Rumus Kecepatan Fisika, Lengkap dengan Contoh

Rumus Kecepatan Fisika, Lengkap dengan Contoh
5 (100%) 1 vote

Kecepatan Fisika

Untuk kali ini akan membahas mengenai rumus dari suatu kecepatan, waktu tempuh, dan jarak tempuh agar lebih paham dan bisa diimplementasikan untuk kehidupan sehari – hari.

  • Kecepatan

Pengertian dari suatu kecepatan tersendiri adalah jarak tempuh dari suatu benda dibagi dengan waktu tempuh. Rumus kecepatan fisika sebagai berikut :

Keterangan:

v = kecepatan (m/s)

s = jarak yang ditempuh (m)

t = waktu tempuh (sekon)

  • Waktu Tempuh

Waktu tempuh adalah berapa lama benda tersebut bergerak hingga suatu benda tersebut berhenti. Cara menghitung waktu tempuhnya yaitu:

Keterangan :

t = waktu tempuh (sekon)

s = jarak yang ditempuh (m)

v = kecepatan (m/s)

  • Jarak Tempuh

Jarak tempuh adalah seberapa jauh yang ditempuh oleh suatu benda tersebut hingga benda tersebut berhenti. Cara menghitung jarak tempuh yaitu:

s = v × t atau bisa dikatakan bahwa jarak tempuh = kecepatan × waktu tempuh

Keterangan :

s = jarak yang ditempuh (m)

v = kecepatan (m/s)

t = waktu tempuh (sekon)

Setelah kita mengetahui pemaparan yang berada di atas mengenai kecepatan, jarak tempuh, dan waktu tempuh maka untuk memahaminya lebih lanjut bias terdapat contoh soal yang berada di bawah ini.

  1. Bapak Budi inginpergi ke kantor mengendarai sepeda motor yang jarak tempuh dari rumah menuju kantornya sejauh 180 km dan ditempuh perjalanannya selama 1 jam. Berapakah kecepatan sepeda motor yang harus dilakukan agar bapak Budi tidak telat menuju kantornya?

Maka kecepatan yang perlu dilakukan oleh bapak Budi adalah 50 m/s agar tidak terlambat menuju ke kantornya.

  1. Bapak Andi ditugaskan oleh kantornyauntuk menuju suatu kota A menggunakan  Bapak Andi berangkat dari kantornya pukul 18.00 WIB sedangkan jarak yang ditempuh untuk menuju kota A yaitu 100 km. Bapak Andi mengendarai kecepatan mobilnya yaitu 20 km / jam. Sampai jam berapa bapak Andi sampai menuju ke kota A?

t = 5000 sekon berarti 1 jam 23 menit 20 sekon maka bapak Andi tiba di kota A adalah jam 19.23 lebih sedikit 20 sekon.

READ  Kumpulan Rumus Kecepatan yang Perlu Dipelajari