Pengertian Sistem Informasi Komputer, Lengkap

Diposting pada
Rate this post

Ilmu Komputer adalah bidang yang berkembang pesat yang mencakup berbagai topik, termasuk yang secara tradisional tercakup dalam Teknologi Informasi (TI) dan Ilmu Komputer. Jika Anda sedang bekerja dengan komputer, merancang program dan aplikasi, atau bekerja dengan teknologi yang berkembang seperti forensik digital, keamanan TI, cybercrime, atau desain multimedia, maka sebutan karier di bidang Ilmu Informasi Komputer mungkin tepat untuk Anda.

Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara sistem informasi komputer, ilmu komputer dan teknologi informasi dan bagaimana Anda bisa menjadi jurusan CIS untuk memulai perjalanan profesional Anda ke bidang ini.

Sistem Informasi komputer

Sistem informasi komputer adalah aplikasi teknologi dalam mengelola kebutuhan bisnis, sehingga Anda bisa memanfaatkan keterampilan teknis Anda untuk bekerja dalam lingkungan bisnis. Siswa di jurusan Sistem informasi komputer belajar cara bekerja dengan sistem TI perusahaan untuk menyelesaikan masalah operasi.

Tingkat Sistem Informasi Komputer mirip dengan gelar dalam Teknologi Informasi, tetapi mencakup spektrum topik yang lebih luas, termasuk bisnis. Anda akan memiliki fleksibilitas untuk bekerja untuk bisnis di industri atau wilayah geografis apa pun. Itu kabar baik jika Anda mencoba memutuskan antara gelar dalam bisnis dan gelar cis, karena Anda mungkin dapat memilih keduanya. Gelar cis mengajarkan siswa bagaimana menerapkan pengetahuan teknologi mereka untuk tugas-tugas yang mungkin mereka hadapi di dunia bisnis.

Karier dalam Sistem Informasi Komputer

Pengembang Perangkat Lunak: Pengembang perangkat lunak bertanggung jawab untuk merancang, membuat, dan memperbarui aplikasi komputer. Mereka menganalisis kebutuhan klien mereka dan membuat perangkat lunak berdasarkan tugas yang perlu diperbaiki.

  • Administrator Sistem: Administrator sistem memelihara sistem atau jaringan komputer dengan memastikan bahwa mereka diperbarui, berfungsi dengan baik, dan digunakan secara efektif.
  • Programmer Analyst: Seorang analis pemrogram menulis kode program untuk mengembangkan dan menyesuaikan aplikasi komputer untuk klien mereka.
  • Pengembang Web: Tugas penting pengembang web adalah merancang, membuat kode, dan mengimplementasikan situs web fungsional untuk klien mereka.
READ  Formula dan Fungsi Dasar Microsoft Excel (Part 1)

Berkarir dalam Sistem Informasi Komputer

Agar berhasil dalam karier sistem informasi komputer, ada beberapa keterampilan yang harus Anda miliki. Meskipun mahir dalam pengetahuan komputer dasar adalah titik awal yang bagus, ada beberapa keterampilan lain yang akan terbukti bermanfaat dalam karir Anda. Di bawah ini adalah beberapa keterampilan tambahan bagi mereka yang ingin menyelesaikan gelar ilmu komputer :

  • Latar Belakang yang Kuat dalam Pengkodean Komputer.
  • Keterampilan Komunikasi Tertulis / Lisan.
  • Berpikir Analitis.
  • Kemampuan Memecahkan Masalah.
  • Kemampuan organisasional.

Apa itu Ilmu Komputer?

Ilmu Komputer adalah studi tentang pemrograman dan komputasi. Gelar ilmu komputer akan memberi Anda keterampilan dasar yang Anda perlukan untuk mengejar karir di bidang pengkodean atau pemrograman komputer. Anda akan memiliki pemahaman yang baik tentang teori di balik proses yang terlibat dalam membuat program dan aplikasi komputer.

Anda mungkin menemukan diri Anda membandingkan sistem informasi komputer vs ilmu komputer. Sementara keduanya saling tumpang tindih, program ilmu komputer umumnya memberi siswa pengetahuan yang lebih menyeluruh dan kompleks tentang desain komputer dan proses komputasi. Jurusan ilmu komputer dapat berharap untuk memiliki aspek teknis dan fungsional teknologi yang lebih mendalam yang membentuk komputer dan perangkat lainnya.

Gelar dalam ilmu komputer kemungkinan akan membutuhkan banyak matematika, karena Anda akan menyelami algoritma yang membuat kode berfungsi. Anda juga harus analitis, karena Anda akan menghabiskan waktu memodelkan dan menganalisis masalah, serta menangani dan memanipulasi informasi. Anda mungkin akan bekerja secara mandiri, menerapkan algoritme yang kompleks dan menulis kode yang membuat proses komputer lebih efisien.

Karir dalam Ilmu Komputer

Software Engginer

Software Engginer atau Perancang perangkat lunak bertanggung jawab untuk mengembangkan perangkat lunak baru dan memperbarui perangkat lunak lama yang digunakan pada komputer dan perangkat lain.

READ  Tips dan Trik Menggunakan Microsoft Excel di Android

Information Security Analyst 

Seorang analis informasi keamanan melindungi dan mendeteksi ancaman dunia maya terhadap data dan informasi pribadi untuk organisasi.

Database Administrator 

Administrator database bertugas mengawasi data perusahaan, melindunginya dari ancaman, melakukan pembaruan yang diperlukan dan secara keseluruhan, memelihara database sehingga perusahaan berjalan dengan lancar.

Computer Hardware Engineer

Seorang yang mendalami perangkat keras komputer, meneliti, merancang, memperbaiki, dan memperbarui perangkat keras fisik yang diperlukan agar komputer dan perangkat dapat beroperasi.

 

Keahlian untuk Berkarir dalam Sistem Informasi Komputer

Apa pun spesialisasi yang Anda pilih untuk dikejar di bidang sistem informasi komputer, ada beberapa keterampilan yang penting untuk berhasil dalam karier apa pun yang Anda pilih.

  • Berpikir Analitis.
  • Kemampuan berkomunikasi.
  • Kreativitas.
  • Berorientasi Detail.
  • Abilityi Pemecahan Masalah.
  • Memprogram Pengetahuan Bahasa.

 

Apa itu Teknologi Informasi ?

Teknologi Informasi adalah aplikasi praktis dari teknologi. Sebagian besar bisnis memiliki tim profesional IT yang bertanggung jawab untuk mengelola infrastruktur dan aset TI perusahaan. Perbedaan antara Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi adalah ilmuwan komputer merancang dan mengembangkan program perangkat lunak yang digunakan dan dipelihara oleh para profesional IT.

Spesialis IT mengambil apa yang telah mereka pelajari tentang komputer dan menerapkan pengetahuan itu dalam bisnis di semua industri. Tim IT dalam bisnis apa pun biasanya terdiri dari spesialis di bidang-bidang seperti pengembangan perangkat lunak, dukungan desktop, dan keamanan jaringan.

Dalam program Study Teknologi Informasi, Anda kemungkinan tidak akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pemrograman, tetapi Anda akan belajar pemrograman dasar dan dapat memilih untuk berspesialisasi dalam bidang-bidang seperti manajemen basis data, jaringan, atau keamanan. Karier di bidang TI akan memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan rekan kerja setiap hari, membantu menyelesaikan masalah teknis mereka di tempat kerja.

READ  Membuat Diagram di Microsoft Excel

Jika Anda berencana untuk belajar IT, Anda harus berorientasi pada orang dan sabar. Keahlian layanan pelanggan yang baik akan membantu membina hubungan kerja yang positif dengan rekan kerja Anda. Ini penting karena mereka akan bergantung pada Anda untuk menjaga teknologi organisasi berjalan dengan lancar.

Karir di Teknologi Informasi

  • Technical Support : Spesialis dukungan teknis biasanya merupakan posisi entry-level dalam bidang teknologi informasi dan mereka bertanggung jawab untuk memiliki pengetahuan dasar teknologi untuk membantu pelanggan dengan masalah perangkat lunak / perangkat keras dan mendidik mereka tentang tren teknologi terkini.
  • IT Project Manager : Manajer proyek TI bertanggung jawab untuk mengembangkan dan melaksanakan tujuan teknologi perusahaan.
  • Network Engineer : Insinyur jaringan mengawasi komputer dan infrastruktur jaringan perusahaan untuk memastikan produktivitas online.
  • Konsultan IT : Seorang konsultan IT bekerja untuk perusahaan konsultan atau secara mandiri, dan memberikan klien dengan saran teknis untuk menyesuaikan dan meningkatkan lingkungan kerja mereka.

 

Skills atau Keterampilan untuk Berkarir di Teknologi Informasi

Agar berhasil dalam karier teknologi informasi, ada beberapa keterampilan yang harus Anda miliki. Meskipun mahir dalam pengetahuan komputer dasar adalah titik awal yang bagus, ada beberapa keterampilan lain yang akan terbukti bermanfaat dalam karir Anda.

Di bawah ini adalah beberapa keterampilan tambahan bagi mereka yang ingin menyelesaikan gelar teknologi informasi:

  • Manajemen proyek
  • Pengetahuan Perangkat Lunak
  • Berpikir Analitis
  • Kemampuan Memecahkan Masalah
  • Keterampilan teknis