Tata Surya, Pengertian, Susunan dan Anggotanya

Tata Surya, Pengertian, Susunan dan Anggotanya
5 (100%) 2 votes

Tata Surya

Tata surya adalah bagian dari alam semesta yang sangat luas dan terletak di salah satu galaksi yang ada di ruang angkasa, yang dinamakan dengan Bimasakti. Sistem Tata Surya terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu matahari, 4 planet dalam, 4 planet luar, sabuk asteroid, dan sabuk Kuiper.

Susunan dan Anggota Tata Surya

1. Bintang

Bintang adalah salah satu anggota tata surya dengan sifat istimewa yang bisa memancarkan cahayanya sendiri. Ada banyak sekali bintang dalam sistem tata surya, salah satunya adalah matahari.

Matahari adalah sumber cahaya dan sumber panas yang sangat bermanfaat bagi keberlangsungan hidup makhluk bumi. Cahaya matahari digunakan tumbuhan untuk berfotosintesis dan panasnya untuk menghangatkan permukaan bumi. Matahari adalah bintang yang paling besar di antara bintang-bintang lainnya. Massa yang besar dan gaya gravitasi matahari mampu menarik planet-planet untuk tetap beredar pada garis edarnya masing-masing dengan mengelilingi matahari sebagai pusatnya.

2. Planet-planet

Planet adalah benda langit yang tidak mampu memancarkan cahayanya sendiri. Karena mengorbit matahari, sumber cahaya planet-planet adalah dari refleksi cahaya matahari. Planet-planet mempunyai massa dan gaya graviatsi yang cukup untuk membentuk lingkaran dan mengelilingi matahari.

Berdasarkan jaraknya ke matahari dari yang paing dekat hingga yang paling jauh adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Pluto pernah menjadi salah satu bagian dari salah satu planet, Namun sekarang, sudah tidak dianggap lagi karena lintasan orbitnya bercampur dengan benda langit yang lain.

READ  Besaran, Satuan, dan Dimensi dalam Ilmu Pengukuran Fisika

3. Satelit

Satelit adalah benda langit yang mengitari planet dan mengelilingi matahari bersama dengan planet yang diputarinya.

Berdasarkan keberadaannya, satelit terbagi menjadi 2 jenis, yaitu satelit alami dan satelit buatan.

  • Satelit alami, adalah satelit yang diciptakan oleh Tuhan dan bisa bergerak sendiri tanpa bantuan manusia. Hampir semua planet memiliki satelit alami, kecuali Venus dan Merkurius.
  • Satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia dan gerakannya juga diatur oleh manusia. Satelit buatan dibuat untuk meneliti dan mengamati benda-benda langit di luar angkasa.

4. Asteroid

Asteroid adalah benda langit berbentuk pecahan kecil yang lintasan edarnya berada di antara orbit planet Mars dan Yupiter. Asteroid terbentuk bersamaan dengan proses terbentuknya planet-planet lain yang sesuai dengan susunannya.

5. Komet (Bintang Berekor)

Komet adalah bintang langit dengan ukuran kecil yang terdiri dari sejumlah partikel seperti kristal, es, gas, serta bebatuan. Biasanya komet terlihat seperti benda langit yang bercahaya dengan bentuk memanjang mirip ekor.

Komet terdiri atas 3 bagian yaitu bagian inti, koma dan ekor.  Inti komet tersusun atas kristal es dan gas yang membeku dengan diameter mencapai 10 km. Bagian koma berdiameter hingga 100.000 km. Sedangkan bagian ekor terbentuk dari gas hasil penguapan kristal es yang panjangnya mencapai 100 juta km.

6. Meteor atau Meteroid

Meteor adalah benda langit yang bergerak cepat dengan lintasan yang tidak teratur. Meteor yang bergerak di angkasa tertarik oleh gravitasi bumi dan bercahaya ketika bergesekan dengan atmosfer bumi. Gesekan tersebut menyebabkan suhu meteor naik hingga terbakar dan mengeluarkan cahaya. Itulah bintang jatuh yang dapat dilihat secara langsung oleh manusia.

Tags: