Suku-suku Tertua di Indonesia

Diposting pada
Suku-suku Tertua di Indonesia
5 (100%) 1 vote

Macam-macam Suku

Keberadaan rumah adat hanya merupakan bagian kecil dari tradisi suku-suku yang ada di Indonesia yang jumlahnya ribuan. Masing-masing suku memiliki kelebihan dan tradisinya sendiri, begitu juga dengan rumah adat.

Nah, berikut ini adalah beberapa suku tertua yang ada di Indonesia.

Suku Wajak

Suku ini merupakan suku tertua pertama yang ada di Indonesia. Suku ini menduduki wilayah Jawa Timur, tepatnya di Kota Tulungagung. Akan tetapi, saat ini keberadaan suku ini sudah tidak diketahui lagi dengan jelas dan sudah hilang.

Bahkan, sejarah dan seluk beluk suku ini pun tidak dapat diketahui dengan jelas. Bukti-bukti keberadaan suku ini hanya berwujud fosil yang termasuk ke dalam jenis manusia purba Homo Wajakensis. Keberadan suku ini memang menghilang secara misterius, dan hingga saat ini masih menjadi legenda.

Suku Kerinci

Selain sebagai suku tertua yang berada di Indonesia, suku ini juga merupakan suku tertua di dunia yang masih hidup hingga saat ini. Suku ini mendiami wilayah Sumatra Selatan di wilayah dataran tinggi Gunung Kerinci. Dikatakan tertua di dunia karena diketahui bahwa suku ini sudah ada sebelum Suku Inka dan Indian mendiami Benua Amerika.

Berdasarkan berbagai penelitian, diketahui bahwa suku ini sudah ada sejak sepuluh ribu tahun yang lalu. Hingga saat ini, suku ini masih menjaga peradabannya dengan baik dengan tradisi yang masih sangat kental.

Suku Baduy

Di Indonesia, suku ini mendiami wilayah yang ada di Jawa Barat. Berdasarkan cerita yang tersebar di masyarakat, suku ini wajib menjaga alam sekitar dan lingkungannya. Dalam kesehariannya, suku ini beraktivitas tanpa menggunakan alas kaki meskipun sedang berada di luar rumah.

READ  Penjajahan Portugis dan Spanyol di Indonesia

Suku Melayu

Suku ini sudah ada di Indonesia sejak abad kesebelas dan terkenal hingga ke beberapa negara. Suku ini ternyata juga tersebar hingga ke Benua Eropa. Suku ini merupakan satuan kelompok etnis yang berasal dari orang-orang Austronesia yang saat ini menghuni Semenanjung Malaysia, wilayah Timur bagian Sumatra, di juga wilayah yang ada di sekitar Pulau Sumatra.

Suku Dani

Suku ini mendiami daerah Papua sudah sejak ratusan tahun yang lalu, tepatnya di Lembah Baliem. Sebagai sumber mata pencahariannya, suku ini bercocok tanam. Di masanya, suku ini sudah mulai mengenal alat-alat teknologi yang terbuat dari bahan-bahan alam, seperti kapak batu. Alat-alat ini dikenal sangat kuat dan berat, termasuk juga pisau yang terbuat dari tulang belulang.

Suku Dayak

Suku ini sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu sebelum masehi. Namun demikian, asal-usul suku ini belum diketahui dengan pasti karena muncul berbagai pendapat tentang hal ini. Suku Dayak ini bisanya berada di pedalaman Pulau Kalimantan, khususnya di Kalimantan Barat.

Suku Jawa

Suku tertua di Indonesia ini mendiami Pulau Jawa sudah sejak zaman kerajaan Hindu Budha. Suku ini memiliki pengaruh yang besar di Indonesia, karena sebagian besar wilayah Tanah Air ini dihuni oleh suku ini.

Demikian pembahasan mengenai suku-suku tertua yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.