Pentingnya Pengertian Pendidikan Pancasila

Diposting pada
Pentingnya Pengertian Pendidikan Pancasila
5 (100%) 1 vote

Pengertian Pendidikan Menurut Ahli

Menurut Doktor Imu Pendidikan Nurkholis, Pendidikan adalah suatu proses yang mencakup tiga dimensi, individu, masyarakat atau komunitas nasional dari individu tersebut, dan seluruh kandungan realitas, baik material maupun spiritual yang memainkan peranan dalam menentukan sifat, nasib, bentuk manusia maupun masyarakat.

Pendidikan snagat perlu dikembangkan demi memberikan kualitas yang lebih baik bagi diri seseorang. Diperlukan pelu Pendidikan mengenai pedidikan Pancasila yang perlu dimengerti demi menjadikan seseorang terebut menjadi masyarakat Indonesia yang lebih baik. Pembekalan tentang Pendidikan Pancasila ini telah dibekali sejak dini guna memberikan kesadaran lebih awal bagi calon-calon penerus bangsa. Serta, adanya pembekalan ini mampu memberikan arahan hidup bagi tiap orang, sesuai dengan tujuan Pancasila, yaitu sebagai pedoman hidup

Pengertian Pendidikan Pancasila

Merupakan Pendidikan mengenai nilai-nilai dasar Indonesia yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku positif seseorang dengan nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila adalah dasar falsafah Negara Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Oleh karena itu, setiap warga Negara Indonesia harus mempelajari, mendalami, menghayati, dan mengamalkannya dalam segala bidang kehidupan. Pancasila telah digunakan sebagai alat untuk memaksa rakyat setia kepada pemerintah yang berkuasa dengan menempatkan pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan bermasyarakat.

READ  Pengertian Pendidikan Inklusif - Bagian 1

Pendidikan Pancasila sangat penting dipelajari oleh tiap orang. hal ini diakrenakan :

  • Dapat memahami, menghayati, dan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sebagai warga negara.

  • Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai masalah dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang hendak diatasi.

  • Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma Pancasila.

 

Menurut Kompasiana, Dalam kehidupan sehari-hari Pancasila menjadi pedoman atau dasar bagi bangsa Indonesia dalam memandang realitas alam semesta,manusia,masyarakat ,bangsa dan Negara tentang makna hidup serta sebagai dasar bagi manusia Indonesia untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam hidup dan kehidupan. Pancasila dalam pengertian ini telah menjadi suatu system cita-cita atau keyakinan-keyakinan (belief system) sehingga dihasilkan ideologi  yang mengandung 3 unsur yaitu :

-Logos (rasionalitas atau penalaran)

-Pathos (penghayatan)

-Ethos (kesusilaan)

Pendidikan Pancasila ini kerap diajarkan semenjak di bangku sekolah dasar, bahkan di bangku perkuliahan pun, Pendidikan pacasila masih terus diberikan guna memupuk dan memperdalam pengetahuan mengenai nilai-nilai yang ada di Pancasila guna sebagai pedoman hidup masyarakat Indonesia. Pemberian bekal mengenai pengertian Pendidikan Pancasila ini tidak melulu didaptakn dari pembelajaran di suatu ruangan, namun bisa dipelejari di suatu kejadian yang berada di sekitar kita yang mampu membentuk nilai-nilai untuk menunjang kepribadian seseorang menjadi lebih baik.

Selain itu, mengapa sampai saat ini Pancasila selalu menjadi dasar negara Indonesia? Perlu diketahui bahwa Pancasila terbentuk oleh berbagai golongan, karakter, bahasa, dan budaya. Sehingga Pancasila-lah yang menjadi salah satu wasilah untuk menyatuhkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.