikan kinerja otot yang lebih, hingga membakar lemak pada tubuh.

  1. Mengurangi tingkat setress

Salah satu manfaat olahraga adalah mengurangi tingkat setress. Hal ini dikarenakan oksigen lebih cepat masuk ke dalam tubuh sehingga mampu melancarkan sirkuasi darah sehingga meningkatkan kinerja jantung. Hal ini mampu memberikan stamina dan mood yang baik bagi tubuh.

READ  BAGAIMANA ASET PERBANKAN INDONESIA?

Di Indonesi banyak sekali klub yang menaungu olahrag bola volley ini. salah satu induk nasional bola volley Indonesia adalah PBVSI. Mereka memberikan kesempatan bagi pemain-pemain professional dari penjuru daerah sehingga mampu membawa nama baik Indonesia bahkan majuke kancah Internasional.

Olahraga volley juga tidak memandang usia dan gender. Usia berapapun, olagraga ini bisa diikuti, bahkan perempuan sekalipun, dan melahirkan pemain-pemain professional. Olahraga volley ini masih terus dikembangkan di Indonesia, dan terus mencari bibit-bibit pemain yang bersedia dari penjuru daerah Indonesia, untuk mempersiapka kompetisi nasional hingga internasional.

Sejarah Bola Voly

Bola voli ditemukan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan, direktur fisik Young Christian Christian Association (YMCA) di Holyoke, Massachusetts. Ini dirancang sebagai olahraga internal untuk pebisnis yang menemukan permainan basket baru terlalu kuat.

Morgan menyebut olahraga itu “mintonette”, jadi seorang profesor dari Springfield College di Massachusetts mencatat sifat bola voli dan menyarankan nama “bola voli.” Aturan aslinya ditulis oleh Morgan dan dicetak dalam edisi pertama Buku Pegangan Resmi Liga Atletik Remaja Putra di Amerika Utara (1897).

Permainan segera terbukti memiliki daya tarik luas untuk kedua jenis kelamin di sekolah, taman bermain, militer, dan organisasi lain di Amerika Serikat, dan kemudian diperkenalkan ke negara lain.

Pada tahun 1916 peraturan dikeluarkan bersama oleh YMCA dan National College Athletic Association (NCAA). Kompetisi nasional pertama di Amerika Serikat dilakukan oleh Komite Pendidikan Jasmani YMCA Nasional di Kota New York pada tahun 1922.

Asosiasi Bola Voli Amerika Serikat (USVBA) dibentuk pada tahun 1928 dan diakui sebagai peraturan, badan pengelola Amerika Serikat.

Dari tahun 1928, USVBA, sekarang dikenal sebagai Voli Amerika Serikat (USAV) ​​- mengadakan turnamen voli putra dan putri (usia 35 tahun ke atas) kecuali pada tahun 1944 dan 1945. Bagian wanita dimulai pada tahun 1949 dan divisi wanita senior (usia 30 dan lebih tua) ditambahkan pada tahun 1977.

READ  Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Acara nasional lainnya di Amerika Serikat dijalankan oleh anggota USAV seperti YMCA dan NCAA.