Pengertian : Penyakit Anemia, gejala dan penyebab

Diposting pada
Pengertian : Penyakit Anemia, gejala dan penyebab
5 (100%) 1 vote

Penyakit Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi medis dimana penderitanya kekurangan sel darah merah sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuhnya. Nah, karena kurangnya oksigen tersebut, penderita anemia otomatis lebih cepat merasa lelah dan lemah.

Anemia sendiri memiliki banyak tipe yang masing-masing memiliki penyebabnya sendiri. Penyakit anemia ini bisa bersifat sementara atau jangka panjang, dari ringan hingga berat. Anemia juga merupakan tanda peringatan untuk penyakit yang lebih serius lagi, sehingga penderitanya disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Itu dia sedikit pengenalan tentang Anemia. Perawatannya bervariasi mulai dari sekadar mengonsumsi suplemen hingga ke prosedur medis yang kompleks. Lalu, bagaimana gejala-gejala Anemia? Simak bahasan selengkapnya berikut ini.

Gejala

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Anemia sangat bervariasi bergantung pada penyebabnya, yang mana setiap penyebab tersebut memiliki tanda dan gejala khususnya masing-masing. Secara umum, tanda-tanda penderita terjangkit Anemia yaitu:

  1. Kelelahan

  2. Kelemahan

  3. Kulit pucat/kekuningan

  4. Sesak nafas

  5. Detak jantung tak teratur

  6. Nyeri di bagian dada

  7. Pusing

  8. Tangan dan kaki mendingin

Mungkin pada awalnya Anemia sangat ringan sehingga Anda tidak menyadarinya sama sekali. Namun, seiring berjalannya waktu Anemia bisa memburuk lho.

Kalau begitu, kapan sebaiknya penderita Anemia pergi ke dokter?

Jika Anda mendadak lelah dan tidak tahu penyebabnya saja, Anda sudah disarankan untuk mengunjungi dokter. Memang kelelahan tidak selalu pertanda Anemia, namun jika Anda merasa tidak ada hal signifikan yang seharusnya membuat Anda merasa kelelahan, bisa jadi Anda seorang penderita.

READ  Pentingnya Vitamin B12

Hal lain yang bisa Anda ketahui penyebabnya adalah jika Anda ingin mendonorkan darah, lalu setelah pengecekan Anda “dilarang” mendonor karena hemoglobin yang rendah, maka itu bisa jadi pertanda Anemia. Segera hubungi dokter.

Penyebab Anemia

Secara medis, Anemia terjadi ketika darah penderitanya tidak memiliki cukup sel darah merah seperti yang dijelaskan di atas. Akan tetapi, secara umum penyebab Anemia lainnya adalah:

  1. Pendarahan sendiri dapat menyebabkan penderitanya kehilangan sel darah merah lebih cepat daripada yang bisa diganti.
  2. Adanya “kelainan” dalam tubuh yaitu tubuh penderitanya sendiri melakukan lisis atau penghancuran sel darah merahnya.

Nah, kenapa sih sel darah merah ini begitu penting?

Tubuh manusia memproduksi tiga jenis darah yaitu sel darah putih (leukosit) untuk melawan infeksi, trombosit (keping darah) untuk membantu pembekuan darah, serta sel darah merah (eritrosit) untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Sel darah merah ini mengandung hemoglobin, suatu protein kaya zat besi yang membuat darah berwarna merah. Hemoglobin tersebut membantu sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Di sisi lawannya, hemoglobin ini juga membawa karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru untuk dihembuskan dalam proses respirasi.

Sumsum tulang merupakan bagian tubuh yang secara teratur memproduksi sel darah, termasuk sel darah merah. Untuk menghasilkan hemoglobin dan sel darah merah tersebut, tubuh membutuhkan zat besi, vitamin B-12, Folat, dan nutrisi-nutrisi lainnya dari makanan yang dimakan tubuh.

Jika aktivitas produksi ini terganggu dan menyebabkan produksi sel darah merah serta Hemoglobin menurun, maka tubuh memiliki potensi besar untuk menderita penyakit Anemia. Maka dari itu, tubuh kita harus rutin mengonsumsi makanan yang mengandung unsur-unsur untuk pembentukan sel darah merah serta Hemoglobin.

READ  Pengertian Olahraga Kardio, Jenis dan Manfaatnya

Nah, demikian penjelasan awal tentang penyakit Anemia. Untuk informasi tentang jenis-jenis Anemia dan pengobatannya, mari kita membahasnya di artikel selanjutnya ya.

 

Baca Juga >>> Pengertian Penyakit Mesothelioma