Sejarah Dunia dan Peradabanya Terlengkap

Sejarah Dunia dan Peradabanya Terlengkap
5 (100%) 2 votes

Banyak yang belum kita ketahui tentang arti sejarah dunia, apakah dan bagaimana Negara Negara terbentuk, ilmu tentang sejarah dunia Ini juga mencakup rentang waktu yang luas dari asal usul homo sapiens sekitar 250.000 tahun yang lalu, hingga kebangkitan peradaban, sampai ke peristiwa yang lebih baru seperti kebangkitan Kekaisaran Ottoman, Perang Dunia II, dan gerakan keadilan sosial.

Ilmu Sejarah dunia mengkaitkan semua jenis informasi ini bersama-sama dengan mengajukan beberapa jenis pertanyaan historis dan tematis. Dalam pelajaran sejarah dunia Anda melihat pola besar, persamaan, perbedaan, kontinuitas, perubahan, dan gerakan luas.

Tetapi itu tidak berarti bahwa mengetahui lebih detail tidak penting, Para Sejarawan dunia fokus pada peristiwa dan detail tertentu untuk lebih memahami pola dan koneksi yang menciptakan gambaran yang lebih besar dan menarik.

Sebuah Gambaran besar ditentukan oleh beberapa pertanyaan yang diajukan sejarawan dunia. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seperti apa bentuk pertanyaan sejarah dunia yang tepat dan bagaimana sejarawan dunia menjawabnya, mari kita pikirkan skala, tema, dan detail. Ini membantu kita mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana kita dapat bertanya dan menjawab pertanyaan sejarah dunia.

Skala Dunia

Para sejarawan melihat detail masa lalu. Apa yang menjadikan sesuatu sejarah dunia adalah skala analisis. Sejarah dunia sebagian besar tertarik pada hal-hal berskala besar yang berdampak pada sejumlah besar orang atau memengaruhi banyak wilayah di dunia. Sejarawan dunia juga cenderung melihat peristiwa yang terjadi dalam periode waktu yang lama.

Contohnya seperti ini, seorang sejarawan dunia mungkin tidak akan mencurahkan waktu yang lama untuk mempelajari rincian spesifik dalam buku harian Christopher Columbus untuk belajar tentang hidupnya atau detail rumit dari pelayarannya. Namun, seorang sejarawan dunia akan mempelajari interaksi beberapa abad antara Eropa, Amerika, dan Afrika yang dihasilkan dari perjalanan Columbus.

READ  SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA

Tema  Sejarah Dunia

Hal yang mendasar memahami proses sejarah dunia yang rumit bisa menjadi rumit. Lalu bagaimana sejarawan dunia mencatat peristiwa yang terjadi di seluruh dunia? Ada beberapa tema yang sering digunakan para sejarawan dunia untuk memandu analisis mereka.

Pikirkan tema sebagai kategori, ide, atau konsep yang mengatur bagaimana seseorang berpikir tentang suatu subjek. Tema sejarah dunia difokuskan pada perbandingan dan hubungan, sistem luas, dan interaksi global.

Dalam AP World History, yang merupakan pelajaran sejarah dunia tertentu, ada beberapa tema khusus yang  digunakan untuk menemukan pola, melacak proses, dan membuat perbandingan yaitu :

  1. Interaksi antara manusia dan lingkungan. Pengertian tema ini, Para sejarawan mungkin melihat hal-hal seperti perkembangan sektor pertanian, wabah penyakit, perubahan iklim, atau perubahan demografis.
  2. Pengembangan dan interaksi budaya. Untuk memahami tema ini, Para sejarawan mungkin melihat hal-hal seperti kemunculan dan penyebaran agama baru, pengaruh agama yang berbeda atau tradisi budaya satu sama lain, dan penyebaran ide-ide baru seperti humanisme atau hak asasi manusia.
  3. Pembangunan negara, ekspansi, dan konflik. Untuk memahami tema ini, sejarawan dapat melihat hal-hal seperti bagaimana berbagai kerajaan bangkit dan jatuh, di mana cara penguasa meningkatkan legitimasi mereka, dan berbagai jenis konflik di antara masyarakat.
  4. Penciptaan, perluasan, dan interaksi sistem ekonomi. Untuk memahami tema ini, Para sejarawan mungkin melihat hal-hal seperti Jalan Kecil dan bear, munculnya perdagangan global, perbankan dan sistem kredit, kapitalisme, komunisme, dan globalisasi .
  5. Pengembangan dan transformasi struktur social. Untuk memahami tema ini, Para sejarawan dapat melihat hal-hal seperti efek spesialisasi tenaga kerja, atau bagaimana gagasan tentang ras, gender, dan kelas telah membentuk hierarki sosial.
READ  Kerajaan Tertua di Indonesia

Detail Sejarah Dunia

Tema mencakup beberapa ide yang cukup besar – dan gerakan yang cukup besar melintasi ruang dan waktu! Tetapi gagasan-gagasan besar ini semuanya terdiri dari perincian dari studi kasus yang lebih kecil, dan memahami peristiwa dan proses historis detail dalam konteks yang lebih besar adalah mesin yang menggerakkan pemikiran sejarah dunia. Pengetahuan catatan cerita khusus ini memberi Anda bahan baku untuk membangun pemahaman tentang proses, sistem, dan tema yang lebih besar.

Sebagai contoh, Jalan induk adalah subjek yang menarik bagi sejarah dunia karena menyediakan banyak contoh interaksi ekonomi, budaya, dan lingkungan. Dengan memperbesar beberapa contoh spesifik dari interaksi ini, kita dapat mulai mengembangkan pemahaman yang lebih luas tentang bagaimana pola perdagangan berkembang dan berubah, bagaimana budaya berinteraksi dan beradaptasi, atau bagaimana penyakit menyebar. Mempelajari Jalan kecil dan besar dapat mengungkapkan hubungan antara berbagai hal yang beragam seperti perindustrian, agama, dan wabah!

Demikian artikel ini semoga bermanfaat dan menjadi bahan refrensi pelajar dan mahasiswa yang sedang menempuh ujian, terima kasih.

Tags: