Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan menurut Beberapa Ahli

Diposting pada
Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan menurut Beberapa Ahli
5 (100%) 3 votes

Sumber : galena.co.id

Pengertian PKn

Pendidikan kewarganegaraan sangat diperlukan bagi masyarakat Indonesia. Pendidikan ini dikembangkan semenjak di bangku dasar. Hal ini diharapkan nilai-nilai yang ada dalam Pendidikan ini mampu dipelajari dan diterapkan bagi masyarakat Indonesia. Banyak sekali yang peruli diketahui dari nilai-nilai yang diajarkan dalam Pendidikan kewarganegaraan.

Menurut Pendidikan Kewargaan dan Pendidikan Kewarganegaraan. Azra dan Tim ICCE (Indonesian Center for Civic Education) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Pendidikan kewarganegaraan sejatinya adalah sebuah bentuk pendidikan untuk generasi penerus bangsa Indonesia yang bertujuan agar mereka menjadi warga negara yang berpikir tajam dan sadar mengenai hak dan kewajibannya dalam hidup bermasyarakat dan bernegara. Banyak sekali yang memberikan pengertian sesuai dngan prespektif tiap orang, namun pengertian Pendidikan kewarganegaraan memiliki arti yang baik guna mencapai tujuan yang ada

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan menurut Beberapa Ahli

Menurut Soedijarto

Pengertian pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan yang bertujuan demi  memberikan pembekalan bagi peserta didik agar mejadi seorang warga negara yang memiliki pengetahuan politik secara dewasa serta mampu berpartisipasi dalam membangun sistem politik yang demokratis.

Menurut Merphin Panjaitan

Pengertian Pendidikan kewarganegaraan ialah suatu ilmu demokrasi  yang memiliki sebuah tujuan untuk memberikan pencerdasan bagi generasi penerus supaya menjadi warga negara yang memiliki jiwa yang demokrtis dan tetap berpartisipasi demi bangsa

Menurut Henry Rendall Waite

Pengertian Pendidikan merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan manusia di dalam berbagai perkumpulan ekonomi, politik serta hubungan negara dengan warga negara.

READ  Pengertian Pemanasan Global dan Penyebabnya

Menurut Azyumardi Azra

Pngertian Pendidikan Kewarganegaraan merupakan hal yang mempelajari dan mengkaji serta  segala sesuatu mengenai pemerintahan, lembaga-lembaga demokrasi, konstitusi, rule of law, hak dan kewajiban warga negara serta demokrasi. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter bangsa serta mengikuti perkembangan yang sesuai di era globalisasi

Menurut Kerr

Pengertian Pendidikan kewarganegaraan memiliki sebuah definisi yang luas, memiliki lingkup dan tujuan yang luas bagi penerus bangsa. Intinya, pendidikan kewargganegaraan merupakan segala materi yang ada dalam persekolahan, pengajaran dan belajar, sebagai bagian dari proses mempersiapkan menjadi warga negara yang baik dan sesuai dengan dasaran yang dimiliki Indonesia.

Menurut Permendikbud

Pendidikan kewarganegaraan ialah suatu mata pelajaran yang mempelajari untuk membentuk karakter warga negara agar dapat memahami serta melaksanakan segala hak dan kewajiban sebagai warga negara. Demi menjadikan warga negara yang berkarakter,memiliki ketrampila dan kecerdasan, sesuai dengan sila-sila yang ada pada Pancasila dan pandangan hidup bangsa.

Pengertian dari Pendidikan kewarganegaraan yang diungkapkan oleh beberapa ahli ini memiliki beberapa inti yang sama, bahwa Pendidikan ini sangat diperlukan bagi masyarakat Indonesia untuk membentuk warga yang berkompeten serta mendasar sesuai nilai-nilai yang diajarkan oleh Pendidikan kewarganagaraan ini demi mencapai tujuan yang terkandung dalam pengertian Pendidikan kewarganegaraan.