Tips dan Trik Menggunakan Microsoft Excel di Android

Rate this post

Microsoft Excel

Para pelajar atau pun mahasiswa pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama Microsoft Excel. Yup, aplikasi ini merupakan aplikasi yang mempermudah seseorang untuk mengolah data / angka. Di sana, pengguna dapat menggunakan fungsi perhitungan dasar matematika dalam mengolah data, membuat grafik, bahkan memanajemen data.

Memiliki Microsoft Excel pada PC merupakan hal biasa. Apakah Anda tahu bahwa Microsoft Excel tidak terbatas pada pc saja? Ternyata sekarang Microsoft Excel juga bisa digunakan di smartphone android. Lalu, bagaimana caranya?

Cara Download dan Instal Microsoft Excel padaSmartphone Android

 Sebenarnya, cara mendownloadnya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan handphoneAnda telah tersambung dengan internet

  2. Buka aplikasi Play Storeyang ada pada handphoneAnda

  3. Pada kolom pencarian, ketik ‘Microsoft Excel’. Tunggu hingga keluar nama aplikasi yang dimaksud

  4. Setelah itu, klik ‘instal’. Tunggu beberapa lama hingga selesai mengunduh

  1. Untuk mengetahui apakah aplikasi sudah terinstal atau belum, bisa dilihat apakah sudah ada iconMicrosoft Excel di home android-mu. Apabila sudah ada, artinya instalasi telah berhasil

Caranya cukup mudah, bukan?

READ  Tips Etika dan Cara Mengirim Email untuk Pencari Kerja

Setelah mendowload dan menginstal, di sini akan dijelaskan juga menu-menu di dalam menggunakan Microsoft Excel di androidyang mungkin dapat berguna bagi Anda.

Menu-Menu di Dalam Microsoft Excel

Sebelum dijelaskan tentang menu-menu yang ada pada Microsoft Excel, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasinya dengan mengetuk ikon Microsoft Excel. Setelah terbuka seperti ini, Anda bisa mengetuk ikon di sebelah kanan atas untuk membuat dokumen baru. Lalu, pilih ‘Buku kerja kosong’.

     

Setelah itu akan terbuka lembar kerja kosong Microsoft Excel.

  1. Pada bagian paling atas aplikasi, terdapat judul defaultbernama ‘Buku’. Ini merupakan judul dari lembar kerja yang sedang Anda kerjakan. Anda bisa mengganti judulnya sesuai yang Anda mau dengan mengetuk satu kali tulisan ‘Buku’ pada bagian paling atas aplikasi.
  2. Di bawah judul, terdapat baryang berisikan ikon-ikon sebagai berikut:
  3. Ikon ini fungsinya untuk kembali ke laman sebelumnya.
  4. Saat mengetuk ikon ini, akan muncul toolsyang akan membantu Anda dalam pengerjaan di Microsoft Excel. Jika Anda ingin mulai mengerjakan, Anda bisa mengetuk ikon ini.
  5. Ikon ini fungsinya untuk mencari teks / angka / data yang telah Anda masukan di lembar kerja.
  6. Fungsi ikon ini sama seperti tombol undopada Microsoft Word, yaitu membatalkan.
  7. Ikon ini gunanya untuk membagikan file yang Anda kerjakan. Anda bisa membagikannya sebagai tautan atau sebagai lampiran.
  8. Lalu, apabila Anda mengetuk ikon ini, akan muncul pilihan-pilihan seperti yang ada di bawah ini. ‘Kirim salinan’ apabila Anda ingin mengirim salinan dalam bentuk filelain lalu membagikannya dengan orang lain. ‘Simpan’ apabila Anda ingin menyimpan lembar kerja Anda. ‘Simpan sebagai’ apabila Anda ingin menyimpan lembar kerja Anda menjadi file ‘Riwayat’ untuk mengetahui riwayat pengerjaan yang telah Anda lakukan. ‘Cetak’ Apabila Anda ingin mencetak fileAnda. ‘Pengaturan’, pada opsi ini akan ditampilkan informasi pengguna Anda, dan juga tentang informasi seputar pengaturan pemberitahuan, dll.
  9. Saat mengetuk simbol ini, akan keluar pilihan-pilihan seperti di bawah ini. Anda bisa menggunakan rumus-rumus yang bisa diterapkan ke dalam pembuatan data Microsoft Excel pada kolom ini.
  10. A, B, C, D, E, F, … dst. disebut kolom.
  11. 1, 2, 3, 4, 5, … dst. disebut baris.
  12. Pada bagian paling bawah aplikasi, terdapat ikon-ikon seperti di bawah ini:
  13. Berguna untuk mengetahui lembar mana yang sedang Anda kerjakan / mengganti lembar yang ingin Anda kerjakan. Apabila Anda ingin menambah lembar kerja di dalam satu file, ketuk ikon ini lalu akan muncul tombol tanda plus(+) di bagian kanan aplikasi, ketuk tanda tersebut.
  14. Ikon ini berfungsi apabila Anda ingin memperluas pilihan (selected area)
  15. Berfungsi untuk memfilter data.
  16. Ikon ini berfungsi untuk memberikan warna pada kolom yang Anda inginkan.
  17. Ikon yang memiliki fungsi untuk menambahkan komentar.
  18. Ikon ini memiliki fungsi yang sama seperti ikon di nomor 2b.
READ  Istilah, Trik, dan Tips Menggunakan Microsoft Excel

Cara Menulis di Microsoft Excel Android

  1. Ketuk salah satu kolom pada lembar kerja Anda di mana Anda ingin mulai mengetik / memasukan data.
  2. Akan muncul pilihan seperti di bawah ini, geser ke kanan apabila pilihan ‘Edit’ belum nampak. Setelah menemukannya, pilih ‘Edit’.

  1. Tulis / masukan data yang Anda inginkan.
  2. Taptanda centang seperti pada gambar di bawah ini.

Selamat mencoba!

Tags: