Pengertian Olahraga Futsal dan Manfaatnya

Diposting pada
Pengertian Olahraga Futsal dan Manfaatnya
5 (100%) 2 votes

Indonesia memiliki beragam olahraga bola besar yang diminati. Seperti basket, futsal, volley, dll. Futsal merupakan salah satu olahraga yang diminati oleh banyak kaangan. Mulai dari kalangan muda hingga dewasa menyempatkan waktu luang untuk melakukan olahraga ini.

Apa itu Futsal?

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua regu, yang beranggotakan lima orang. dan mencetak poin dengan memasukkan bola ke gol lawan. Futsal dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani, lalu dikembangkan oleh tiap negara karena Teknik yang diberikan sangat menarik perhatian.

Antusiasme Futsal di Beberapa Kalangan

Futsal merupakan olahraga yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, tiap turnamen yang diadakan oleh beberapa kalangan juga mengadakan katogeri futsal, seperti di kalangan mahasiswa memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah bakat dan olahraga sejenak di tengah padat-padantnya kuliah. Dengan adanya turnamen ini, meskipun hanya di tingkat tiap jurusan di kampus tersebut, mampu meningkatkan antusiasme penonton untuk melihat unjuk kebolehan para pemain futsal. Para penonon juga bisa merasakan emosi tiap pemain yang ingin membawa nama baik tim futsal mereka.

Di kalangan nasional kini juga telah ada liga yang menaungi pemain-pemain professional dari penjuru Indonesia, yaitu Liga Futsal Indonesia. Antusias pemain dan juga penonton tidak kalah dengan olahraga sepak bola. Dengan adanya liga ini mampu memberikan wadah bagi pemain-pemain futsal yang siap menghibur penjuru masyarakat Indonesia.

READ  Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi/Haid

Manfaat Olahraga Futsal

Futsal merupakan salah satu jenis olahraga. Dari beberapa olahraga yang ada, pastinya memiliki manfaat yang berbeda. Futsal memiliki banyak manfaat, yaitu :

  1. Melatih kekompakkan

Dari olahraga ini diperlukan kerja sama tim yang baik agar mampu mencetak poin yang diinginkan.

  1. Melatih kekreativitasan

Olahraga futsal juga menuntut pemainnya untuk menciptakan strategi yang paling tepat untuk menghadapi lawan dan mengantark bola ke gol lawan.

  1. Meningkatkan kekuatan fisik

Futsal melibatkan gerakan hamper dari keseluruhan tubuh. sehingga mampu memberikan fisik yang kuat dan diharapkan mampu menjaga stamina tubuh serta menghindari dari penyakit

  1. Menghilangkan setress

Beberapa kalangan menjadikan futsal sebagai sarana untuk berinteraksi lebih dengan teman. Maka dari itu, olahraga ini merupakan salah satu media bagi kalangan untuk berhenti sejenak dari kesibukan yang ada.

  1. Mengisi waktu luang

Bagi beberapa orang memiliki bayak cara untu mengisi waktu lungnya. Bermain futsal merupakan conoh baik untuk mengisi waktu luang. Tidak hanya bermain, namun sekaligus mengatur stimulus otak agar bekerja lebih konsisten lagi sehingg menghindari dari beberapa penyakit mental maupun fisik.

  1. Meningkatka kecepatan berpikir

Pemain dituntut untuk mrngatur strategi sedemikian rupa selama di lapangan. Apalgi waktu yang diberikan tidaklah banyak, yaitu 20 mnit tiap satu kali prtandingan. Hal ini memberikan manfaat bagi pemain untuk meyusun strategi yang tepat dan cepat.