SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA

SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA
5 (100%) 10 votes

Berbicara mengenai sejarah, Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang sejatinya wajb untuk kita pelajari dan juga ketahui terutama sejarah dari bangsa kita sendiri yakni Bangsa Indonesia. Indonesia terkenal akan serjarahnya karena pernah mengalami penjajahan di masa lalu yakni sampai 350 tahun lamanya oleh belanda. Terlepas dari penjajahan yang pernah di alami oleh Indonesia, sejarah kemerdekaan yang dicapai pula penuh dengan pro dan kontra yang mana sangat banyak sekali menyimpan tragedi serta perjuangan oleh masyarakat tanah air. Kemerdekaan Indonesia dikenal sebagai salah satu dari tragedi kebangsaan yang sangat membutuhkan perjuangan. Untuk mencapai tujuan kemerdekaan tersebut rakyat indonesia harus berjuang sampai memgorbankan jiwa dan raga mereka untuk kemerdekaan. Oleh karena itu, dibawah ini ada beberapa peristiwa yang menjadi latarbelakang dari sejarah kemerdekaan Indonesia.

Penjajahan yang dilakukan oleh Bangsa Jepang terhadap Indonesia, akhirnya takluk kedalam tangan sekutu setelah terjadinya bom di Nagasaki dan juga Hiroshima. Pada tanggal 6 Agustus 1945 di koto Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang. Sekitar lebih dari 14.000 orang penduduk setempat meninggal dunia akibat dari ledakan bom tersebut. sehingga setelah peristiwa tersebut terjadi, beredar kabar bahwa pemerintahan jepang yang akan memberikan kemerdekaan akan segera memberikan kemerdekaan tersebut kepada Indonesia. Isi dari mengenai informasi yang disampaikan oleh Jepang adalah Kemerdekaan dari Indonesia dapat dilakukan dengan membacakan teks proklamasi yakni pada tanggal 24 Agustus 1945 yang mana akan ditugaskan oleh anggota PPKI.

  • Perstiwa Rengasdengklok

Setelah terdengar bahwa Jepang telah  menyerah kepada sekutu membuat beberapa anggota muda yakni Sutan Sjahrir, Darwis, Chaerul Saleh serta Wikana untuk mendesak para golongan tua segera melaksanakan atau memproklamasikan kemerdekaan dari Indonesia. Namun, tokoh utama dari golongan tua yakni Soekarno dan Moh Hatta tidak setuju dengan hal tersebut, karena mereka mengganggap bahwa pengambilan keputusan secara mendadak seperti itu akan menyebabkan pertumpahan darah antara kekuasaan Jepang yang mana belum sepenuhnya diambil alih oleh negara Indonesia. Berawal dari perdebatan inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya peristiwa Rengasdengklok karena pro dan kontra antara golongan tua dan golongan muda. Pada tanggal 15 Agusstus 1945 para anggota golongan muda membawa Soekarno dan juga Moh Hatta ke Rengasdengklok dengan tujuan untuk mengamankan mereka dari pengaruh Jepang yang belum sepenuhnya meninggalkan Indonesia, sehingga proklamasi kemerdekaan dapat segera untuk dilaksanakan.

  • Perumusan Teks Proklamasi

Pada bagian ini, sejarah dari kemerdekaan Indonesia menjadi tonggak yang sangat penting. Dengan adanya kejadian oleh peristiwa Rengasdengklok, membuat Soekarno dan juga Moh Hatta tergugah untuk segera melaksanakan dan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Akhirnya, rapat perumusan teks proklamasi dilaksanakan di rumah Laksamana Maeda yakni pada tanggal 16 Agustus 1945 dengan dihadiri oleh beberapa dari anggota golongan muda.

READ  Kronologi Aksi Pemberontakan Organisasi Papua Merdeka

Sebagai kepala Kantor Penghubungan dari Angkatan Laut Jepang, rumah dari Laksamana Maeda dianggap menjadi tempat yang cukup aman untuk melaksanakan perumusan dari teks proklamasi. Laksamana Maeda sendiri merupakan teman baik dari Ahmad Soebardjo yang juga merupakan salah satu dari anggota golongan tua dari perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.

  • Teks Proklamasi Kemerdekaan

Rapat yang telah diselenggarakan oleh Soekarno, Moh Hatta dan juga Ahmad Soebardjo membuahkan hasil yakni tersusun sebuah naskah teks proklamasi yang mana ditulis tangan sendiri oleh Soekarno. Setelah disetujui oleh para anggota dari golongan tua dan juga golongan muda, Soekarno akhirnya menandatangani teks tersebut dengan disaksikan oleh semua pihak yang telah ditunjuk sebagai saksi dalam penetapan teks proklamasi kemerdekaan.

  • Pembacaan dari Teks Proklamasi Kemerdekaan

Kemerdekaan Indonesia ditandai dengan dibacakannya teks proklamasi oleh Soekarno yakni pada tanggal 17 Agustus tahun 1945 yang dihadiri oleh para tokoh pergerakan dari kemerdekaan dan juga seluruh rakyat Indonesia yang ingin menyaksikan buah hasil dari perjuangan para pahlawan serta tokoh penting untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia. Pada upacara pembacaan teks proklamasi berjalan dengan sangat lancar. Pembacaan dilakukan di kediaman dari Soekarno yakni di Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Acara pembacaan juga dilaksanakan beberapa hal seperti, Pengibaran dari bendera Merah Putih dan juga beberapa sambutan dari walikota yang pada saat itu diwakilkan oleh Suwiryo dan dri. Muwardi.

Pada saat itu merupakan hari terpenting dan juga menjadi sejarah kemerdekaan dari Indonesia yang paling dikenang oleh seluruh rakyat Indonesia. Setelah tersiarnya kabar kemerdekaan Indonesia kebeberapa daerah serta sampai ke luar negeri membuat Indonesia benar – benar menjadi negara yang sudah merdeka serta bebas dari belegu penjajahan yang selama ini menjadi derita bagi rakyat Indonesia.

READ  4 Fakta Menarik Seputar Belanda, Negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Berikut Adalah Isi dari Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Semoga dengan adanya beberapa informasi diatas membuat kita menjadi lebih bangga kepada Indonesia serta lebih menghargai jasa dari para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Tags: