Tanda-tanda terjadinya Lailatul Qadar

Diposting pada
Tanda-tanda terjadinya Lailatul Qadar
5 (100%) 1 vote

Lailatur qadar

Adalah malam yang keutamaannya lebih baik daripada 1000 bulan juga sebagai malam yang sangat diimpikan bisa didapatkan oleh setiap umat muslim. Lailatul qadar ini diyakini jatuh pada salah satu malam pada 10 malam terakhir di bulan ramadhan.

Pada malam yang istimewa ini, dengan izin Allah, malaikat Jibril  akan mengatur setiap perkara. Allah akan memandang umatnya dengan penuh rahmat dan kasih sayang. Allah akan mengampuni dosa-dosa hamba-hambanya kecuali 4 golongan yaitu: para pecandu atau peminum arak, anak yang durhaka kepada orang tuanya, dan orang yang memutuskan tali silaturrahmi atau persaudaraan serta orang yang bermusuhan atau mendendam dan tidak menyapa lebih dari tiga hari lamanya.

Tanda-tanda terjadinya Lailatul Qadar

Lailatul qadar terjadi di salah satu malam-malam ganjil pada sepertiga terakhir di bulan ramadhan dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun. Allah tidak memberitahukan kepada umat manusia tentang waktu tepatnya lailatul qadar itu untuk membedakan antara orang yang bersungguh-sungguh dan orang yang malas.

Orang yang benar-benar menginginkan sesuatu pasti akan bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya, sebaliknya orang malas hanya menginginkan tanpa kesungguhan. Allah menyembunyikan lailatul qadar juga agar hamba-hamba-Nya memperbanyak amalan dan ibadah 10 malam terakhir itu yang akan semakin mendekatkan orang itu dengan Allah.

Untuk mendapatkan lailatul qadar yang kita tidak tau waktu pastinya itu, mari kita lihat tanda-tandanya berikut ini.

  1. Udara dan Angin Terasa Tenang

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa lailatul qadar adalah malam yang dipenuhi dengan kelembutan, cerah, tidak begitu panas pun tak begitu dingin, pagi harinya matahari bersinar dengan lemah dan nampak kemerah-merahan.

  1. Malaikat Menurunkan Ketenangan

Ketenangan yang dibawakan oleh beribu-ribu malaikat yang turun ke dunia pada malam itu membuat manusia juga ikut merasakan ketenangan, kelezatan dalam beribadah, yang tidak dirasakan pada malam-malam lainnya.

  1. Matahari Terbit dengan Jernih

Rasulullah bersabda bahwa pada pagi hari dari lailatul qadar, matahari akan terbit tanpa sinar. Matahari pagi itu terbit dengan jernih, tidak begitu panas, dan berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.

  1. Mimpi

Terkadang Allah menampakkan tanda-tanda lailatul qadar ke sebagian orang mukmin melalui mimpinya. Hal ini pernah di alami oleh sebagian para sahabat.

READ  Pengertian Ibadah Sholat Tarawih

Itulah beberapa tanda-tanda lailatul qadar yang Allah tunjukkan secara langsung kepada umat manusia. Walaupun begitu tidak semua manusia dapat menangkap tanda-tanda tersebut. Kita juga tidak dituntut untak mencari tanda-tandanya. Namun, Allah menganjurkan kita untuk bersungguh-sungguh memperbanyak ibadah pada 10 malam terakhir itu.

Lailatul qadar memang ada tanda-tandanya, namun sebagian manusia tidak menyadarinya dan baru tersadar ketika tanda-tanda itu sudah berlalu. Perintah Allah adalah agar kita bersungguh-sungguh. Dapat bertemu dengan lailatul qadar adalah karunia Allah yang diberikan kepada hamba-hamba yang dikehendaki-Nya meskipun ia tidak menyadari tanda-tandanya.