Tips dan Trik Untuk Hafal Tabel Sin, Cos, Tan

Diposting pada
Tips dan Trik Untuk Hafal Tabel Sin, Cos, Tan
5 (100%) 1 vote

Mengenal Lebih Jauh Sin, Cos, Tan

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa Tabel Sin, Cos, Tan merupakan salah satu cara paling jitu untuk menyelesaikan soal yang berhubungan dengan sudut dan Trigonometri dasar terutama sudut istimewanya. Dalam Tabel Sin, Cos, Tan sendiri untuk dasarnya masuk dalam kuadaran satu dan nilainya selalu positif.

Sebenarnya dalam aturan Tabel Sin, Cos, Tan sampai pada kuadran 4 dan mencapai sudut 360° penuh, tapi untuk dasar kita hanya perlu menghafalnya sampai sudut 90° saja. Cukup mudah dan tak terlalu membuat pusing. Tabel Sin, Cos, Tan ini bisa kita jadikan acuan untuk menghitung sudut istimewa yang ada di kuadran dua sampai kuadran empat.

Dalam kuadran satu seperti yang dibahas sebelumnya, semua nilai dalam Tabel Sin, Cos, Tan positif. Sementara di kuadran dua, Tabel Sin bernilai positif sedangkan untuk Cos, dan Tan bernilai negatif. Di kuadran tiga, Tabel Tan yang mendapat nilai positif sedangkan untuk Sin dan Cos bernilai negatif. Lalu yang terakhir pada kuadran empat, nilai Tabel Cos adalah positif sementara untuk Sin dan Tan negatif.

Menghafal Tabel Sin, Cos, Tan

Tabel Sin, Cos, Tan

Jika tadi kita sudah mengupas tuntas pendahuluan seputar Tabel Sin, Cos dan Tan, mari kita belajar untuk menghafalkan Tabel Sin, Cos, Tan dengan mudah. Ada beberapa trik yang bisa kita pakai untuk menghafal Tabel Sin, Cos, Tan agar cepat dipahami dan biasanya trik ini selalu dipakai saat kita mengerjakan soal ujian terutama Ujian Nasional.

READ  Pengertian Matematika Penjabaran Dan Penggunaan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tips Pertama

Sebenarnya, Sin atau Sinus dan Cos atau Cosinus merupakan sebuah kebalikan saja. Jika kita lihat dalam Tabel diatas, antara Sin dan Cos memiliki nilai yang sama namun hanya saja urutannya berbeda karena bersifat kebalikannya. Jadi, cukup hafalkan tabel bagian Sin dari sudut istimewa 0° sampai 90° saja, lalu kita hanya tinggal membalik urutan nilainya untuk menghafalkan bagian Cos. Kemudian pada bagian sudut istimewa 45°, nilai antara Sin dan Cos adalah sama.

Tips Kedua

Kemudian, trik selanjutnya adalah sebenarnya nilai Tan merupakan hasil bagi dari nilai Sin dan Cos. Jadi untuk menghafalkan nilai Tan, kita cukup membagi nilai Sin dan Cos lalu ketemu lah nilai dari Tan untuk setiap sudut istimewanya. Pada Tabel Sin dan Tan sendiri pada sudut 0° memiliki nilai sama yaitu 0, sedangkan untuk sudut 90° pada Tan adalah tak hingga. Dalam tabel nilai Tan sendiri bilangan akarnya hanya menggunakan akar 3 semua. Lalu pada sudut 45° memiliki nilai 1.

Setiap sudut istimewa dalam Tabel Sin, Cos, Tan sendiri juga memiliki selisih nilai sebanyak 15° yang dimulai dari sudut 30°. Jadi jika kita lupa berapa saja sudut istimewanya saat hendak menggambar Tabel Sin, Cos, Tan cukup tambahkan 15° dari 30° sampai pada sudut 60° itu. Hanya ada lima sudut istimewa dalam Tabel Sin, Cos, Tan, yaitu dimulai dari 0 sampai 90° saja.

Nah itu tadi ya tips dan trik yang bisa kalian coba untuk menghafalkan Tabel Sin, Cos, Tan untuk Trigonometri dasar. Cukup mudah bukan? Tentunya selama kita bisa memahami konsepnya, maka kita bisa untuk menyelesaikan soal sudut istimewa Trigonometri tersebut. Semoga tips dan trik diatas bisa bermanfaat, sampai jumpa dipembahasan selanjutnya.

READ  Logaritma Umum dan Logaritma Natural