Perlunya Masyarakat Indonesia Mengetahui Pendidikan Pancasila

Diposting pada
Perlunya Masyarakat Indonesia Mengetahui Pendidikan Pancasila
5 (100%) 3 votes

Pengertian Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu komponen yang paling penting yang perlu dimiliki selama hidup kita. Menurut jurnal yang dituiskan oleh Yuli Sectio mengatakan bahwa Pendidikan adalah segala daya upaya dan semua usaha untuk membuat masyarakat dapat mengembangkan potensi manusia agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, berkepribadian, memiliki kecerdasan, berakhlak mulia, serta memiliki keterampilan yang diperlukan sebagai anggota masyarakat dan warga negara.

Pendidikan Sebagai Usaha

Di samping itu pendidikan merupakan usaha untuk membentuk manusia yang utuh lahir dan batin cerdas, sehat, dan berbudi pekerti luhur. Pendidikan mampu membentuk kepribadian melalui pendidikan lingkungan yang bisa dipelajari baik secara sengaja maupun tidak. Pendidikan juga mampu membentuk manusia itu memiliki disiplin, pantang menyerah, tidak sombong, menghargai orang lain, bertaqwa, dan kreatif, serta mandiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan baik sengaja maupun tidak, akan mampu membentuk kepribadian manusia yang matang dan wibawa secara lahir dan batin, menyangkut keimanan, ketakwaan, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab..

Indonesia menganut system Pendidikan yang wajib dilakukan selama 9 tahun. Di dalam Pendidikan tersebut, diajarkan pula pelajaran mendasar yang menunjang siswa-siswinya untuk mengembangkan pelajaran ataupun minat yang ada. Serta, Pendidikan sangat perlu diperhatikan untuk menunjang pribadi yang lebih baik dan terarah.

Pendidikan Pancasila

Salah satu Pendidikan yang perlu dikembangkan sjak dini ialah Pendidikan mengenai Pancasila. Hal ini diharapkan ilmu ini bisa dipelajari dan diterapkan sebagai masyarakat Indonesia yang lebih baik kelak. Bahkan, Pendidikan ini telah didapatkan semenjak di bangku kelas satu SD.

Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila Cetakan I Tahun 2016 Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ristekdikti, pengertian Pendidikan pansila adalah suatu Pendidikan atau ilmu yang diberika oleh seseorang ataupun sekelompok orang mengenai suatu pembelajaran agar mahasiswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki pengetahuan, kepribadian, dan keahlian Dengan demikian, mahasiswa mampu memberikan kontribusi yang konstruktif dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dengan mengacu kepada nilai-nilai Pancasila.

READ  Pengertian Olahraga Futsal dan Manfaatnya

Pendidikan ini perlu diterapkan selama 9 tahun wajib belajar di Indonesia. Maka dari itu, akan selalu ditemui pembelajaran menganai dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Diharapkan masyarakat Indonesia bisa berpegang teguh dengan Pancasila, serta bisa menerapkan Pendidikan Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Menurut Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila Cetakan I Tahun 2016 Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ristekdikti, pancasila memiliki satu fungsi, yaitu  salah satu pedoman hidup masyarakat Indonesia. Diharapkan Pancasila mampu memberikan tuntunan atau panduan kepada setiap warga negara Indonesia dalam bersikap dan bertingkah laku.

Pancasila sebagai system etika, dimaksudkan untuk mengembangkan dimensi moralitas dalam diri setiap individu sehingga memiliki kemampuan menampilkan sikap spiritualitas dalam kehidupan bermasycarakat, berbangsa, dan bernegara. Mahasiswa sebagai peserta didik termasuk anggota masyarakat ilmiah-akademik yang memerlukan sistem etika yang orisinal dan komprehensif agar dapat memberikan suatu keputusan terbaik dalam suatu case kejadian.

Sebab keputusan  yang diambil tanpa pertimbangan moralitas, dapat menjadi timbal balik bagi dunia ilmiah itusendiri sehingga menjadikan dunia ilmiah itu hampa nilai.Dengan demikian, masyarakat Indonesia dapta mengembangkan karakter yang sesuai  dengan sila-sila  Pancasilais seperti,  sikap yang positif, seperti jujur, disiplin, tanggung jawab, mandiri, dan lainnya.

Maka dari itu, Pendidikan Pancasila perlu dipegang teguh selama menjadi masyarakat Indonesia.