Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Diposting pada
Rate this post

Sumber gambar: tygpress.com

Reproduksi Wanita

Sudah menjadi sebuah kewajiban untuk semua wanita menjaga kesehatan reproduksi mereka. Tujuannya tidaklah lain adalah untuk menghindari berbagai penyakit reproduksi. Menjaga kesehatan reproduksi bagi wanita sama halnya juga dengan menjaga kesehatan calon bayinya di masa mendatang.

Girls, bukan sebuah hal sulit sejatinya untuk menjaga kesehatan reproduksimu. Semua dapat dimulai dari kebiasan-kebiasaan sederhana setiap harinya.

Organ reproduksi pada wanita secara umum meliputi vagina, rahim, ovarium, juga tuba falopi. Semua organ-organ tersebut memegang peranan yang sangat penting dalam hal menghasilkan keturunan. Mulai dari proses berhubungan seksual, produksi sel telur, tempat untuk melindungi sel telur dan menjaga perkembangannya, sampai dengan proses melahirkan bayi. Semua proses tersebut terjadi pada organ-organ reproduksi wanita.

Kesehatan Reproduksi Wanita

Menjaga kesehatan reproduksi wanita tidaklah dimulai saat setelah menikah, melainkan sedini mungkin. Apa saja hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi pada wanita? Berikut ini antara lainnya:

  1. Konsumsi makanan dan minuman sehat

Makanan adalah sumber nutrisi kita setiap hari. Kesehatan terbaik dapat dimulai dari memperhatikan asupan konsumsi kita setiap harinya. Pastikan kamu telah mengkonsumsi berbagai makanan sumber zat gizi terbaik. Mulai dari sumber karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, serat dan juga mineral. Kunci konsumsi sehat adalah menyeimbangkan kebutuhan zat gizi tersebut.

  1. Jaga berat badan supaya tetap ideal

Jangan dikira berat badan tidak ada pengaruhnya terhadap kesehatan reproduksi pada wanita. Pada kenyataanya berat badan bisa mempengaruhi ovulasi serta produksi hormon. Bahkan juga berat badan yang berlebih bisa menyebabkan organ intim memiliki tingkat kelembaban yang lebih dan itu beresiko untuk memudahkan bakteri maupun jamur berkembangbiak. Maka dari itu, menjaga berat badan supaya tetap ideal adalah bagian penting juga dalam langkah menjaga kesehatan reproduksi pada wanita. Menjaga berat badan tetap ideal dapat dilakukan melalui olahraga rutin.

  1. Hindari merokok dan minum minuman beralkohol

Hindari merokok yang hanya akan memperngaruhi kesehatan berbagai organ dalam tubuhmu. Merokok bagi wanita akan dapat mengurangi jumlah produksi sel telur dan akan mengganggu kesehatan rahim. Begitu pun dengan alcohol. Minum alcohol hanya akan meningkatkan resiko ganggung ovulasi. Jadi, hindari dua kebiasaan tidak sehat tersebut.

  1. Jaga kebersihan organ kewanitaan

Terlebih untuk kamu yang baru memasuki masa pubertas, dimana sudah mengalami fase menstruasi, maka tips kali ini sebuah keharusan untuk selalu diperhatikan setiap waktu. Ya, menjaga kebersihan organ kewanitaan. Mulailah dengan selalu membersihkan area kewanitaan setiap setelah buang air, baik buang air kecil maupun buang air besar. Bersihkan dengan cara membasuhnya menggunakan tangan dan air bersih. Selain itu, hindari penggunaan sabun khusus organ kewanitaan yang banyak mengandung bahan-bahan kimia, seperti mengandung antiseptic sampai dengan pewangi. Penggunaan sabun seperti itu hanya akan membunuh bakteri floral normal yang ada pada organ kewanitaan.

  1. Periksa kesehatan ke dokter secara rutin

Jadwalkan untuk periksa kesehatan ke dokter demi menjaga kesehatan reproduksimu. Ini tidak kalah pentingnya sebagai langkah besar untuk menghindari penyakit serius pada organ reproduksi. Waspadai kondisi kesehatan organ reproduksi saat menunjukkan beberapa gejala yang tidak biasa. Seperi mungkin rasa nyeri, atau adanya benjolan, atau yang lainnya. Segera periksakan ke dokter untuk mendeteksi gejala lebih dini.

READ  Lensa Cekung, Pengertian, Jenis, Sinar Istimewa, Sifat, dan Rumusnya