Sifat-Sifat Wajib Bagi Allah SWT

Sifat-Sifat Wajib Bagi Allah SWT
5 (100%) 4 votes

Iman kepada Allah SWT adalah yang pertama dalam rukun iman. Dimana rukun iman tersebut harus diyakini dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan menyakini dalam hati akan sifat-sifat wajib bagi Allah SWT. Perlu diketahui bahwa sifat-sifat Allah terbagi menjadi tiga, yaitu: 20 sifat wajib Allah, 20 sifat mustahil Allah dan sifat jaiz Allah. Untuk meningkatkan maupun mempertebal iman kita, maka sebagai muslim sudah selayaknya kita mengenal sifat-sifat tersebut sebagai berikut:

A.     20 sifat wajib Allah

Berikut ini adalah 20 sifat wajib Allah yang wajib muslim ketahui adalah sebagai berikut:

1.      Wujud (ada)

Wujud berarti bahwa Allah SWT adalah dzat yang pasti ada, berdiri sendiri, tidak diciptakan oleh siapapun dan tiada Tuhan selain Allah SWT.

2.      Qidam (Terdahulu)

Terdahulu berarti bahwa Allah sudah ada dari sebelum segala sesuatu di dunia ini diciptakan  olehNya dan tidak ada pendahulu sebelumnya.

READ  Momen Indah Hari Lebaran

3.      Baqa’ (ekal)

Kekal artinya sama dengan abadi. Allah SWT tidak akan pernah mati, punah apalagi binasa. Allah SWT akan selalu tetap ada selama-lamanya.

4.      Mukhoolafatul lil hawaadist (Berbeda)

Berbeda berarti Allah SWT tidak mempunyai kembaran ataupun menyerupai makhluk ciptaannya satupun. Meskipun Allah SWT menciptakan semua makhluk berikut segala isi bumi, namun tidak satupun dari makhluk ciptaannya yang serupa dengan Allah.

5.      Qiyamuhu binafsih (Berdiri Sendiri)

Sifat wajib Allah ini memberikan pengertian bahwa Allah tidak membutuhkan pertolongan dan tidak menggantungkan kepada siapapun.

6.      Wahdaniyah (Tunggal)

Sifat wajib ini berarti esa, hanya ada Allah SWT satu dan tidak ada sekutu baginya.

7.      Qudrat (Berkuasa)

Allah adalah Maha berkuasa atas semua yang ada di muka bumi, baik manusia, hewan, tumbuhan.

8.      Irodat (Berkehendak)

Allah juga memiliki sifat berkehendak atas segala sesuatu dan sangat berhak untuk menentukan segala sesuatu tersebut.

9.      Ilmun (Mengetahui)

Selanjutnya adalah maha mengetahui. Allah adalah sumber segala ilmu yang dimiliki oleh manusia. Dari Allah lah semua ilmu yang ada di dunia ini. Allah maha mengetahui atas apa –apa saja yang tersembunyi dimanapun dan siapapun yang menyembunyikannya.

10.  Hayat (Hidup)

Hayat berarti Allah Maha Hidup, dimana manusia haruslah selalu bertasbih untuk memujanya.

11.  Sama’ (Mendengar)

Sifat wajib berikutnya adalah sama’ yang berarti Allah Maha Mendengar. Allah mendengar segala hal yang dibisikkan atau digumamkan dalam hati seorang manusia.

12.  Bashar (Melihat)

Melihat yang dimaksudkan adalah penglihatan Allah adalah tidak terbatas atas apa-apa yang telah atau belum terjadi di dunia.

13.  Kalam (Berfirman)

Kalam adalah sifat wajib Allah yang berfirman atau bisa berbicara dengan sempurna tanpa bantuan apapun. Terutama dalam menyampaikan firmanNya kepada para nabi.

14.  Qoodirun (Berkuasa)

Allah adalah Maha Berkuasa dalam sifat wajib ini, kekuasaan Allah mutlak atas segala yang ada di dunia ini.

15.  Muriidun (Berkehendak)

Berkehendak adalah sifat wajib Allah berikutnya, yang berarti jika Allah sudah menakdirkan suatu perkara maka tidak ada siapapun atau kekuatan apapun yang mampu menolakNya.

READ  6 Manfaat Zakat Fitrah Dalam Kehidupan Manusia

16.  Aalimun (Mengetahui)

Sifat wajib Allah ini berarti Maha Mengetahui yang ada di dunia dan akhirat kelak.

17.  Hayyun (Hidup)

Allah adalah Maha Hidup dan tidak mungkin binasa. Allah selalu mengawasi tindak tanduk para hambaNya, tidak pernah lengah ataupun tertidur.

18.  Samii’un (Mendengar)

Samii’un berarti Allah Maha Mendengar segala yang ada di dunia. Maka dari itu, orang beriman harus menjaga tingkah laku maupun perbuatannya dari kemaksiatan.

19.  Bashiirun (Melihat)

Sifat ini mempunyai arti Allah Maha Melihat segala sesuatu di dunia ini. Hal sekecil apapun dan tersembunyi, Allah tetap mengetahuinya.

20.  Mustakallimun (Berbicara)

Adalah Allah Maha Berbicara, terutama dalam penyampaian wahyu ataupun firmannya kepada utusannya yaitu Malaikat Jibril dan para nabiNya.

Dengan mengetahui ke-20 sifat wajib Allah tersebut, sebagai muslim kita harus mengimani sepenuhnya. Agar apapun yang terjadi di dunia ini, kita tetap berpegang teguh kepada Allah SWT semata dan tuntunanNya.

B.     20 Sifat Mustahil Allah

Sifat – sifat  mustahil Allah adalah lawan atau kebalikan dari sifat – sifat wajib Allah, dan sebagai orang beriman kita wajib mengetahuinya. Sifat – sifat tersebut adalah sebagai berikut:

Adam (tiada)

Huduts (ada yang mendahului)

Fana (berakhir)

Mumatsalatu lil hawaditsi (ada yang menyamai)

Ihtiyaju lighairihi (memerlukan yang lain)

Ta’adud (berbilang)

Ajzun (lemah)

Karahah (terpaksa)

Jahlun (bodoh)

Mautun (mati)

Shamamun (tuli)

Ama (buta)

Bakamun (bisu)

Kaunuhu ’ajiyan ( dzat yang lemah)

Kaunuhu karihan (dzat yang terpaksa)

Kaunuhu jahilan (dzat yang bodoh)

Mayyitan (dzat yang mati)

Kaunuhu ashamma (dzat yang tuli)

Kaunuhu ‘ama (dzat yang buta)

Kaunuhu abkama (dzat yang bisu)

Setelah mengetahui sifat –  sifat kebalikan dari sifat – sifat wajib Allah, maka sebagai orang beriman kita harus mampu membedakan diantara keduanya dengan baik dan benar.

C.      Sifat Jaiz

Selain kedua sifat – sifat di atas, yaitu sifat – sifat wajib dan sifat – sifat mustahil tersebut, kita juga wajib mengetahui satu sifat jaiz Allah SWt yaitu fi’lu kulli mumkinin au takuhu. Yang berarti bahwa sifat yang mungkin dimiliki oleh Allah SWT dan boleh tidak dimiliki oleh Allah SWT. Allah sangat berkuasa menentukan mana untuk dilakukan dan mana yang ditinggalkan ataupun berbuat sesuatu atau tidak membuat seusuatu sesuai kehendakNya.

READ  Niat, Tata Cara, dan Doa Mengerjakan Shalat Dhuha Lengkap dengan Artinya

D.     Hikmah – hikmah Beriman Kepada Allah SWT

Hikmah di bawah ini merupakan hikmah kita mengimani sifat – sifat wajib, sifat – sifat mustahil dan sifat jaiz dari Allah SWT.

1.      Hati Menjadi Tenang

Hati kita tidak mudah goyah untuk diajak berbuat maksiat oleh nafsu jahat ataupun orang yang menyesatkan.

2.      Mendapat Bimbingan dari Allah SWT

Tentunya orang yang beriman akan selalu mendapatkan bimbingan dari Allah untuk berbuat kebaikan.

3.      Memiliki Rasa Kasih Sayang yang Tinggi

Dengan beriman kepada sifat – sifat Allah tersebut, kita akan menjadi pribadi yang mengingat orang lain, menghargai sesama muslim dan berjiwa sosial tinggi.

4.      Mendapatkan Kebahagiaan Sesungguhnya

Dengan beriman, maka dapat dipastikan manusia tersebut akan mendapatkan kebahagiaan dan tentram karena berada di jalan lurus yang diridloi Allah SWT.

5.      Menambah Ketaatan Kita Kepada Allah SWT

Seorang muslim akan dengan mudah membedakan mana perintah dan larangan agama hanya dengan mempertebal keimanan kepada Allah SWT.

6.      Menambah Rasa Syukur

Memiliki rasa iman adalah bentuk karunia dari Allah SWT, maka sudah sepantasnya kita selalu dan terus bersyukur kepada Allah SWT.

7.      Tidak Akan Musyrik

Mengetahui dan memahami sifat – sifat wajib, mustahil dan jaiz dari Allah akan membuat kita mengetahui kebesaran dan kekuasaan Allah SWT dan tidak mungkin seorang muslim berubah musyrik, kecuali atas kehendakNya.

8.      Diberikan Kemudahan Hidup

Ini sudah merupakan janji Allah kepada umatNya bahwa orang beriman akan diberi kemudahan dalam menjalani kehidupannya.

9.      Diampuni Dosanya dan Mendapat Pahala yang Besar

Ketaatan dan kepatuhan seorang yang beriman kepada Allah sudah pasti akan diganjar dengan diberinya pengampunan dosa dan pahala.

Demikian ulasan tentang sifat – sifat wajib, mustahil dan jaiz Allah SWT, semoga kita dapat selalu mengimaninya dan menjauhi segala keburukan. Amin.