Tipe-tipe Stomata Pada Daun Dikotil dan Monokotil

Diposting pada
Rate this post

Macam-macam Stomata

Terdapat perbedaan antara stomata pada daun dikotil dan monokotil. Perbedaan tersebut terletak pada struktur susunannya. Pada daun dikotil yang memiliki tulang menyirip, stomata yang ada tersebar. Sementara itu, pada daun monokotil stomata yang ada letaknya susun dan sejajar.

Pada daun dikotil maupun monokotil, terdapat tipe-tipe stomata yang berbeda. Berikut ulasan lebih lengkapnya:

Dikotil

  1. Tipe Anomosit

Tipe stomata pada daun dikotil yang pertama adalah anomosit atau juga disebut dengan Ranuculaceous. Stomata tipe ini, sel penutup dikelilingi oleh beberapa sel tertentu yang tidak dapat dibedakan ukuran maupun bentuknya dari sel epidermis lainnya. Umumnya, tipe stomata yang satu ini ada pada tumbuhan kelompok ranuculaceae, kemudian cucurbitaceae, malvaceae dan juga capparidaceae.

  1. Tipe Anisosit

Juga disebut sebagai tipe cruciferous, stomata tipe ini memiliki ciri sel penutup dikelilingi oleh sel tetangga yang ukurannya beda. Umumnya tipe anisosit ada pada tumbuhan kelompok nicotiana, cruciferae, sedum serta solanum.

  1. Tipe Parasit

Tipe parasite atau rubiaceous memiliki ciri setiap sel penutup didampingi satu maupun lebih sel tetangga yang terletak sejajar dengan stomata. Umumnya tipe parasite ada pada jenis tumbuhan keluaraga rubiaceae, mimosaceae serta magnoliaceae.

  1. Tipe Diasit

Tipe ini juga disebut dengan caryophyllaceous. Pada stomata tipe ini, setiap stomata diapit oleh dua sel tetangga yang terletak secara memotong stomata. Umumnya tipe ini ada di kelompok caryophillaceae serta acanthaceae.

  1. Tipe Aktinosit

Terakhir adalah tipe aktinosit. Tipe stomata yang satu ini adalah variasi dari tipe diasit. Stomata tipe ini dikelilingi oleh sel tetangga yang terbentuk dengan teratur menjari. Salah satu tumbuhan yang punya stomata jenis ini adalah Camellia sinensis alias tumbuhan the.

READ  Lichenes – Lumut Kerak

Monokotil

  1. Terdapat empat sampai dengan enam sel tetangga penyusun dari sel penutup. Tipe stomata ini bisa dijumpai pada tumbuhan kelompok Araceae, Musaceae, serta satu lagi adalah Commelianaceae.
  2. Terdapat empat sampai dengan enam sel tetangga penyusun dari sel penutup, dimana dua sel tetangga diantaranya memiliki bentuk yang bulat serta lebih kecil ketimbang lainnya serta letaknya ada di ujung sel penutup. Umumnya tipe stomata ini dapat dijumpai pada tumbuhan kelompok palmae, cylanthaceae, serta pandanaceae.
  3. Sel penutup diapit oleh dua sel tetangga. Tipe stomata ini bisa ditemui pada tumbuhan kelompok alismatales, butomales, juncales serta pontederiaceae.
  4. Terakhir adalah tipe sel penutup tidak mempunyai sel tetangga. Tipe stomata ini umumnya dapat dijumpai pada tumbuhan kelompok iridales, diocorales, orchidales serta liliales.

Itulah beberapa tipe stomata pada daun dikotil dan juga monokotil. Jumlah stomata pada setiap tumbuhan pun berbeda-beda. Begitu juga letaknya. Pada kebanyakan tumbuhan darat, stomata dapat ditemukan di bagian bawah daun. Sementara itu, pada sebagian besar tumbuhan air, stomata lebih banyak dijumpai di bagian permukaan atas daun.