Suka Pakai Earphone, Ini Bahayanya loh!

Suka Pakai Earphone, Ini Bahayanya loh!
5 (100%) 1 vote

Earphone maupun Headset sudah menjadi satu kebiasaan yang digunakan kalangan masyarakat modern dalam kehidupan sehari – hari. Pada umumnya Earphone ini digunakan oleh kalangan anak muda untuk mendengarkan musik, radio ataupun sedang melakukan panggilan telepon. Karena penggunaan earphone yang membuat penggunanya merasakan kenyamanan, serta bentuknya yang sederhana dan juga simpel tak jarang masyarakat sering kali menggunakan earphone dengan intensitas yang cukup lama tanpa mengetahui efek samping dari penggunaan tersebut.

Sebenarnya, alih – alih mendapatkan kenyamanan saat menggunakan earphone, ada dampak yang juga ikut ditimbulkan yang mana sebenarnya cukup bahaya untuk tubuh penggunanya. Nah, sebelum masalah dari keseringan menggunakan earphone itu muncul dan menggangu kesehatan, dibawah ini dijelaskan mengenai apa saja dampak buruk dan bahaya dari terlalu sering menggunakan earphone:

  1. Kerusakan Permanen Pada Telingga

Penggunaan earphone yang terlalu sering sangat berbahaya, dan bahaya pertama tersebut adalah akan terjadinya kerusakan kemampuan pendengaran secara permanen. Penggunaan earphone yang terbilang sering adalah dikalangan yang masih muda atau remaja, sehingga resiko akan sangat besar kemungkinannya untuk terjadi. Hal tesebut dapat terjadi karena telinga sudah tidak kuat lagi untuk menanggung beban suara yang keras yang dihasilkan oleh aerphone.

Paparan suara yang terjadi secara berulang- ulang akan menyebabkan kerusakan paada telingg di bagian dalam yang mana hal tersebut sangat jelas menyebabkan gangguan pada pendengaran dan juga masalah pada pendengaran yang lain pula. Oleh karena itu, apabila keseringan menggunakan earphone sangat disarankan untuk selalu memeriksa dna juga mengatur level dari level volumenya sebelum menggunakannya. Selain itu, intensitas dari penggunanya lebih baik untuk di kurangi.

  1. Ambang Pendengaran

Saat menggunakan Earphone paparan musik dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia, terutama adalah ketika mendengarkan musik dengan volume yang keras dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Secara perlalhan efek ini akan mengarahkan pada gangguan yang permanen pada pendengaran. Bahaya dari Earphone ini dapat dihindari dengan mengenal tingkatan dari suara yakni suara tingkat rendah untuk dewasa berada antara 25 sampai 40 desibel, sedangkan untuk anak anak adalah 20 sampai 40 desibel. Untuk tingkatan yang semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 desibel atau lebih, Beberapa peneliti menganjurkan untuk semua perangkat suara yang menggunakan Earphone atau headset tidak lebih dari 100 desibel mengingat suara yang berada pada luar earphone (seperti: mesin mobil, disel ataupun pemotong rumput) juga memiliki pengaruh terhadap pendengaran manusia.

  1. Infeksi Telinga

Earphone sendiri memang difungsikan untuk digunakan pada telinga, sehingga sangat memungkinkan adanya penyebaran kuman ataupun bakteri pada sekitar area pendengaran dan juga tak jarang pula orang tidak memperhatikan kebersihan dari earphone yang sedang mereka gunakan. Kadang pula sering untuk meminjamkan ataupun meminjam earphone dari orang lain sangat memungkinkan terjadinya penularan bakteri yang merupakan penyebab infeksi telinga. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk hanya menggunakan earphone secara pribadi dan tidak secara bergantian. Apabila terpaksa meminjam, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum menggunakan.

READ  Penyebat Sakit Kepala dan Type Sakit Kepala
  1. Telinga Menjadi Lelah

Kelelahan yang terjadi pada telinga merupakan suatu kondisi dimana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suara yang bersamaan serta secara terus menerus. Kelelahan ini dapat menyebabkan sistem dari pendengaran menjadi tidak nyaman dan juga terasa sulit mengankap gelombang suara. Oleh karena itu, sebaiknya untuk tidak secara langsung memasukan earphone atau menyisipkan langsung pada saluran telinga meskipun memberikan suara atau audio yang baik, tetapi kebiasaan tersebut akan meningkatkan kemungkinan terjadinya  gangguan pendengaran. Selain itu juga, perhatikan untuk durasi pemakaian earphone dan agar tidak berlebihan.

  1. Kerusakan Otak

Kerusakan otak terjadi karena gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone ini dapat menyebabkan bahaya yang serius. Hal tersebut dikarenakan telinga bagian dalam terhubung langsung dengan otah sehingga membuat infeksi yang sekecil apapun pada bagian dalam telingga. Efek awal yang ditimbulkan biasanya adalah munculnya sakit kepala yang berdampak juga pada ingeksi telingga bagian dalam yang secara langsung mempengaruhi otak dan menyebabkan masalah kesehatan secara serius.

  1. Cedera Vokal

Penggunaan dari earphone maupun headset yang tidak benar dapat menyebabkan ketegangan pada vokal terutama yang menggunakan earphone untuk berbicara sepanjang hari seperti contohnya adalah seorang Customer Service. Apabila memiliki earphone yang mempunyai mikrofon yang dapat disusuaikan pastikan untuk diposisikan sedemikian rupa sehingga dapat menangkap sinyal yang jelas dari saura tanpa berbicara secara susah payah. Berbica secara tenang dan juga santai dapat membantu untuk mencegah terjadinya cedera vokal.

Tags: