Tips Etika dan Cara Mengirim Email untuk Pencari Kerja

Tips Etika dan Cara Mengirim Email untuk Pencari Kerja
5 (100%) 1 vote

cara-kirim-lamaran-lewat-email

Saat Anda sedang mencari pekerjaan, Anda mungkin akan menggunakan email karena sejumlah alasan. Anda dapat mengirim email menanyakan tentang lowongan pekerjaan, atau surat lamaran email dengan resume terlampir.

Anda mungkin mengirim email ke jaringan untuk meminta bantuan kontak dengan pencarian pekerjaan Anda. Anda mungkin juga akan mengirim email pesan terima kasih setelah wawancara.

Penting: Ketika Anda menggunakan email untuk mencari pekerjaan, penting bahwa semua komunikasi Anda harus profesional seperti jika Anda menulis surat lamaran di kertas.

Berikut ini informasi tentang semua yang perlu Anda ketahui tentang etika mengirim email pencarian kerja, termasuk apa yang harus dimasukkan dalam email pencarian kerja Anda, cara memformat email Anda, dan bagaimana memastikan pesan email Anda dibaca.

9 Tips Etika Mengirim Email

1. Menyiapkan akun email pencarian kerja

Saat Anda sedang mencari pekerjaan, sebaiknya buat akun email hanya untuk mencari pekerjaan. Dengan begitu, email profesional Anda tidak akan tercampur dengan surat pribadi Anda yang lainnya.

Ada berbagai layanan email berbasis web gratis, seperti Gmail, Yahoo, Hotmail dan lain sebagainya yang dapat Anda gunakan. Anda dapat memeriksa email Anda secara online dari komputer mana pun, jadi menggunakan webmail adalah cara yang bagus untuk tetap berada di atas pencarian pekerjaan Anda.

READ  Formula dan Fungsi Dasar Excel (Part 2)

Tips: Pastikan Anda memiliki nama akun email yang sesuai untuk penggunaan bisnis, yaitu [email protected] daripada [email protected] Setelah mengatur akun, kirim pesan percobaan ke akun anda lainnya untuk memastikan Anda dapat mengirim dan menerima email.

Gunakan akun email ini untuk semua komunikasi pencarian pekerjaan Anda: untuk melamar pekerjaan, memposting resume Anda, dan terhubung dengan kontak Anda.

Pastikan untuk sering memeriksa akun Anda sehingga Anda dapat segera menanggapi pemberi kerja yang tertarik untuk mempekerjakan Anda. Juga atur email pencarian kerja Anda di ponsel Anda sehingga Anda bisa mendapatkan notifikasi secara instan.

Jangan gunakan akun email kantor Anda

Banyak perusahaan memantau komunikasi email, dan Anda tidak ingin ketahuan mencari pekerjaan dari kantor. Jangan gunakan alamat email kantor Anda untuk mencari pekerjaan atau jaringan.

Jangan mengirim resume dan surat pengantar dari akun email kantor Anda atau menggunakan alamat email itu saat Anda melamar pekerjaan secara online.

Kirim email Anda ke orang tertentu

Jika memungkinkan, kirim email Anda ke orang yang dapat dihubungi, daripada kotak email umum. Kirim salinan ke diri Anda sendiri, sehingga Anda memiliki catatan email yang telah Anda kirim dan pekerjaan yang telah Anda lamar.

Gunakan baris subjek yang jelas

Pesan email Anda memerlukan baris subjek. Jika Anda membiarkan subjek kosong, email mungkin akan berakhir di kotak surat spam atau dihapus. Pastikan Anda mencantumkan posisi yang Anda lamar di baris subjek pesan email Anda, sehingga calon atasan tahu pekerjaan apa yang Anda lamar.

Anda mungkin ingin memasukkan nama Anda dalam subjek juga. Berikut adalah dua contoh baris subjek yang sesuai:

READ  Cara Mengatur Nomor Halaman Pada Microsoft Word 2013

  • Baris Subjek: Posisi Direktur Komunikasi
  • Baris Subjek: Posisi Associate Pemasaran / Nama Anda

Pilih font yang sederhana

Hindari hiasan, font yang sulit dibaca. Gunakan font dasar seperti Times New Roman, Arial, atau Cambria. Jangan gunakan warna dalam teks Anda juga. Gunakan ukuran 10 atau 12 px, sehingga emailnya mudah dibaca, tanpa terlalu besar.

Menulis seperti surat bisnis

Secara umum, pesan email Anda akan sangat mirip dengan surat bisnis. Mereka harus memasukkan kata-kata, bukan akronim atau emotikon. Surat-surat email harus ditulis dalam kalimat dan paragraf lengkap. Mulailah dengan salam, dan akhiri dengan pengiriman dan tanda tangan Anda .

Note: Satu-satunya perbedaan antara email dan surat bisnis adalah bahwa dalam email Anda tidak perlu memasukkan informasi kontak calon atasan, tanggal, dan informasi Anda di sudut kiri atas.

Tetap singkat

Orang cenderung membaca sepintas lalu, atau bahkan mengabaikan, email yang sangat panjang. Jaga agar email Anda singkat dan to the point.

Sertakan tanda tangan

Sertakan tanda tangan email dengan informasi kontak Anda, sehingga mudah bagi manajer perekrutan untuk menghubungi Anda. Memasukkan tautan ke profil LinkedIn Anda adalah cara yang baik untuk memberi manajer perekrutan lebih banyak informasi tentang keterampilan dan kemampuan Anda.

Di bawah ini adalah contoh tanda tangan email:

Nama lengkapEmailNomor teleponURL Profil LinkedIn (Opt.)

Edit, edit, edit

Pastikan Anda mengoreksi email Anda karena kesalahan tata bahasa dan ejaan. Tulisan yang jelas sama pentingnya dalam email dengan surat bisnis.

Kirim pesan percobaan

Sebelum Anda mengirim email, kirim pesan ke diri Anda sendiri untuk memastikan bahwa pemformatannya berfungsi. Juga, pastikan bahwa semua file yang Anda lampirkan mudah dibuka. Jika semuanya terlihat baik, kirim ulang email ke calon atasan.

READ  Cara Menambahkan Hyperlink di Excel

Konten Pesan Email

Jika Anda memiliki orang yang dapat dihubungi, alamat email Anda ke Tn. Nama keluarga. Jika tidak, alamat email Anda ke Dear Hiring Manager atau mulailah dengan paragraf pertama dari pesan Anda.

Tips: Ketika Anda melamar pekerjaan melalui email, salin dan tempel surat lamaran Anda ke dalam pesan email atau tulis surat lamaran Anda di badan pesan email. Jika posting pekerjaan meminta Anda untuk mengirim resume Anda sebagai lampiran, kirim resume Anda sebagai PDF atau dokumen Word.

Apa pun tujuan Anda mengirim email, jelaskan mengapa Anda menulis dan tujuan pesan email Anda. Sertakan informasi ini sejak dini di email. Pembaca jauh lebih mungkin merespons jika mereka tahu, sekilas, mengapa Anda menjangkau mereka.

Tags: