Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi/Haid

Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi/Haid
5 (100%) 3 votes

Menjaga kebersihan sangatlah penting, terutama ketika kita sedang mengalami datang bulan atau menstruasi. Dari mulai kebersihan badan maupun kebersihan daerah kewanitaan. Saat sedang menstruasi atau haid, daerah kewanitaan (miss V) kita akan rentan terkena berbagai serangan bakteri, jamur serta parasit yang mana dapat menyebabkan infeksi pada vagina kita. Sehingga kita, harus lebih rutin untuk membersihkannya, agat tetap sehat dan juga wangi. Berikut ini beberapa cara agar vagina kita tetap bersih ketika kita sedang mengalami masa datang bulan.

  1. Mengganti Pembalut Secara Rutin

Pada saat kita mengalami masa datang bulan atau menstruasi, kadang kita merasa bingung harus berapa kali mengganti pembalut yang sedang kita pakai. Sebernanya, tidak ada patokan harus berapa kali kita mengganti pembalut yang kita pakai saat menstruasi. Hal tersebut karena setiap orang memiliki aliran darah menstruasi yang berbeda-beda dan menyebabkan darah yang keluar akan berbeda pula. Sehingga, untuk menjaga agar vagina kita tetap terbebas dari bakteri dan tetap bersih maka, lebih baik kita mengganti pembalut kita antara 3-5 jam setelah pemakain. Jadi dalam sehari kita harus mengganti pembalut kita sebanyak kira-kira 4-6 kali sehari.

  1. Bersihkan Organ Intim Sebelum Ganti Pembalut

Ketika kita akan menggunakan pembalut baru pada saat mengalami masa menstruasi, sebagaiknya terlebih dahulu kita harus membersihkan vagina kita. Cukup dengan cara membasuh vagina kita dengan air bersih saja dan tidak disarankan membersihkannya dengan menggunakan sabun khusus untuk membersihkan vagina kalaupun harus menggunakan sabun pembersih kita tidak dapat menggunakan sembarang sabun, karena sabun tersebut berisiko dapat membunuh bakteri baik yang ada di vagina kita yang seharusnya tidak ikut terbunuh. Dengan rutin membersihkan vagina kita maka dapat pula mengurangi bau tak sedap dari vagina kita ketika kita sedang menstruasi.

  1. Pilih Pembersih Untuk Organ Intim Yang Tepat

Untuk membersihkan vagina kita sebenarnya tidak harus menggunakan pembersih karena hal tersebut sangat berisiko. Namun apabila memang pembersih itu diperlukan maka kita harus memilih yang sesuai. Vagina yang cenderung asam maka bisa ternadi iritasi apabila kita tidak membersihkan dengan sabun biasa yang pH-nya basa. Normalnya pH yang digunakan untuk vagina kita adalah sekitar 3.8 – 4,5 sehinga kadang-kadang banyak sabun yang tidak sesuai digunakan untuk membersihkan vagina kita. Oleh sebab itu, kita bisa memilih pembersih vagina yang tidak mengandung sabun serta memiliki pH yang sesuai.

  1. Memakai Celana Dalam Yang Nyaman

Penggunaan celana dalam yang kita gunakan saat sedang mengalami menstruasi juga mempengaruhi kebersihannya. Ketika kita tidak menggunakan celana dalam dengan nyaman maka akan sangat menggangu aktivitas kita, selain itu juga tidak baik untuk kesehatan organ intim kita. Oleh karena itu, jika kita ingin vagina kita tetap bersih dan sehat maka sebaiknya kita memilih celana dalam yang berbahan katun, hal ini karena bahan katun cukup baik untuk menyerap keringat, terutama keringat yang ada disekitar vagina kita. Keringat yang dihasilkan pada sekitar vagina kita, akan menyebabkan kelembaban dan tentunya akan tidak kering. Kondisi tersebut akan semakin membuat bakteri dan jamur muncul dan akan cenderung betah berada di vagina kita. Sehingga sangat dianjurkan memilih celana dalam dengan bahan katun yang nyaman juga dipakai.

  1. Rutin Mengganti Celana Dalam

Pada saat kita mengalami masa menstruasi sangat dianjurkan untuk kita rutin mengganti pembalut, namun selain rutin mengganti pembalut penting juga untuk rutin mengganti celana dalam kita pakai. Celana dalam yang bersih akan menghindarkan kita dari resiko rasa yang tidak nyaman pada organ intim kita. Selain rasa tidak nyaman tentunya tidak baik dan berisiko menumbuhkan bakteri dan jamur pada vagina kita yang hal tersebut menyebabkan vagina kita jadi tidak bersih dan sehat.

READ  Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Tags: