Pengetahuan Dasar Tentang Gerak Dalam Ilmu Fisika

Pengetahuan Dasar Tentang Gerak Dalam Ilmu Fisika
5 (100%) 1 vote

Gerak berarti melakukan perubahan atau perpindahan. Setiap makhluk hidup yang normal dan tumbuh pasti mengalami yang dinamakan gerak. Manusia bergerak maju dengan menggunakan kakinya, hewan bergerak untuk mencari makan dan tumbuhan bergerak tumbuh ke atas mengikuti cahaya matahari. Itulah contoh-contoh gerak yang dapat dilakuakan oleh makhluk hidup di bumi.

A. Definisi Gerak

Gerak secara umum didefinisikan sebagai perpindahan yang terjadi pada suatu benda terhadap benda lain. Suatu benda dikatakan bergerak jika benda tersebut berpindah posisi. Untuk pengertian gerak sendiri, ada beberapa ahli dari berbagai ilmu yang mendefinisikan gerak tersebut, sebagai berikut.

1. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dari kamus besar yang sudah menjadi panduan untuk bahasa Indonesia ini menyatakan bahwa gerak adalah peralihan tempat ataupun kedudukan, sekali maupun berulang kali. Dari sini dapat disimpulkan bahwa jika tidak berpindah tempat maka tidak dapat dinamakan sebagai gerak.

2. Menurut ilmu biologi

Dari ilmu biologi, gerak merupakan sinyal utama dari suatu makhluk hidup jika makhluk hidup tersebut hidup. Gerak dalam ilmu biologi merupakan salah satu bagian merespon rangsangan yang diterima oleh makhluk hidup. Ilmu biologi yang merupakan ilmu makhluk hidup maka gerak di sini diatikan sedikit berbeda dari ilmu lain.

READ  Gaya Gesek, Pengertian, Sifat, Jenis, Rumus, serta Keuntungan dan Kerugiannya

3. Menurut ilmu fisika

Ilmu fisika mendefinisikan gerak sebagai proses perpindahan benda dari tempat satu ke tempat lainnya. Berpindahnya benda ini juga ditandai dengan usaha benda tersebut untuk beraloh dari tempat semula.

4. Menurut J. Untoro

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengertian gerak d atas, J. Untoro menerangkan bahwa gerak adalah perubahan kedudukan terhadap suatu titik acuan (titik acuan yang menjadi patokan benda tersebut). Acuan sama artinya dengan tujuan. Berpindahnya benda pasti memiliki tujuan.

Dari keempat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa gerak adalah perpindahan benda dari titik acuan (awal) ke titk acuan lainnya (tujuan).

B. Macam-Macam Gerak

Selain memiliki definisi umum tentang gerak, gerak juga terdiri dari bermacam-macam jenisnya. Adapun macam-macam gerak tersebut sebagai berikut:

1. Gerak semu (relatif)

Yang pertama kali disebutkan adalah gerak semua atau relatif. Sudah dapat disimpulkan dari nama gerak tersebut bahwa semu adalah tidak sebenarnya atau ilusi. Gerak semu merupakan gerak yang tidak benar-benar terjadi atau hanya semu belaka. Contoh gerak semua adalah ketika kita naik kendaraan (bis atau mobil) kita melihat seolah-olah rumah ataupun pohon yang kita lewati bergerak mengikuti kita. Padahal sebenarnya rumah ataupun pohon tersebut diam dan hanya bergerak karena tiupan angin semata. Gerak rumah dan pohon inilah yang disebut gerak semu. Contoh lain gerak semua adalah fatamorgana yang merupakan refleksi dari matahari, yang kadang menipu mata kita.

2. Gerak ganda

Gerak ganda seperti halnya nama geraknya adalah berarti dua atau dobel atau bersamaan terjadinya. Gerak ganda adalah gerak benda yang terjadi secara bersamaan dengan benda sekitarnya. Contohnya adalah ketika orang yang sedang berjalan di dalam kereta api yang sedang melaju meninggalkan stasiun maka terjadi 2 gerakan (gerak ganda) yaitu gerak terhadap kereta dan gerak terhadap stasiun.

READ  Momen Inersia, Pengertian dan Penerapannya

3. Gerak lurus

Gerak lurus ini sangant familiar dengan mata pelajaran fisika. Gerak lurus adalah gerak suatu benda melalui lintasan garis lurus. Contoh dari gerak lurus ini adalah gerak rotasi bumi, gerak apel yang jatuh ke tanah, dan sebagainya. Gerak lurus ini selanjutnya dibedakan lagi menjadi dua macam gerak lurus, yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Kedua gerak lurus tersebut akan diuraikan penulis di bawah ini:

4. Gerak lurus beraturan (GLB)

Gerak ini adalah gerak benda yang lurus beraturan dengan kecepatan yang tetap dan stabil. Ciri khas gerak ini adalah kecepatan yang digunakan tidak mengalami perubahan. Contoh dari gerak lurus beraturan ini adalah sebagai berikut:

  • Kereta api yang melaju lurus melalui rel dengan kecepatan yang konstan.
  • Mobil yang bergerak lurus seama perjalanan di jalan tol, tentunya dengan kecepatan yang sama.
  • Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)

Gerak ini dipengaruhi dengan kecepatan benda yang berubah ubah serta gerak dari benda tersebut yang juga berbah-ubah. Jadi, definisi gerak lurus berubah beraturan adalah gerak dari suatu benda yang tidak beraturan dengan kecepatan yang berubah-ubah dari waktu ke waktu. Contoh dari gerak lurus berubah beraturan ini adalah sebagai berikut:

  • Gerakan jatuhnya tetesan air hujan dari atap rumah ke tanah.
  • Mobil yang dipacu di jalannan yang lurus dari mulai awal (berhenti).

C. Aplikasi Gerak Lurus Beraturan (Glb) Dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (Glbb)

Aplikasi sama dengan penerapan. Jadi pada poin ini akan diulas beberapa penerapan dari gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB).

1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Laju kereta api pada rel dengan kecepatan sama. Dikarenakan kecepatan dari kereta api yang sama maka dapat dipastikan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api tersebut adalah juga sama. Sehingga, para penumpang dapat menunggu kereta yang sama dengan waktu yang sama pada stasiun yang sama pula. Semua transportasi yang mempunyai jadwal keberangkatan dan kedatangan, selain kereta api, adalah mempunyai kecepatan sama serta transportasi tersebut menerapakan gerak lurus beraturan. Contoh lain selain kereta api adalah pesawat terbang dan bis antar kota dalam provinsi yang melakukan perjalanan jauh.

READ  Pengertian Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

Contoh gerak lurus berubah beraturan yang terdapat aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari adalah:

  • Air terjun

Air terjun ini adalah contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang dipercepat. Mengapa demikian? Karena tekanan air yang turun ke bawah denga kecepatan air yang semakin bertambah serta pada saat itu juga terjadi perubahan yang konstan pada kecepatannya.

  • Pengereman mobil mendadak

Sedangkan penegereman pada mobil yang tiba-tiba atau mendadak merupakan contoh GLBB yang diperllambat. Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi ketika direm maka terjadi perubahan mendadak pada kecepatan yang tadinya berlangsung konstan. Inilah yang disebut Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) diperlambat.

Demikian contoh aplikasi dalam kehidupan kita sehari-hari dari Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Masih terdapat contoh lain yang serupa dan belum dapat penulis tuliskan. Semoga contoh di atas sudah dapat mewakili secara utuh tentang gerak.

Pengertian gerak, macam-macam gerak beserta aplikasi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari di atas merupakan sebagian informasi yang bisa membantu pembelajaran untuk memahami, khususnya tentang gerak. Artikel ini dapat digunakan untuk tambahan informasi dan dapat ditambahkan dengan informasi lain yang didapat dari sumber penunjang lain. Gerak merupakan hal yang biasa dilakukan makhluk yang mempunyai nyawa ataupun diberi sesuatu sehingga dapat menghasilkan gerak.