Pengertian : Penyakit Mesothelioma dan jenisnya

Diposting pada
Pengertian : Penyakit Mesothelioma dan jenisnya
5 (100%) 2 votes

Perilaku biologis mesothelioma dapat dilihat oleh bentuknya yang kasar, bentuk dan strukturnya

Soliter, massa diskrit umumnya jinak, sedangkan yang tumbuh difus biasanya ganas.

Mesothelioma adalah tumor yang muncul dari lapisan mesothelial dari rongga serosa, paling sering menutupi paru-paru (rongga pleura), jarang, pada penutup perut (rongga peritoneum) dan menutupi jantung (kantung perikardial.

 

Jenis Penyakit Mesothelioma

Mesothelioma – Jinak atau Soliter.

Jinak atau soliter juga bisa disebut fibroma pleura. Paparan asbestos tidak memainkan peran pada etiologi mesothelioma jinak. Seluruhnya terdiri dari massa soliter, terbatas, kecil, tegas dan umumnya berdiameter kurang dari satu inci. Jaringan berserat padat dapat dilihat dengan memotong permukaan. Tumor ini tersusun oleh sebagian besar serat kolase dan reticulin dengan fibroblas diselingi. Celah berjajar mesothelial yang tidak biasa terlihat pada tumor. Mesothelioma jinak menyebabkan tumor dikaitkan dengan sindrom sistemik osteoartropati atau hipoglikemia. Pengangkatan tumor umumnya bersifat kuratif.

 

Mesothelioma – Ganas atau difus.

Ini adalah tumor yang sangat ganas dengan mortalitas tinggi dan jarang. Biasanya setelah 20 hingga 40 tahun paparan asbes tumor dapat dideteksi. Hampir 90 persen mesothelioma ganas terkait asbestos.

 

Baca Juga >>> Pengertian Penyakit Anemia

READ  Penyebat Sakit Kepala dan Type Sakit Kepala