Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani

Rate this post

Pengertian Pendidikan Jasmani

Pendidikan Jasmani terdiri dari kata pendidikan dan jasmani, Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan perilaku atau tingkah laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan (KBBI,1989). Jasmani adalah tubuh atau badan (fisik). Yang dimaksud jasmani di sini bukan hanya badan saja tetapi keseluruhan tubuh manusia karena antara jasmani dan rohani tidak dapat dipisah-pisahkan.

Tujuan Pendidikan Jasmani

  1. Mengembangkan ketrampilan dalam pengelolaan diri pada upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup yang sehat melalui bermacam macam aktivitas jasmani dan olahraga yang dapat dilakukan.
  2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis agar menjadi lebih baik.
  3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar pendidikan jasmani.
  4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui nilai-nilai yang terkandung didalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
  5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri serta demokratis.
  6. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, keselamatan orang lain dan lingkungan sekitar.
  7. Memahami beberapa konsep aktivitas jasmani dan olahraga yang berada di lingkungan bersih sebagai salah satu informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat serta kebugaran jasmani, sikap terampil, serta memiliki sikap yang positif.

Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani

  1. Permainan dan olahraga. Diantaranya adalah seperti berikut : olahraga tradisional,  berbagai macam permainan. eksplorasi gerak, keterampilan dibidang lokomotor dan non-lokomotor, serta manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan bela diri, serta aktivitas lainnya.
  2. Aktivitas pengembangan. Diantaranya adalah seperti berikut : mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya.
  3. Aktivitas senam. Diantaranya adalah seperti berikut : ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya.
  4. Aktivitas ritmik. Diantaranya adalah seperti berikut : gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya.
  5. Aktivitas air. Diantaranya adalah seperti berikut : permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya.
  6. Pendidikan luar kelas. Diantaranya adalah seperti berikut : piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah dan lain lain.
  7. Diantaranya adalah seperti berikut : penerapan budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, seprti hal yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan sekitar agar mencapai hidup sehat, dalam hal memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera ringan, mengatur waktu istirahat yang tepat serta berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS serta banyak hal lain lagi.
READ  Penyebat Sakit Kepala dan Type Sakit Kepala

Ternyata dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani terdapat banyak sekali ruang lingkupnya. Pendidikan Jasmani bukan hanya sekadar berolahraga, tetapi terdapat poin-poin untuk mengatur dan menjaga kebugaran tubuh.