Pentingnya Memberikan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Pada Remaja

Pentingnya Memberikan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Pada Remaja
5 (100%) 1 vote

Sumber gambar: Pixabay

Kesehatan Reproduksi

Kesehatan reproduksi penting untuk mulai dijaga sejak dini, tidak perlu menunggu dewasa. Remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju ke dewasa dan inilah waktu yang krusial untuk seorang manusia mulai memperhatikan kesehatan reproduksi mereka.

Seperti yang diketahui, remaja adalah masa dimana seseorang punya rasa ingin tahu yang besar dan cenderung ingin untuk mengeksplorasi lebih jauh dunianya. Kerap kali keinginan untuk mengeksplorasi banyak hal tidak dibarengi oleh remaja dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang. Sehingga kadang kala berujung pada terjadinya tindakan-tindakan yang beresiko tinggi. Apabila hal tersebut terus dibiarkan begitu saja tanpa adanya perhatian maupun mengawasan, maka permasalahan yang berarti akan semakin muncul.

Tidak sedikit kesehatan reproduksi disalahartikan terlalu sempit hanya soal hubungan seksual saja yang berujung pada banyaknya orang akhirnya enggan untuk membahas hal ini dan memberikan pengetahuan kepada para remaja. Padahal kenyataannya kesehatan reproduksi bukan sekedar itu saja. Reproduksi menjadi bagian penting pada diri manusia yang kesehatannya harus dapat dijaga dengan baik dan hal ini patut untuk dipahami sejak dini oleh para remaja.

Masa Remaja

Masa remaja yang merupakan masa pubertas menjadikan mereka sadar akan potensinya serta jadi lebih ekspresif dalam hal mengeksplorasi organ serta perilaku seksualnya. Persepsi soal kesehatan reproduksi dan juga seksualitas yang tidak lurus akan beresiko besar untuk membawa remaja pada penyimpangan perilaku seksual. Hal itu akan berlanjut pada adanya resiko remaja mengalami penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksi mereka dan jelas hal itu akan membahayakan kesehatan mereka.

Tidak dapat dipungkiri bahwa di era sekarang ini masih banyak para remaja yang takut untuk cari tahu lebih banyak mengenai kesehatan reproduksi. Bahkan membicarakannya dengan orang tua mereka. Kondisi yang demikian ini haruslah dapat diminimalisir.

READ  Fertilisasi dan Menstruasi pada Reproduksi Manusia

Peran Orang Tua

Orang tua sendiri dalam hal pendidikan kesehatan reproduksi pada remaja tentu memegang peranan yang sangat penting. Mengingat bahwa orang terdekat mereka adalah orang tua. Menjadi orang tua penting untuk lebih intensif kepada anak mereka yang sudah memasuki usia remaja agar ditanamkan nilai-nilai moral yang baik. Salah satunya adalah memberikan pendidikan kesehatan reproduksi kepada mereka.

Memberikan pengetahuan terkait kesehatan reproduksi kepada remaja dapat mencakup banyak sekali aspek. Mulai dari pentingnya menjaga organ-organ reproduksi di dalam diri mereka agar tidak menimbulkan infeksi ataupun penyakit yang membahayakan kesehatan, kemudian menyampaikan seperti apa bahayanya pergaulan bebas, bahayanya hubungan seksual di luar nikah yang tidak hanya beresiko pada kesehatan fisik saja, namun juga dapat mempengaruhi ketidaksiapan mental. Selain itu juga mengajarkan kepada mereka seperti apa seharusnya pergaulan yang baik dengan lawan jenisnya.

Orang tua disarankan dalam hal memberi pengetahuan terkait kesehatan reproduksi kepada anak yang sudah memasuki usia remaja adalah menerapkan prinsip kasih sayang dan keterbukaan. Hal ini dapat membuat mereka lebih nyaman untuk membuka diri menyampaikan maupun mengekplorasi untuk belajar lebih banyak soal kesehatan reproduksi.

Nah, orang tua sendiri dalam hal memberikan informasi kesehatan reproduksi agar dapat secara efektif, maka perlu untuk menyaring sumber-sumber informasi supaya pengetahuan yang disampaikan pada anak adalah informasi yang akurat. Sehingga kekhawatiran dan kecemasan pun tidak menyelimuti mereka.

Tags: