Puasa di Bulan Ramadhan

Puasa di Bulan Ramadhan
5 (100%) 3 votes

Pengertian Puasa Bulan Ramadhan

Puasa bulan Ramadhan adalah salah satu dari Lima Rukun Islam, Puasa di bulan ramadhan hukumnya wajib bagi seluruh umat Islam, disebutkan dalam surat Al-Baqoroh ayat 183 berbunyi :

“Hаі оrаng-оrаng yang beriman, dіwаjіbkаn atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan аtаѕ оrаng-оrаng ѕеbеlum kаmu аgаr kamu bеrtаkwа”

Larangan saat Ramadhan

Makan, minum, dan hubungan seksual tidak diperbolehkan antara subuh (fajar), dan hingga matahari terbenam (maghrib). Puasa dianggap sebagai tindakan ibadah yang sangat pribadi di mana umat Islam mencari tingkat kedekatan dengan Allah SWT.

Selama Ramadhan, umat Islam juga diharapkan untuk lebih berupaya mengikuti ajaran Islam dengan menahan diri dari kekerasan, kemarahan, kecemburuan, keserakahan, nafsu, kemarahan, gosip, dan dimaksudkan untuk mencoba bergaul satu sama lain lebih baik daripada normal. Semua fikiran cabul dan tidak beragama harus dihindari karena kemurnian pikiran dan tindakan adalah penting.

Yang Tidak Wajib Berpuasa

Berpuasa selama bulan Ramadhan tidak wajib bagi beberapa orang yang akan menimbulkan masalah kesehatan yang fatal, di antaranya orang-orang dengan kondisi medis, sakit dan orang tua jompo.

Anak-anak yang belum baligh tidak diwajibkan berpuasa, meskipun beberapa memilih untuk melakukannya, dan beberapa anak kecil berpuasa selama setengah hari untuk melatih diri mereka sendiri. Jika masa baligh telah tiba, puasa menjadi kewajiban bagi pria dan wanita setelah usia tertentu atau baligh.

Penderita diabetes dan menyusui atau wanita hamil biasanya tidak dibolehkan untuk berpuasa. Menurut sebuah hadits, puasa Ramadhan dilarang untuk wanita yang sedang menstruasi.

READ  Keutamaan-Keutamaan Al Quran yang Perlu Dipelajari

Orang yang biasanya dianggap tidak boleh berpuasa adalah mereka yang berperang, dan yang sedang perjalanan jauh atau musafir yangmenghabiskan waktu kurang dari lima hari jauh dari rumah.

Buka puasa

Setelah seharian berpuasa tibalah saat berbuka, ini dilakukan setelah senja atau Adzan magrib berkumandang yang menandakan waktu di akhirinya ibadah puasa hari itu dan umat islam wajib berbuka puasa dan membatalkanya

Tags: