Persiapan Menyambut Ramadhan

Persiapan Menyambut Ramadhan
5 (100%) 1 vote

Tidak terasa dalam waktu satu minggu lagi kita akan segera berjumpa dengan bulan yang mulia, bulan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia, dan bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik daripada 1000 bulan yakni bulan ramadhan.

Untuk menyambut ramadhan tentunya ada banyak hal yang harus kita persiapkan agar kita bisa menjalankan ibadah dengan maksimal selama bulan ramadhan.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menyambut Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang dipenuhi dengan ibadah dan ketaatan seperti melaksanakan puasa selama sebulan penuh, tilawah Al-Qur’an, shalat tarawih, sholat malam, mengikut kajian, dan bersedekah.

Agar dapat memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan maksimal untuk taat kepada Allah dan menjauhi langkah-langkah setan yang selalu berupaya untuk menjerumuskan manusia untuk melakukan maksiat, kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk menyambut ramadhan.

  1. Keimanan

Kita tahu bahwa keimanan seseorang itu tidak tetap, kadang bisa naik pun bisa turun. Maka kita perlu mempersiapkan keimanan agar terus meningkat selama bulan ramadhan. Caranya ialah dengan mempersiapkannya dari sekarang.

Dua bulan sebelum ramadhan yaitu bulan Rajab dan Sya’ban merupakan masa pemanasan untuk menyambut bulan ramadhan. Tentu saja kita tidak ingin melewatkan ramadhan berlalu begitu saja dan ingin mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya.

Maka, sejak dua bulan sebelum ramadhan ini, kita berusaha untuk memperbanyak ibadah-ibadah agar keimanan kita terus meningkat ketika bulan ramadhan tiba.

  1. Fisik

Pahala dari ibadah yang kita lakukan di bulan ramadhan berlipat ganda daripada hari-hari biasanya. Umat islam pada bulan ini berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah mereka.

READ  Puasa di Bulan Ramadhan

Agar dapat beribadah dengan lancar dan nyaman, kita perlu menjaga agar fisik tetap sehat dan segar di bulan ramadhan. Maka pada dua bulan sebelum ramadhan ini, mulailah berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar ketika ramadhan tiba, fisik tetap sehat dan dapat beribadah dengan lancar.

  1. Ilmu

Untuk beribadah kita perlu landasan ilmu yang jelas. Kita tidak mungkin beribadah tanpa tau tujuan dan cara dalam beribadah.

Nah, sebelum memasuki bulan ramadhan ini, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan dan memperbanyak ilmu-ilmu seputar ibadah dan amalan-amalan di bulan ramadhan agar hikmah yang kita dapatkan tidak setengah-setengah.

Seringlah membaca, mengikuti kajian, dan berbagi bersama teman yang memiliki pengetahuan lebih seputar keagamaan, dan juga dapat menonton siaran televisi seputar ibadah dan amalan di bulan ramadhan.

  1. Tabungan

Untuk menyambut ramadhan, tidak hanya keimanan, fisik, dan ilmu yang harus kita persiapkan. Kita juga perlu menyiapkan tabungan. Kadang sebagian orang mengeluhkan tentang pengeluaran yang lumayan banyak di bulan ramadhan.

Sebenarnya, keluhan tersebut dapat diatasi dengan menyiapkan tabungan khusus di bulan ramadhan agar dapat bersedekah dengan ikhlas dan tenang di bulan ramadhan.

Jadi ketika ramadhan tiba, kita tidak perlu khawatir tentang makan sahur, takjil, bersedekah tentunya, dan hal sebagainya.

Itulah beberapa persiapan yang harus kita persiapkan untuk menyambut ramadhan yang tinggal beberapa hari ini. Yuk, cek lagi persiapan kita sudah lengkap belum?

Tags: