Pengertian Gelombang dan Macam Gelombang Lengkap

Pengertian Gelombang dan Macam Gelombang Lengkap
4.8 (96%) 5 votes

Pengertian Gelombang dan Macam Gelombang

Makna Gelombang yaitu Sebuah getaran yang merambat melalui media perantara atau tanpa media perantara.

Macam  Gelombang

  1. Menurut Medium Perambatan
  • Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium perambatan.

Misalnya : Gelombang slinki, Gelombang Bunyi, Gelombang Tali.

  • Gelombang elektromagnet adalah gelombang yang tidak memerlukan medium dalam perambatannya.

Misalnya : gelombang cahaya.

 

  1. Menurut Arah Getaran
  • Gelombang Transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegal lurus terhadap arah getarannya. gelombang transversal hanya dapat terjadi pada benda padat. dalam gelombang ini akan terjadi bukit dan lembah gelombang.

Misalnya: gelombang pada air dan gelombang tali

  • Gelombang Longitudinal yaitu gelombang yang arah getarannya berhimpitan dengan arah rambatnya. gelombang longitudinal terjadi karena ada rapatan dan renggangan. perapatan dan perenggangan dapat terjadi pada semua wujud zat. jadi gelombang longitudinal dapat merambat pada zat padat, cair maupun gas.

Misalnya gelombang longitudinal adalah : gelombang slinki.

  1. Menurut Amplitudo.
  • Gelombang berjalan adalah gelombang yang memiliki amplitudo tetap di setiap titik yang dilalui. Misalnya : gelombang pada tali.
  • Gelombang Stasioner yaitu gelombang yang memiliki amplitudo tidak tetap / berubah ubah pada setiap titik yang dilalui. Misalnya : gelombang pada dawai gitar yang dipetik.

Arti Pengertian Gelombang Longitudinal

Gelombang Longitudinal ialah gelombang yang mempunyai arah getaran yang sama dengan arah rambatan. jadi arah gerakan medium gelombang sama atau berlawanan arah dengan perambatan gelombang. Gelombang longitudinal mekanis bisa disebut sebagai gelombang mampatan atau gelombang kompresi.

Contoh dari gelombang longitudinal yaitu gelombang suara dan gelombang seismik yang disebabkan oleh gempa tektonik dan ledakan.

READ  Sifat Koligatif Larutan, Rumus dan Penjelasannya

Gelombang bunyi

Manusia  bisa mendengar  gelombang bunyi dengan frekuensi antara 20 Hz sampai dengan 20 KHz, sedangkan frekuensi dibawah 20Hz biasa disebut Gelombang infrasonic.

Gelombang infrasonic adalah Gelombang bunyi dengan frekuensi di bawah 20 Hz, Misalnya gempa bumi. Gelombang bunyi yang melebihi frekuensi 20  KHz biasa disebut gelombang ultrasonik.

Beberapa paparan Gelombang longitudinal,  sering disebutkan sebagai gelombang yang memiliki arah yang sama atau berlawanan dengan arah sebagai pengiriman energi. gelombang yang mengikuti jalan yang sama atau jalur yang berlawanan sebagai jalur pengiriman energi. Jadi, jika energi sedang dikirim dari kiri ke kanan, maka gelombang akan balik berjalanan kanan ke kiri atau sebaliknya dan Gelombang longitudinal membutuhkan media untuk dapat berjalan.

Tags: