Sumber dan Komponen Bahan Pencemaran Tanah

Sumber dan Komponen Bahan Pencemaran Tanah
5 (100%) 2 votes
  1. Sumber Bahan Pencemar Tanah

Karena pencemar tanah mempunyai hubungan erat dengan pencemaran udara dan pencemaran air maka sumber pencemaran udara dan sumber pencemar air pada umumnya juga merupakan sumber pencemar tanah.

Sebagai contoh gas-gas oksida karbon, oksida nitrogen, oksida belerang yang menjadi bahan pencemar udara yang larut dalam air hujan dan turun ke tanah dapat menyebabkan terjadinya hujan asam dan pencemaran tanah. Dari pejelasan tersebut, maka sumber bahan pencemar  tanah dapat dikelompokkan juga menjadi sumber pencemar yang berasal dari:

  1. Sampah rumah tangga, pasar dan rumah sakit.
  2. Gunung berapi yang meletus dan asap kendaraan bermotor
  3. Bahan polimer dan bahan yang sukar terurai
  4. Limbah pertanian
  5. Limbah reactor atom/PLTN
  6. Limbah industry
  1. Komponen Bahan Pencemar Tanah

Komponen-komponen bahan pencemar yang diperoleh dari sumber-sumber bahan pencemar tersebut di atas antara lain berupa:

  1. Senyawa organik yang dapat membusuk karena diuraikan oleh mikroorganisme, seperti sisa-sisa makanan, daun, tumbuh-tumbuhan dan hewan yang mati.
  2. Senyawa organik dan senyawa anorganik yang tidak dapat dimusnahkan/ diuraikan oleh mikroorganisme seperti plastik, serat, keramik, kaleng-kaleng dan bekas bahan bangunan, menyebabkan tanah menjadi kurang subur.
  3. Pencemar Udara biasanya yang berupa gas yangmana akanlarut dalam air hujan seperti oksida nitrogen (NO dan NO2), oksida belerang (SO2 dan SO3), oksida karbon (CO dan CO2), menghasilkan hujan asam yang mana menyebabkan tanah akan bersifat asam sehingga merusak kesuburan tanah/ tanaman tersebut.
  4. Pencemar berupa logam-logam berat yang dihasilkan dari limbah industri seperti Hg, Zn, Pb, Cd dapat mencemari tanah.
  5. Zat radioaktif yang biasanya dihasilkan oleh PLTN, reaktor atom atau dari percobaan lain yang menggunakan atau menghasikan zat radioaktif.
  1. Penyebab Pencemaran Tanah

Tanah adalah bagian penting dalam menunjang kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Kita ketahui rantai makanan bermula dari tumbuhan. manusia, hewan hidup dari tumbuhan. Makanan yang kita konsumsi sebagian besar adalah berasal dari permukaan tanah, walaupun ada juga yang hidup dilaut. Sehingga kita seharusnya menjaga kelestarian tanah dan tidak menyebabkan pencemaran tanah, air maupun udara terjadi dan mengakibatkan kita harus kehilangan makanan kita.

READ  Cermin Cembung, Pengertian, Sinar Istimewa, Sifat Bayangan, dan Rumusnya

Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Limbah domestic

Pencemaran limbah domestic dapat berasal dari daerah: pemukiman penduduk; perdagangan, pasar, tempat usaha hotel dan lain-lain; kelembagaan misalnya kantor-kantor pemerintahan dan swasta; dan wisata, bisa berupa limbah padat dan cair.

  1. Limbah padat berbentuk sampah anorganik. Jenis sampah ini tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme (non-biodegradable), misalnya kantong plastik, bekas kaleng minuman, bekas botol plastik air mineral, dsb.
  2. Limbah cair berbentuk; tinja, deterjen, oli, cat, jika meresap kedalam tanah akan merusak kandungan air tanah dan bisa membunuh mikro-organisme di dalam tanah.
  • LimbahIndustri

Pencemaran limbah industri dapat berasal dari daerah: pabrik, manufaktur, industri kecil, industri perumahan, bisa berupa limbah padat dan cair.

  1. Limbah industri yang padat atau limbah padat yang adalah hasil buangan industri berupa padatan, lumpur, bubur yang berasal dari proses pengolahan. Misalnya sisa pengolahan pabrik seperti dari gula, kertas, rayon, pengawetan buah, ikan daging dll.
  2. Limbah cair adalah limbah yang berasal dari pengolahan dalam suatu proses produksi, seperti limbah sisa-sisa pengolahan industri pelapisan logam dan industri kimia lainnya.
  • Limbah pertanian

Limbah pertanian yaitu limbah yang dihasilkan dari sisa-sisa pupuk sintetik untuk biasanya digukana untuk menyuburkan tanah/tanaman, misalnya pupuk urea, pestisida pemberantas hama tanaman, misalnya DDT.

Bahan polimer dan bahan yang sukar terurai

Bahan polimera adalah bahan yang banyak digunakan sebagai kemasan makanan, minuman, ataupun kantong plastic. Selain praktis, harga bahan-bahan polimer ini sangat murah sehingga digunakan secara luas. Namun, umumnya bahan polimer ini sukardiuraikan oleh mikroorganisme. Selain itu pembakarannya juga menghasilkan asap dan gas yang berbahaya.

Bahan polimer ada yang dapat didaur ulang dan ada juga yang tidak. Di Negara maju, bahan polimer yang boleh digunakan dalam kehidupan sehari-hari harus berupa bahan yang dapat didaur ulang. Bahan- bahan polimer yang masuk ke dalam tanah dan sukar diuraikan dapat menggangu kehidupan tumbuhan contohnya plastic, gelas(kaca), kaleng, seng, dan besi bekas.

READ  Gerak Jatuh Bebas, Pengertian, Rumus, Ciri-ciri, dan Contohnya

Pencemaran tanah dapat terjadi karena hal-hal diberikut:

  1. Pencemaran tanah secara langsung

Misalnya penggunaan dari pupuk yang berlebihan, pembuangan limbah yang tidak dapat diuraikan di tanah seperti plastik, kaleng, dan lain-lain serta pemberian pestisida yang tidak sesuai takarannya.

  1. Pencemaran tanah melalui air

Misalnya adalah air yang mengandung bahan pencemar (polutan) akan mengubah susunan kimia tanah sehingga mengganggu jasad yang hidup di dalam atau di permukaan tanah.

  1. Pencemaran tanah melalui udara

Pencemaran ini misalanya adalah pada saat udara yang tercemar akan menurunkan hujan yang mengandung bahan pencemar yang mengakibatkan tanah tercemar juga.

Tags: