Rahasia Terbentuknya Benua Dunia – Lengkap

Rahasia Terbentuknya Benua Dunia – Lengkap
5 (100%) 6 votes

Kerak Bumi

Beberapa ilmuan telah mengemukakan sebuah informasi tentang bagaimana benua dihasilkan di Bumi yaitu  lebih dari 2,5 miliar tahun yang lalu dan bagaimana proses itu telah berlanjut dalam 70 juta tahun dengan secara mendalam mempengaruhi kehidupan dan iklim sebuah planet yaitu Bumi.

Para ilmuan ini merinci bagaimana peristiwa geologis aktivitas gunung berapi 10 juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang dikenal sebagai Panama dan Kosta Rika, disini tempat  tersebut menyimpan rahasia pembangunan benua yang ekstrem yang terjadi miliaran tahun sebelumnya.

Penemuan para ilmuan ini memberikan pemahaman baru tentang pembentukan kerak benua Bumi massa batuan yang mengapung yang kaya silika, senyawa yang menggabungkan silikon dan oksigen.

“Tanpa kerak benua, seluruh planet akan tertutup air,” kata Esteban Gazel, asisten profesor geologi di Virginia Tech’s College of Science. “Sebagian besar planet terestrial di tata surya memiliki kerak basaltik yang mirip dengan kerak samudera Bumi, massa benua dan daerah yang berkerak, kerak silikat yang tebal adalah karakteristik unik dari Bumi.”

Massa Benua di planet Bumi

Massa benua di planet ini terbentuk di Archaean Eon, sekitar 2,5 miliar tahun yang lalu. Bumi tiga kali lebih panas, aktivitas vulkanik jauh lebih tinggi, dan kehidupan mungkin sangat terbatas.

Para ilmuwan berpikir bahwa semua kerak benua di planet ini dihasilkan selama ini dalam sejarah Bumi, dan materi tersebut terus-menerus didaur ulang melalui tabrakan lempeng tektonik di kulit terluar planet ini.

Tetapi penelitian baru menunjukkan kerak benua remaja telah diproduksi sepanjang sejarah Bumi.

Para peneliti menggunakan data geokimia dan geofisika untuk merekonstruksi evolusi yang sekarang menjadi Kosta Rika dan Panama, yang dihasilkan ketika dua lempeng samudera bertabrakan dan melelehkan kerak samudera kaya besi dan magnesium selama 70 juta tahun terakhir.

READ  Penyebab dan Tanda Kemunculan Tsunami

Mencairnya kerak samudera awalnya menghasilkan apa yang saat ini adalah pulau-pulau Galapagos, mereproduksi kondisi seperti Achaean untuk menyediakan “bahan yang hilang” dalam generasi kerak benua.

Para peneliti menemukan tanda tangan geokimia dari lava yang meletus mencapai komposisi seperti kerak benua sekitar 10 juta tahun yang lalu. Para ilmuan juga menguji materi dan mengamati gelombang seismik yang bergerak melalui kerak pada kecepatan yang lebih dekat dengan yang diamati di kerak benua di seluruh dunia.

Selain itu, para peneliti memberikan survei global gunung berapi dari busur samudera, di mana dua lempeng samudera berinteraksi. Kepulauan Aleutian barat dan segmen Iwo-Jima dari pulau Izu-Bonin adalah beberapa contoh kerak benua remaja yang telah terbentuk baru-baru ini, kata para peneliti.

“Ini adalah makalah yang menarik yang membuat kasus bahwa andesit mencair disimpulkan berasal pada akhirnya dengan mencairkan lempengan subduksi dalam beberapa busur modern adalah pasangan yang cocok untuk komposisi kerak benua rata-rata,” kata Roberta L. Rudnick, seorang Profesor Universitas Terhormat dan ketua Departemen Geologi di Universitas Maryland, yang tidak terlibat dalam melakukan penelitian. “Para penulis fokus terutama pada Amerika Tengah, tetapi menggabungkan data global untuk memperkuat kasus mereka bahwa pencairan pelat penting dalam kondisi yang tidak biasa dari generasi benua modern – dan mungkin di masa lalu.”

Studi ini menimbulkan pertanyaan tentang dampak global yang dihasilkan kerak benua baru selama berabad-abad, dan peran yang dimainkannya dalam evolusi tidak hanya benua, tetapi kehidupan itu sendiri.

Sebagai contoh, pembentukan jembatan darat Amerika Tengah menghasilkan penutupan laut, yang mengubah cara laut bersirkulasi, memisahkan spesies laut, dan memiliki dampak kuat pada iklim di planet ini.

READ  Pengertian dan Macam - Macam Badai

Artikel ini di tulis kembali dari Sebuah tim peneliti internasional, yang dipimpin oleh geoscientist Virginia Tech. Semoga bermanfaat.

Tags: