Perilaku Sehat dan Kebiasaan Untuk Menuju Hidup Sehat

Rate this post

Perilaku Sehat

Pengertian perilaku sehat menurut Soekidjo Notoatmojo (1997:121) adalah suatu respon seseorang/organisme terhadap stimulus yang berkaitan dengan sakit dan penyakit, sistem pelayanan kesehatan, makanan, serta lingkungan.

Kesehatan menurut UU Kesehatan No. 39 tahun 2009 Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis

Kebiasaan-Kebiasaan Baik untuk Menciptakan Hidup Sehat

Agar kita dapat berperilaku hidup sehat, perlu adanya cara cara yang harus dilakukan. Adapun hal yang seharusnya tidak dilakukan untuk menghidari perilaku buruk. Berikut adalah beberapa caranya.

 Memelihara Kebersihan Pribadi dengan baik.

Sebagai seorang manusia kita harus menjaga kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan dapat dimulai dari kebiasan kita. Contohnya adalah rajin berolahraga, jika kita sering berolahraga membuat tubuh kita semakin sehat. Adapun kebiasan yang dapat menjadikan kita hidup sehat antara lain.

  1. Menjaga Kebersihan Pribadi.

Jangan menggunakan perlengkapan pribadi orang lain seperti handuk, pakaian, sendok, piring, sikat gigi, apalagi milik penderita penyakit menular. Jangan mengadakan kontak langsung atau bergaul rapat dengan orang yang menderita penyakit menular.

  1. Makan Makanan Sehat.

Makanan adalah kebutuhan hidup yang tidak boleh tidak harus dipenuhi dalam kehidupan. Karena makanan dapat menyediakan zat-zat gizi yang diperlukan untuk berbagai proses didalam tubuh kita. Perlu diketahui bahwa tidak ada makanan mengandung semua zat gizi secara komplit. Oleh sebab itu kita perlu  mengkonsumsi aneka ragam  makanan untuk menjamin terpenuhinya kecukupan zat-zat gizi yang kita butuhkan, yaitu zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur.

READ  Penyebat Sakit Kepala dan Type Sakit Kepala
  1. Memelihara Kesehatan Lingkungan

Memelihara berarti menjaga kebersihannya, karena lingkungan kotor dapat menyebabkan sumber penyakit. Manusia selalu hidup dan berada di suatu lingkungan, apakah lingkungan tempat tinggal, lingkungan pekerjaan, lingkungan sekolah, lingkungan tempat berolahraga, maupun lingkungan rekreasi. Manusia dapat mengubah bahkan memperbaiki atau mengembangkan lingkungan untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari lingkungan itu. Sebab di manapun manusia berada harus selalu bersama-sama dan selalu berinteraksi dengan lingkungannya.

Menghindari Kebiasaan Buruk

Kebiasaan yang harus kita hindari untuk memulai perilaku hidup sehat antara lain seperti berikut

  1. Merokok

  • Asap rokok dan merokok adalah membahayakan paru-paru, baik bagi si perokok maupun orang-orang di sekitarnya.
  • Merokok dapat  merusak kerja sistem syaraf kita.
  • Tidak benar bila berhenti merokok dapat bertambah berat badan. (mengendalikan berat badan dapat dilakukan dengan pengaturan makan dan olahraga yang teratur).
  1. Minum alkohol dan obat terlarang.

  • Alkohol dan obat terlarang dapat merusak lambung, hati, jantung dan sistem syaraf.
  • Alkohol dan obat terlarang bila diminum dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, kecanduan dan ketagihan.

Dan masih banyak lagi hal yang tidak diperbolehkan dikarenakan termasuk kebiasaan buruk. Sejatinya kebiasaan buruk itu datang karena beberapa faktor seperti lingkungan, teman, keluarga dan diri sendiri. Semoga kita dapat memilah dan memilih lingkungan yang baik ya.